Pengalaman Daftar dan Cara Upgrade Non Hosted Google Adsense | Berbagi Sesama Blogger

Jumat, 18 Januari 2019 : Januari 18, 2019

10 komentar

Pengalaman Daftar dan Upgrade Google Adsense -Hai sobat Hailogue, saya akan membagikan pengalaman dan cara ketika daftar dan upgrade Non Hosted Google AdSense (GA). Sebenarnya saya gak mau bahas ini, apalagi blog ini bukan niche (tipe blog) yang membahas tentang Blogger, SEO, dan Google AdSense. Tetapi setelah dipikir sepertinya saya perlu untuk membagikan pengalaman/ perjalanan sampai blog kecil ini bisa tayang iklan Adsense. semoga berguna bagi para pemula yang baru mengenal dunia blog.

Pengalaman Daftar dan Upgrade Non Hosted Google Adsense | Berbagi Sesama Blogger

Pengalaman Daftar Google Adsense Tahun 2016

Sebenarnya tahun 2014 saya mengenal yang namanya blog, cuma waktu itu saya membuat blog pribadi di wordpress (WP), tetapi selang waktu 2 bulan saya berhenti menulis di blog itu bahkan saya sudah lupa kalau pernah ngeblog di WP.

Awal tahun 2016 saya baru mengenal lagi dunia blog, awalnya penasaran melihat banyak teman yang menulis di blog, terus saya mikir kenapa saya tidak ngeblog lagi ya, dan akhirnya saya memutuskan untuk membuat blog di blogger.

Sejak itu saya mulai belajar lagi ngeblog, hanya memang berbeda dengan orang-orang yang ngeblog untuk mendaftar Google AdSense. Membuat blog sebagai sebuah penghasilan dengan teknik SEO dan niche yang jelas, berbeda dengan saya yang tujuan ngeblognya untuk menulis dan menyimpan tulisan pribadi di blog.

Bisa di bilang blog saya merupakan blog yang tidak fokus membahas suatu topik karena memang yang di pos merupakan tulisan pribadi atau tugas kuliah. Kalau kata anak blogger blog saya merupakan blog Gado-Gado. hehe

Selama setahun 2016 itu saya memang fokus hanya menulis dan langsung pos di blog, hanya sekedar posting saja. Tidak pernah terfikirkan untuk membuat blog yang fokus ke satu niche (topik) dan membuat blog bukan untuk didaftarkan iklan Adsense.

Hanya saja saya tidak rutin menulis di blog karena memang belum niat untuk fokus, kadang ketika senggang saja saya menulis di blog. Tidak pernah memperhatikan jumlah kata disetiap postingan. Bahkan sampai 2 bulan saya tidak update dan tidak pernah buka blog tersebut. Memang semangat ngeblog bagi saya menjadi kendala pada saat itu.

Pengalaman Daftar Google Adsense Tahun 2017

Nah sejak tahun 2017 saya kepikiran lagi untuk konsisten menulis karena tergiur untuk mendaftar Google Adsense. Mulailah saya browsing bagaimana cara untuk mendaftarkan blog dan bisa diterima Google Adsense.

Waktu itu saya banyak belajar dari blog Mas Sugeng, blog yang sangat detail dan jelas membahas seputar dunia blog, SEO dan bagaimana agar blog kita bisa diterima GA.

Setelah saya banyak browsing mencari referensi agar blog diterima Adsense. Berikut yang menurut saya menjadi syarat agar blog di terima Google Adsense:

1. Template Blog
2. Artikel Asli (Bukan hasil COPAS)
3. Jumlah kata dalam setiap artikel
4. Niche (topik) Blog
5. Domain Berbayar (TLD)

Mungkin itu yang saya pahami agar blog bisa di terima iklan Adsense.

Oke dari segi template, saya mencari referensi terkait template yang seo friendly, akhirnya saya memilih template gratisan milik mas sugeng yaitu Brosense.

