Minggu, 23 Desember 2018

3 Tingkatan Sukses: Quitters, Campers, dan Climbers - Kepribadian Adversity Quotion (AQ)

3 Tingkatan Sukses: Quitters, Campers, dan Climbers - Kepribadian Adversity Quotion (AQ)
Semua orang ingin hidup nyaman, damai dan berkecukupan, dari yang ekonomi golongan bawah, menengah sampai golongan atas. Perbedaan golongan itu dapat dirubah dengan yang namanya “mimpi”.

Berani bermimpi, berani untuk selalu percaya diri untuk hidup yang lebih baik. 

Terkadang kebanyakan orang hanya berhenti saat merasa sudah merasa puas, sudah merasa cukup dengan keadaan yang sekarang, atau terkadang mereka merasa kurang mampu atau pesimis untuk menjadi golongan yang teratas.

Begitu pula dengan sebuah kesuksesan, ada tingkatan kesuksesan dimana tergantung dari proses atau kerja keras dari orang itu sendiri untuk meraih kesuksesan yang tingkat atas. Semua itu tergantung dari seberapa besar mimpi mereka.

Baca Juga:
Ingin Sukses? Baca dan lakukan 7 Pondasi Meraih Sukses
Pengalaman Sukses Prof Alwi Shihab | PK LPDP
5 Definisi Untung Menurut Aa Gym | Kisah Sukses

Paul Stoltz membagi tiga tingkatan manusia dalam meraih kesuksesan. 

Pertama, Quitters, orang ini cenderung menghindar dan berhenti melakukan sesuatu. 

Sejatinya mereka hanya mempunyai dua pilihan, yaitu mundur atau keluar. Mereka cenderung meninggalkan mimpi-mimpinya dan lebih memilih jalan yang nyaman dan datar tanpa rintangan.

Kedua, Campers, orang ini yang disebut orang yang setengah-setengah. 

Mereka ini biasanya cenderung mencari zona nyaman, dan berhenti dari pendakian mimpinya dan memutuskan untuk tinggal di zona ini. Mereka merasa sudah tercukupi dengan yang mereka capai, merasa puas dan mereka cenderung tidak maju jika jalan yang mereka lalui banyak cobaannya. 

Sekalipun berusaha, Campers ini hanya biasa saja dan berusaha seadanya tanpa semangat yang tinggi.

Ketiga adalah Climbers, mereka ini merupakan orang orang yang memiliki jiwa sehat dan semangat yang tinggi, mereka selalu berinisiatif dan pekerja keras untuk selalu maksimal dalam meraih tujuan hidupnya. 

Si Climbers ini tidak pernah menghiraukan latar belakang mereka, mereka selalu berfikir positif kalau mereka “pasti bisa” meraih tujuan itu. 

3 Tingkatan Sukses: Quitters, Campers, dan Climbers - Kepribadian Adversity Quotion (AQ)
Hal itu yang membuat semangat yang tidak pernah pudar walaupun banyak rintangan dalam perjalanan meraih mimpi-mimpinya. Climbers ini selalu berfikir dan mencari celah kemungkinan cara yang dapat membawa kejayaan.


Sekarang tinggal bagaimana kita meraih dan memaknai kesuksesan itu. Apakah kita ingin menjadi orang yang biasa saja seperti Quitters, atau orang yang berkecukupan dengan penjara yang nyaman seperti si campers ataukah kita menjadi orang yang sukses mulia seperti si Climbers. Semua itu tegantung kita bagaimana kita berusaha dan berdoa.

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Tulis komentar

Back to Top