Rabu, 16 Januari 2019

5 Cara Menyikapi Derasnya Informasi, Generasi Milineal Perlu Tahu


5 Cara Menyikapi Derasnya Informasi, Generasi Milineal Perlu Tahu

Seiring dengan derasnya informasi, hal ini mempengaruhi perilaku pemuda generasi milineal. Berkembangnya teknologi yang seharusnya mampu mengantarkan mereka pada level pola pikir yang kritis dan jenius serta membawa kesejahteraan yang lebih tinggi, tetapi teknologi membuat mereka terlena dan masuk kedalam dunia maya dengan prilaku yang kontraproduktif.

Jika kita tahu, beberapa pemimpin sekarang, walaupun mereka merupakan generasi X (lahir tahun 1965 – 1980), dengan kemajuan teknologi sekarang, mereka tidak terjebak dalam dunia maya yang ada. Bahkan mereka memanfaatkan media sosial untuk menjadi media publikasi capaian programnya sebagai pemimpin. 

Sebagai contoh, Ridwan Kamil, Walikota Bandung (sekarang Gubernur Jawa Barat). Beliau begitu piawai dalam memanfaatkan media sosial untuk mempublikasikan capaian prestasi dan kinerja positifnya. Sehingga beliau ini menjadi figur pemimpin, yang memanfaatkan teknologi dengan positif.

Ridwan Kamil mengatakan dalam beberapa forum, bahwa dunia saat ini tidaklah semudah yang dibayangkan. Dengan kemajuan teknologi yang ada, dunia semakin berbahaya. Dunia semakin sempit dan terkoneksi. Sehingga diperlukan pribadi-pribadi yang tidak hanya sekedar pintar, tetapi juga berkepribadian yang mampu memberikan kontribusi dan juga mampu bekerja secara multitasking.

Begitu juga Ridwan Kamil berpesan, jika generasi sekarang ingin survive dan unggul dalam berbagai bidang, setidaknya memiliki lima karakter. 

Pertama, man of value, generasi sekarang harus menjadi orang baik dimana saja. Dimanapun selalu memberikan value dalam setiap tindakannya.

Kedua, menjadi change of maker, menjadi pelaku perubahan. Setiap perilaku dan tindakannya selalu memberikan kontribusi dan memberikan perubahan positif yang bermanfaat bagi orang lain.

Ketiga, risk taker, berani mengambil risiko. Semakin tinggi kedudukan kita, jika ingin berbuat lebih banyak manfaat dan kontribusi, yang pasti cobaan dan rintangan semakin besar, generasi ini harus berani ambil resiko jika ingin unggul.

Keempat, harus selalu melakukan inovasi, inovasi diberbagai lini. Semakin majunya teknologi, generasi sekarang dituntut untuk memberikan solusi yang bernilai inovasi. 

Sekarang sudah mulai banyak para entrepreneur dengan berbagai inovasinya. Bahkan perusahaan sekalipun, jika tidak melakukan inovasi, maka perusahaan itu akan bangkrut karena kalah bersaing dengan perusahaan baru yang berdiri dengan inovasi yang sesuai perkembangan teknologi.

Kelima, memiliki keberanian dan tekad kuat. Apapun rintangan dan masalah yang dihadapi, selalu maju dan hadapi, jangan sampah menyerah.

Sehingga dimasa sekarang, pemudah harus menjadikan teknologi yang bijak dan bijaksana. Teknologi bagi pemuda sekarang bukan hanya bermakna teknologi yang hanya sebatas barang elektronika saja, namun dalam porsi yang seimbang dan selaras dengan kebutuhan masyarakat sekarang.

Show comments
Hide comments
1 komentar:
Tulis komentar
  1. Yang jelas, pinter-pinter manajemen diri. Apalagi medsos dan ngescrolling butuh waktu tuh. Coba deh dialokasikan ke hal lain. Kalo emang ga bisa lepas dari medsos, manfaatin akun-akun edukatif biar tetep waras. Salam

    BalasHapus