Template yang menurut saya simpel dan tidak membuat visitor bosen ketika berkunjung dan yang pasti seo friendly.

Untuk artikel, memang saya tidak fokus satu niche, bahkan sampai sekarang blog ini kalau kalian perhatikan tidak fokus pada satu topik. Karena memang apapun yang saya tulis saya langsung publish di blog ini.

Hanya waktu itu saya tidak pernah memperhatikan jumlah kata dalam setiap postingan bahkan pernah 100 kata.

Berbicara niche sendiri, sebagian blogger bilang kalau ingin cepat diterima adsense, maka fokus buat blog dengan 1 niche. Akhirnya saya bingung disitu, karena belum tahu mau fokus niche apa. Sehingga saya memutuskan untuk tetap menulis dengan apa yang saya sukai.

Untuk domain, saya memilih tidak membeli domain. Mengingat karena saya belum tahu untuk nama domainnya dan saya belum begitu serius.

Setelah itu saya berfikir untuk mendaftarkan blog ini ke Google Adsense denga menggunakan domain blogspot, belum domain berbayar. Akhirnya saya tetap memutuskan untuk mendaftar GA dengan 30 postingan yang ada di blog.

Pengalaman Daftar dan Upgrade Non Hosted Google Adsense | Berbagi Sesama Blogger

Setelah saya menunggu 3 bulan kalau tidak salah, akhirnya saya mendapatkan email dari Google Adsense yang mengatakan bahkan blog saya ditolak karena KONTEN TIDAK MEMADAI.

Dari itu saya sadar karena saya terlalu terburu buru dan menyadari bahwa konten banyak yang kurang berkualitas. Mungkin karena ada yang copas maupun dari segi jumlah kata per postingan yang dibawha 500 kata.

Setelah itu saya fokus untuk memperbaiki kualitas konten, termasuk jumlah kata dalam setiap postingan. Minimal 500 kata lah.

Sebulan kemudian saya mencoba untuk mendaftarkan kembali blog ini ke GA dengan harapan kali ini bisa diterima. Mengingat sudah memperbaiki kualitas konten.

Setelah menunggu satu bulan akhirnya saya mendapatkan email dari GA yang mengatakan bahwa "Selamat! Akun Anda kini telah disetujui sepenuhnya".

Pengalaman Daftar dan Upgrade Non Hosted Google Adsense | Berbagi Sesama Blogger

Saya waktu itu senang dan girang karena tidak nyangka dengan blog seadanya dan konten yang tidak begitu berkualitas. Akhirnya saya membuktikan bahwa blog gado gado bisa diterima iklan adsense.

Pengalaman Upgrade Non Hosted Google Adsense 2018

Saya mulai banyak belajar teknis tentang dunia blog, dan bagaimana menarik visitor membuat visitor betah di blog kita. Tidak lain salah satunya ya dengan kualitas konten dan tampilan (template) blog kita.

Saya mulai gabung group facebook blogger, line dan sebagainya. Dari situ saya baru mengetahui bahwa Adsense saya merupakan Adsense Hosted.

Apa perbedaan antara Adsense Hosted dan Adsense Non Hosted ?

1. Adsense Hosted merupakan akun yang terbilang mudah dan peluang untuk diterima GA lebih besar ketimbang Non Hosted. Hanya Akun ini terbatas, dan banyak kekurangannya. Akun ini hanya menampilkan iklan dari mitra web blogger dan youtube.

2. Adsense Non Hosted kebalikan dari akun Hosted. Untuk mendapatkan Full Approve dari Google Adsense dapat dikatakn cukup sulit dan harus mengganti domain kita dengan domain berbayar atau TLD (Top Level Domain). Tetapi jika sudah diterima, banyak kelebihan yang diberikan, yaitu bisa di pasang di banyak blog tidak seperti akun Hosted yang hanya terikat satu blog saja. Dan akun Non Hosted secara peluang untuk mendapatkan income lebih besar.

