Jumat, 28 September 2018

Profil Jamaluddin Jompa, Ketua Akademi Ilmuan Muda Indonesia (ALMI)

Profil Tokoh | Profesor Dr. Ir. jamaluddin Jompa adalah Dekan Fakultas Kelautan dan Ilmu Perikanan Universitas Hasanuddin, Makassar. Ia juga merupakan Ketua Akademi Ilmuan Muda Indonesia.

Prof Jompa lahir di Takalar, 8 Maret 1967. Karirnya di bidang ilmuan dimulai sejak 27 tahun lalu.

Pendidikan S1, ia tempuh di Fakultas Peternakan Universitas Hasanuddin Makassar (1989). Kemudian melanjutkan S2 dan S3 di Marine Biology Mc. Master Univesity Canada (1996) dan Marine Biology James Cook University Australia (2001).

Profil Jamaluddin Jompa, Ketua Akademi Ilmuan Muda Indonesia (ALMI)
@almi_Indonesia














Prof Jompa adalah salah satu nama yang masuk bursa kabinet Jokowi-JK pada 4 tahun lalu untuk mengisi pos Menteri Kelautan dan Perikanan (KKp) yang diusulkan masuk daftar kabinet usulan rakyat versi relawan Jokowi.

Konsistensi Prof Jompa dalam mengembangkan ilmu kelautan dan perikanan di Indonesia sehingga ia menjadi seorang guru besar di almamaternya, Universitas Hasanuddin, Makassar.

Pengalaman puluhan tahun, nasional bahkan internasional, berbagai ratusan karya akademisnya di bidang kelautan dan perikanan, cukup pantas mengantarkannya menjadi guru besar dan menjadi salah satu tokoh perikanan dan kelautan paling penting di Indonesia.

Prof Jompa juga merupakan pencetus Sains45, sebuah inisiatif para ilmuan Indonesia yang mengajukan 45 pertanyaan dan jawaban atas persoalan pengembangan ilmu pengetahuan di Indonesia.

Sepanjang karirnya, ia pernah menjabat sebagai Sekjen Indonesia CR Society, Chief Editor JICOR, member dari National Fish Stock Association, dan menjadi member dari berbagai lembaga internasional dan NGO.

Baca Juga: Zaini Alif, Pakar Permainan Tradisional Indonesia

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Tulis komentar