Minggu, 11 November 2018

Biografi dan Kisah Sukses Mark Zuckerberg sang Penemu Facebook

Biografi dan Kisah Sukses Mark Zuckerberg sang Penemu Facebook


PesanSukses | Mark Zuckerberg masih seorang mahasiswa Harvard ketika ia memulai situs jejaring sosial yang menjadi cikal bakal Facebook.

Sebagai seseorang yang menyukai dunia komputer dan telah mengembangkan MP3 cerdas di sekolah menengah, Zuckerberg telah ditegur oleh administrasi Harvard karena situs Facemash melanggar hak cipta karena penggunaan foto yang diambil dari situs online. Harvard tanpa izin.

Pria yang lahir pada 14 Mei 1984 mulai Facebook pada bulan Februari 2004 dengan tujuan awal memberikan perubahan pada aplikasi Facebook tradisional yang tingkat rendah dan menggabungkan mereka dengan jaringan sosial seperti Myspace.

Tidak seperti Facemash, Facebook memungkinkan semua siswa Harvard untuk membuka akun dan, pada akhir bulan, lebih dari separuh siswa telah mendaftar.

Zuckerberg dengan cepat memperluas layanan dengan memperkenalkan Facebook di semua sekolah Ivy League di akhir musim semi dan di lebih banyak sekolah di wilayah lain pada semester berikutnya. Situs Wirehog dibuat sebagai situs pertukaran file pelengkap untuk pengguna Facebook. Dan pada akhir tahun 2004 Facebook memiliki lebih dari satu juta pengguna terdaftar.

Baca Juga:
Inilah Pesan Inspiratif dari 8 Tokoh Inspiratif Dunia untuk Membangun Motivasi Diri
Kisah Inspiratif Pengusaha Kain Batik Danar Hadi

Pendapatan iklan yang diperoleh melalui Facebook memfasilitasi peningkatan modal ventura, dan Zuckerberg dan rekan-rekannya membeli domain Facebook.com dari pemilik sebelumnya dan menghilangkan kata "The" di nama situs.

Seiring waktu, Facebook telah menjadi semakin inklusif, membuka pintu untuk semua siswa, anggota fakultas dan alumni (siapa pun yang memiliki alamat email pendidikan domain dikonfirmasi), dan pada tahun 2006 Facebook menambahkan jaringan untuk siswa SMA.

Sejak musim gugur 2006, situs ini terbuka untuk siapa saja yang ingin bergabung. Jadi ada perubahan besar dari sebelumnya terbatas pada siswa, tetapi saat ini Facebook terbuka untuk semua orang.

Sementara itu, Marketplace Facebook sebagai Craigslist ditambahkan ke situs ini bersama dengan platform untuk menawarkan aplikasi. Microsoft membeli 1,6% saham di perusahaan untuk US $ 240 juta pada Oktober 2007, dan bulan berikutnya, layanan Beacon dari Facebook diluncurkan sebagai inisiatif kontroversial yang menggabungkan teknologi pemasaran dan jejaring sosial. Ini menerima banyak kritikan karena dianggap mengganggu privasi seseorang.

Setelah itu, Zuckerberg pindah ke Palo Alto untuk beroperasi dan fokus mengembangkan Facebook sepenuhnya, serta mengucapkan selamat tinggal kepada Harvard. Saat ini Facebook memiliki kantor di empat gedung di pusat kota. Bahkan, Zuckerberg dijuluki "seorang pemuda yang berhasil menghubungkan semua orang di dunia".

Berikut tiga siswa penting yang bisa ditarik dari kesuksesan Mark Zuckerberg melalui Facebook, yaitu:

➧ Cepat

Di Facebook, kegagalan adalah sesuatu yang dapat "dirayakan". Inovasi adalah jantung perusahaan. Dianjurkan agar semua orang di Facebook bergerak sangat cepat dan mencoba hal-hal baru. "Bergerak cepat dan gagal dengan cepat, jika Anda tidak mengacaukan segalanya, Anda tidak melakukannya dengan cukup cepat," kata Mark.

➧ Tidak mudah menyerah

Sejak awal, Mark Zuckerberg dan Facebook telah diremehkan oleh banyak pihak. Ketika melakukan Facebook untuk pertama kalinya, Mark merasa terhina karena sudah ada banyak pesaing kuat seperti MySpace dan Friendster. Ketika Facebook berhasil mengalahkan MySpace dan Friendster, Mark masih dihina karena dianggap tidak pernah mendapat penghasilan besar.

Bahkan ketika IPO Facebook, Mark masih dihina karena terlalu muda untuk menjalankan perusahaan seukuran Facebook.

"Ini adalah pendapat pribadi saya, tetapi saya lebih suka berada di lingkaran orang-orang yang meremehkan kami, yang memotivasi kami untuk menjelajah," katanya.

➧ Berani bertindak

Budaya di Facebook menghormati orang-orang yang dapat membangun sesuatu lebih dari orang yang hanya bisa berbicara. Ketika seorang karyawan Facebook ingin bertemu Zuckerberg, ia harus memiliki sesuatu untuk ditunjukkan.

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Tulis komentar

Back to Top