Profil Zaini Alif, Pakar Permainan Tradisional Indonesia

Sabtu, 22 September 2018 : September 22, 2018

0 komentar

Zaini Alif, Pakar Permainan Tradisional -Mohammad Zaini Alif atau yang lebih dikenal dengan kang Zaini merupakan pakar permainan tradisional Indonesia. Ia lahir 9 Mei 1975 di Subang, Jawa Barat.

Beliau menempuh pendidikan sarjana di ITENAS mengambil desain jurusan dan kemudian melanjutkan program magister dan doktor di ITB, Bandung.

Zaini Alif, Pakar Permainan Tradisional Indonesia

Saat ini Zaini Alif menjadi dosen di STSI dan ITNAS, Bandung. Beliau juga merupakan pendiri komunitas Hong di Bandung dan Kampung Kolecer.

Zaini Alif memiliki permainan favorit, yaitu "balon dari sarung", dan memiliki visi untuk menjadikan permainan tradisional sebagai wadah untuk perkembangan anak.

Komunitas yang beliau dirikan tidak hanya memiliki fungsi sebagai tempat anak-anak untuk bermain, tetapi tempat tersebut memiliki begitu banyak peran untuk masyarakat sekitarnya.

Peran dan Tujuan Komunitas Hong 

1. Menjadi tempat untuk mengajarkan cara membuat alat mainan untuk kemudian dimainkan bersama-sama.

2. Menjadi tempat untuk membimbing ibu-ibu untuk membuat mainan yang akan dijual

3. Menjadi tempat bagi mereka yang ingin belajar dan berlatih musik daerah dan musik anak-anak.

Bukan hanya itu, tamu yang datang di tempat komunitasnya, bukan hanya berasal dari Indonesia saja, tetapi banyak dari mancanegara.

Permainan Tradisional Indonesia

Ketertarikan Kang Zaini terhadap permainan tradisional bermula saat beliau harus menempuh 12 km untuk pergi ke sekolah. Sepanjang perjalanan itulah Kang Zaini menghibur diri dengan bermain bersama teman-temannya.

Permainan masa kecilnya antara lain; Papancakan, Babalenan, dan Peupeusingan.

Dari kecintaannya terhadap permainan tradisional, beliau melakukan penelitian bahwa Indonesia adalah negara yang kaya akan peradabannya. Hal itu Kang Zaini buktikan dengan menemukan lebih dari 2500 permainan anak-anak dan lebih dari 300 lagu permainan, dibandingkan dengan permainan tradisional Jepang yang hanya sejumlah 300 permainan.

Mulai saat itu, Kang Zaini bercita-cita untuk menjaga negeri melalui warisan permainan tradisional tersebut. Bagi beliau permainan tradisional memiliki peran untuk reinventing culture, membangkitkan nilai-nilai tradisional di masa lampau.

Demikian Profil Zaini Alif, Seorang Pakar Permainan Tradisional. Semoga kita sebagai warga Indonesia tidak pernah melupakan permainan tradisional yang sudah melekat di budaya kita semua. 
Share this Article
< Previous Article
Next Article >

0 komentar :

© 2019 Hailogue ID - All Rights Reserved