Permainan Tradisional, Teman si Kecil Bermain selain Gadget

Sabtu, 22 September 2018 : September 22, 2018

1 komentar

Permainan Tradisional, Permainan Anak Kecil yang Terlupakan -Hai Sobat hailogue, masihkah ingat permainan tradisional favoritmu? Berapa banyak permainan tradisional yang kamu ingat? Berapa sering kamu bermain bersama teman-temanmu di depan halaman rumah? Masihkah kamu mengingat permainan tradisional saat kecil?

Menurut Zaini Alif, Saat ini permainan tradisional sudah banyak terlupakan oleh anak-anak. Generasi muda jaman bahkan anak kecil sekarang lebih memilih bermain gadget dengan kecanggihan teknologinya. Padahal mainan tradisional memuat banyak sekali nilai-nilai positif leluhur.

Maka dari itu, hendaknya mulai dari sekarang untuk menggalakkan lagi mengenai permainan tradisional.

Kita tahu permainan tradisional memiliki banyak manfaat untuk perkembangan kecerdasan anak karena mengambil nilai-nilai jaman dahulu untuk tetap digunakan pada zaman sekarang.

Permainan Tradisional, Teman si Kecil Bermain selain Gadget

Mengenal Permainan Tradisional Indonesia

Indonesia sendiri memiliki lebih dari 2500 permainan tradisional yang tersebar di seluruh penjuru nusantara, mulai dari Sabang sampai Merauke.

Bahkan di Bandung, Zaini Alif sebagai pakar permainan tradisional, beliau mendirikan komunitas Hong untuk menyebarkan semangat leluhur melalui pelestarian permainan tradisional.

Saat ini banyak festival yang diadakan untuk mengenalkan beragam permainan tradisional kepada masyarakat. Termasuk banyaknya tamu mancanegara yang hadir ke Indonesia karena tertarik dengan kekayaan permainan tradisional di negeri ini.

Selain itu, pejabat negara juga tak mau kalah untuk mengingat kembali masa kecilnya. Mereka turut meramaikan festival permainan tradisional yang diadakan di Bandung, Jawa Barat.

Bahkan, Alimpiado (Olimpiade Mainan Tradisional Anak) sudah dilakukan sebanyak tujuh kali di Jawa Barat.

Banyaknya permainan tradisional di Indonesia, selayaknya negeri ini disebut sebagai negeri bermain, tetapi bukan negeri yang main-main.

Jumlah permainan tradisional menunjukkan tingkat kebudayaan atau peradaban yang sangat tinggi di masa lalu. Maka seharusnya negeri Indonesia memiliki peradaban yang jauh lebih maju dan berkembang di masa sekarang.

Permainan Tradisional sebagai Karakter Bangsa

Di era globalisasi, sebaiknya permainan tradisional dijadikan sebagai media membangun karakter anak bangsa.

Mengapa?

Ketika Kang Zaini melakukan riset di perpustakaan Universitas Leiden, pada jaman dahulu sudah banyak permainan tradisional Indonesia yang mengandung unsur penanaman karakter yang bagus.

Kemudian beliau melanjutkan penelitiannya dengan berkunjung ke suku Badui, dimana suku tersebut menyatakan bahwa mereka tidak mengenal istilah permainan, namun dikenal sebagai pengawaian darurat.

Hal tersebut dikarenakan permainan disana lebih di tekankan untuk mengisi kekosongan.

Permainan Tradisional, Teman si Kecil Bermain selain Gadget

Berikut 8 Contoh Permainan yang ada di Indonesia

1. Salam Sabrang, untuk berkenalan dengan teman baru

2. Injit-Injit Semut, untuk melatih emosi anak

3. Dakon, yang berarti untuk melatih kehidupan bersosial

4. Ubi-Ubian, yang mengajarkan proses pertanian

5. Gatrik, yang bertujuan untuk melatih logika matematik

6. Gobak Sodor, bertujuan untuk mengajarkan bagaimana pola bertahan dalam peperangan

7. Engklek, yang melambangkan kehidupan di dunia untuk meraih kehidupan di surga

8. Ular-Ularan, yang menggambarkan persahabatan dan interaksi sosial; dan masih banyak yang lainnya.

Contoh permainan tradisional diatas hanya sebagian kecil yang ada di Indonesia, tetapi mungkinkah sekarang anak kecil bahkan remaja masih mengingat sebagian permainan di atas?

Mulai sekarang, kita harus belajar dan mengenal kembali permainan tradisional di negeri ini. Kemudian pelajari nilai-nilai budaya yang ada di dalamnya dan menerapkannya.

Jangan sampai Gadget dijadikan teman bermain semasa kecil mereka, mereka tidak akan menemukan masa mengenal permainan tradisional selain di saat masa kecil. Gadget akan membuat kecanduan sampai anak menginjak dewasa dan melupakan teman masa kecil termasuk orang tua mereka sendiri.

Permainan Tradisional, Teman si Kecil Bermain selain Gadget

Jadilah orang yang mampu memahami nilai kearifan leluhurnya, maka dapat membangun negara menjadi lebih baik.

Ayo sebarkan semua nilai-nilai luhur budaya Indonesia ke seluruh dunia, dimanapun kita berada. Mengenal kembali permainan tradisional adalah salah satu langkah menjaga keseimbangan kemajuan teknologi. 
Share this Article
< Previous Article
Next Article >

1 komentar:

  1. pandangan dan ulasan yg sangat baik mengenai permainan tradisional.

    BalasHapus

© 2019 Hailogue ID - All Rights Reserved