Menebar Inspirasi Dengan Tulisan Bersama Andrea Hirata

Minggu, 23 September 2018 : September 23, 2018

0 komentar

Menebar Inspirasi Dengan Tulisan Bersama Andrea Hirata

Tokoh Inspiratif | Andrea Hirata, ia menjadi penulis hampir 13 tahun. Banyak karya novelnya yang telah menjadi best seller, bahkan diterbitkan di luar negeri.

Karya novel yang ia terbitkan, antara lain; Laskar Pelangi, Edensor, Maryamah Karpov, Sang Pemimpi, Padang Bulan, Cinta dalam Gelas, Sebelas Patriot, Laskar Pelangi Song Book, dan Ayah.

Novel Laskar Pelangi telah diterjemahkan ke dalam 34 bahasa dan diterbitkan oleh penerbit buku luar negeri.

Novel tersebut merupakan novel Indonesia pertama dengan status internasional.

Sebagai orang yang berhasil dalam dunia menulis, di tahun 2005 Andrea dianugerahi sebagai Honorary Doktor of Literature di Warwick Univesity, Inggris.

Menurut Andrea, banyak cara yang dapat kita lakukan untuk berkontribusi terhadap negara.

Beberapa di antaranya;

➧ Menjadi inspirasi bagi masyarakat

➧ Meningkatkan ragam perspektif dalam pola berfikir

➧ Mengeksplorasi hal-hal yang ada di sekitar

➧ Menanamkan dan meningkatkan budaya membaca

Di luar sana, masih banyak orang yang taraf hidupnya kurang beruntung. Tanpa disadari, orang seperti mereka merupakan sebuah aset dan mereka membutuhkan inspirasi dari kita.

Sebagai orang yang berpendidikan, kita harus menjadi sumber inspirasi yang berharga bagi seluruh masyarakat Indonesia. Pengetahuan yang kita punya, kita sebarkan dan bagikan untuk orang-orang sekitarnya.

Andrea Hirata sangat peduli dalam mengembangkan budaya membaca. Di Indonesia, budaya membaca masih sulit untuk dilakukan.

Di Eropa, budaya membaca telah berkembang selama lebih dari 500 tahun. Bahkan di Eropa lah pertama kalinya ditemukan mesin cetak.

Kita bandingkan dengan Indonesia, budaya membaca masih terlalu lambat, berbeda dengan budaya "menonton" yang lebih cepat dan berkembang pesat.

Menurut Andrea Hirata, ada 2 trik yang dapat kita lakukan untuk menciptakan suatu karya (tulisan) yang menarik bagi pembaca asing;

Pertama, menerjemahkan suatu bentuk dimensi dalam kata-kata

Kedua, teknik penerjemahan yang sempurna dengan menggunakan penerjemah asli dari negara-negara yang akan dituju sebagai target distribusi buku.

Andrea Hirata mengatakan bahwa hidup merupakan suatu pilihan untuk berkontribusi, sekecil apapun itu.

Oleh karena itu, ketika dihadapkan dengan jalan yang berliku-liku, jangan takut, karena pada akhirnya kita akan menanyakan pada diri kita masing-masing What is your values? (Andrea Hirata, 2016).
Share this Article
< Previous Article
Next Article >

0 komentar :

© 2020 Hailogue ID - All Rights Reserved