Andrea Hirata; Cara Membuat Tulisan Berkualitas | PK LPDP

Selasa, 11 September 2018 : September 11, 2018

0 komentar

Andrea Hirata; Cara Membuat Tulisan Berkualitas  | PK LPDP

Awal tahun 2018 saya bertemu dengan Andrea Hirata. Waktu itu sedang berlangsung Program Keberangkatan (PK) Beasiswa LPDP di Wisma Hijau, Cimanggis. Andrea Hirata menjadi narasumber di PK tersebut.

Andrea Hirata merupakan seorang penulis buku best seller. Salah satu bukunya yang terkenal yaitu buku Laskar Pelangi. Bahkan film Laskar Pelangi merupakan adaptasi dari buku tersebut.

Andrea Hirata dikenal dengan sifat yang rendah hati. Hal itu membuat novelis ini semakin memperkokoh keberadaannya dalam benak para penggemar.

Jika melihat semua hasil karyanya, kita akan mengira bahwa Andrea Hirata menulis semua karya itu dalam waktu yang singkat.

Ternyata tidak,

Andrea Hirata dalam beberapa forum selalu menekankan bahwa untuk memperoleh ide tulisan yang bagus, terlebih dahulu memahami masalah yang akan dijadikan tema tulisan.

Bagaimana cara menemukan masalah tersebut?

Yaitu dengan penelitian (riset).

Jika ingin tulisan bagus, harus terlebih dahulu melakukan riset. Tanpa riset, tulisan kita akan menjadi hambar.

Baca Juga:

Banyak orang sekarang ingin memiliki tulisan bagus, tetapi tidak pernah melakukan riset. Bahkan biasa deadliner ketika menulis tulisan untuk lomba atau sebagainya. Padahal dengan riset, tulisan akan kaya dengan data, lebih terpercaya dan dibaca banyak orang.

Saya saja jarang sekali menggunakan riset. Paling tidak menjadikan beberapa buku sebagai referensi tulisan yang saya buat. Karena kebanyakan tulisan saya bersifat reflektif. Tulisan yang tidak terlalu urgent untuk dilakukan riset

Jika tulisan itu untuk buku, seminar, konferensi dan sebagainya yang membutuhkan riset sebagai acuan utama, maka riset menjadi hal yang urgent untuk dilakukan.

Riset akan membantu kita memperkaya isi tulisan dan menghindari kekeliruan dalam menganalisa tema yang diangkat.

Jadi riset sangatlah penting untuk dilakukan. Apalagi untuk para akademisi, wajib melakukan riset dalam penulisan paper dan sebagainya.

Coba kita baca kembali tulisan lama yang pernah dibuat. Andrea Hirata mengatakan, kebanyakan tulisan tersebut amat dangkal, terutama terkait data. Bahkan kadang saat kita membaca tulisan sendiri, kita menemukan ide-ide yang kurang masuk akal dan membuat bingung orang yang membacanya.

Berbeda dengan tulisan Andrea Hirata. Tulisan yang pernah dibuat terdiri dari kalimat yang efisien, enak dibaca, penggunaan diksi baru dan kaya akan data. Itulah yang menjadi ciri khas penulisan novel saat ini.
Share this Article
< Previous Article
Next Article >

0 komentar :

© 2019 Hailogue ID - All Rights Reserved