Setelah itu saya berniat untuk mengubah/upgrade akun Hosted menjadi akun Non Hosted.

Saya mencari referensi dan banyak menanyakan cara upgrade akun Hosted ke Non Hosted. Dan banyak jawaban dari mereka untuk mendaftarkan Adsense baru Non Hosted ketimbang upgrade. 

Akhirnya saya memutuskan untuk menguprade akun Adsense. Sebelum itu saya membeli domain TLD dan mencari template yang lebih SEO Friendly.

Singkat cerita saya sudah mengajukan upgrade tersebut dan menunggu email dari GA. Selama 3 hari saya mendapatkan email bahwa situs saya tidak aktif. 

Waktu itu saya heran, padahal blog saya aktif, akhirnya saya browsing dan mengganti template yang simple dan lengkap dengan Halaman (About, Sitemap, Disclaimer dan sebagainya). Setelah 3 hari menunggu lagi, saya mendapatkan email yang mengatakan bahwa Upgrade akun Adsense saya telah disetujui.


Pengalaman Daftar dan Upgrade Non Hosted Google Adsense | Berbagi Sesama Blogger

Untuk kalian yang sampai sekarang masih di tolak dan belum diterima Google Adsense. Jangan menyerah, tetap semangat menulis dan selalu ikuti saran perbaikan dari Google Adsense.

Bagaimana agar blog kita diterima Adsense ?

1. Usahakan konten blog asli, tidak hasil copas dan agc. Walaupun copas harus ditulis ulang dengan menggunakan bahasa sendiri. Tetapi saran saya jangan sampai copas. Hal utama blog dikatakan bagus itu dari konten yang berkualitas. Buatlah konten yang berkualitas dengan topik yang kalian sukai dan kuasai.

2. Jangan lupa perhatikan tampilan (template) blog. Saran saya gunakan template yang simple tetapi SEO Friendly. Utamakan kenyamanan pengunjung. Saya sendiri selama mendaftar Google Adsense dan Upgrade akun menggunakan template mas Sugeng.

Untuk masalah domain gratisan dan domain berbayar tergantung dari kita pribadi. Lebih nyaman menggunakan yang mana. Hanya saja jika menggunakan domain berbayar telah membuktikan keseriusan kita dalam dunia blog dan kepercayaan pengunjung terhadap kita. 

Jangan pernah curang ketika sudah diterima Google Adsense. Jagalah kepercayaan itu untuk hubungan baik jangka panjang dengan pihak Adsense.

Mungkin itu saja yang dapat saya bagikan, semoga bermanfaat. Untuk selebihnya bisa diskusi di kolom komentar.

Selamat Menulis sobat Hailogue.
Share this Article
< Previous Article
Next Article >

10 komentar:

  1. Wah udah malang melintang di dunia adsense,ane baru setahun kemaren gan,btw thx infonya inspiratif

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama sama gan. Banyak cerita tersendiri lah kalau ngeblog itu.

      Hapus
  2. wah mantab nih cerita pengalamanya keren2. jarang jarang ada blogger yang mau berbagi pengalaman seprti ini mantab2..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha ya gan. Pengalaman ngeblog yang sangat bersejarah bagi blog ini.

      Hapus
  3. Oh jd kalau kita beli domain adsens kudu di review lg yah min

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenanrya untuk upgrade itu harus pake domain berbayar. Tentu perlu review lagi

      Hapus
  4. Sudah lama ya sjaka2016 mah

    BalasHapus
  5. Sampe saat ini saya belum di approve sudah 2 minggu lebih. Pas pake blogspot mah udah ada iklannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang tidak tentu, ada yang lama ada yang cepat juga. Yang sabar saja mas. Yang penting semangat ngeblognya jangan luntur hehe

      Hapus

© 2019 Hailogue ID - All Rights Reserved