4 Syarat Utama Investasi Asing di Indonesia Bersama Luhut Panjaitan | PK LPDP

Jumat, 14 September 2018 : September 14, 2018

0 komentar

Kali ini kita akan membahas tokoh nasional. Jenderal TNI Luhut Binsar Panjaitan, yang tahun ini berusia 71 tahun. Luhut Binsar Panjaitan lahir di Simargala, Huta Namora, Silaen, Toba Samosir, Sumatera Utara, pada tanggal 28 September 1947.

Saat ini Luhut Pajaitan menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Indonesia. Ia sebelumnya menjabat sebagai Kepala Staf Kepresidenan Republik Indonesia (31 Desember 2014 - 2 September 2015).

Luhut Panjaitan dikenal dengan pribadi yang tegas dan kinerja yang terkenal cepat. Hal itu yang membuat nama tokoh ini paling sering kita dengar diantara nama menteri di Kabinet Kerja Presiden Jokowi.

Luhut Panjaitan merupakan salah satu pencetus dari Beasiswa Indonesia Timur (BIT) LPDP. Beasiswa yang diberikan kepada putra-putri terbaik Papua, Maluku, maupun Nusa Tenggara untuk menempuh pendidikan tinggi dalam negeri maupun luar negeri.

Luhut Panjaitan hadir pada acara Program Persiapan (PK) Beasiswa LPDP. Ia hadir menjadi narasumber di PK angkatan 127 LPDP yang sebagian besar pesertanya merupakan penerima Beasiswa Indonesia Timur (BIT).

Diawal sesi, Luhut Panjaitan menjelaskan latar belakang dibentuknya program BIT LPDP. Ia mengatakan bahwa pemerataan pembangunan sumber daya manusia (SDM) harus merata di Indonesia.

Saat ini Luhut Panjaitan sedang fokus pada program pembangunan dan Indonesia Timur menjadi prioritas utama. Beberapa program tersebut di antaranya upaya swasembada garam di Indonesia melalui program pendampingan petani garam di Sumenep maupun Nusa Tenggara Timur.

Luhut Panjaitan menjelaskan bahwa para petani garam harus diajak untuk memproduksi garam industri, bukan hanya garam konsumsi. Sebab, garam konsumsi saat ini sudah swasembada, tetapi garam industri yang dibutuhkan untuk bahan seperti pembuatan infus, spa, dan sebagainya masih harus impor.

Baca Juga:
Proses Pembentukan Karakter dan Kepribadian Anak Bangsa

Hal ini sangat disayangkan karena Indonesia merupakan negara dengan garis pantai terpanjang di seluruh dunia.

Ke depannya petani garam harus bisa membentuk garam industri dengan metode yang sedang dikembangkan seperti mengatur lama penjemuran garam, keterlibatan investor, dan pembagian hasil yang berpihak pada keuntungan petani.

Termasuk Nusa Tenggara Timur, di harapkan bisa menjadi ladang garam Indonesia dan menjadi salah satu provinsi terkaya.

Luhut Panjaitan juga memberikan kesempatan kepada salah satu staffnya, yaitu Fernando untuk menyampaikan tentang keadaaan perkembangan ekonomi di Indonesai.

Fernando sendiri merupakan ahli ekonomi yang masih muda dan ia juga alumni LPDP dari Columbia University.

Fernando mengatakan bahwa perkembangan ekonomi Indonesia sedang sangat membaik, terbukti dengan presentase angka kemiskinan yang terus menurun bahkan terendah sejak masa reformasi.

Selain itu, ia juga menjelaskan bahwa Indonesia memiliki hutang luar negeri, tidak lain untuk membangun infrastruktur dan modal untuk meningkatkan perekonomian di masa depan.

Hutang luar negeri Indonesia, berbeda dengan hutang negara Yunani yang digunakan untuk subsidi sosial yang berbau politis. Hutang luar negeri Indonesia, adalah investasi yang kelak membuat ekonomi di Barat dan Timur merata dan industri Indonesia semakin bergeliat.

Poin penting dari materi diatas bahwa adanya prinsip investasi yang diterapkan Luhut Panjaitan untuk siapapun investor yang menanamkan modal di Indonesia.

4 Syarat Utama Investasi Asing di Indonesia Bersama Luhut Panjaitan | PK LPDP

Menurut Luhut Panjaitan, ada 4 syarat utama untuk investasi di Indonesia.

Pertama, harus ramah lingkungan.

Kedua, mendidik dan melibatkan warga lokal.

Ketiga, adanya nilai tambah yang memacu keuntungan bagi semua pihak.

Keempat, adanyatransfer pengetahuan tentang teknologi supaya kelak bangsa Indonesia bisa mandiri.

Di akhir sesi, Luhut Panjaitan menjelaskan beberapa proyek negara yang sudah dilaksanakan, seperti pembangunan Bandara Wamena di Papua, Pembangunan Tol 1.400 Meter di Papua, dan juga upaya pengembangan pariwisata yang sudah bertumbuh 26% sejak masa pemerintahan Kabinet Kerja Presiden Jokowi.
Share this Article
< Previous Article
Next Article >

0 komentar :

© 2019 Hailogue ID - All Rights Reserved