Kamis, 17 Januari 2019

Review Buku "Tuhan, Inilah Proposal Hidupku" karya Jamil Azzaini

👋 Hai semua, kali ini saya akan me-review sebuah buku pemberian kakak saya, yaitu Buku karya Jamil Azzaini yang berjudul Tuhan, Inilah Proposal Hidupku.

Sebenarnya buku ini sudah lama dibaca, bahkan pernah dijadikan salah satu pilihan untuk tugas review buku di asrama beasiswa. Dan saya berfikir kenapa tidak sekalian saya posting di blog ini. 

Review Buku "Tuhan, Inilah Proposal Hidupku" karya Jamil Azzaini

Sebagai review buku ketiga yang saya posting, buku kang Jamil ini menjadi pilihan. karena saya ingat betul salah satu pertanyaan didalam bukunya yang mengatakan kurang lebih seperti ini:

"Kenapa untuk membuat acara yang digelar satu dua hari saja kita butuh sebuah proposal, berbeda dengan hidup kita yang berjalan puluhan tahun tetapi kita tidak membuat proposal? Mengapa membiarkan hidup ini mengalir tanpa arah, tanpa tujuan dan tanpa cita-cita?"

Pertanyaan itu yang akhirnya membuat saya untuk berbagi review buku tersebut. Jika kalian yang pernah baca, di dalam bukunya dilengkapi dengan tabel dan halaman kosong yang memang disediakan untuk menyusun proposal hidup kita.

Kalau kata kang Jamil, ia tidak akan membiarkan hidupnya mengalir begitu saja, tetapi harus direncanakan dan dibuat proposal tertulisnya. Bagaimana dengan kita? tidak mau kan hidup ini mengalir tanpa arah.

Buku "Tuhan, Inilah Proposal Hidupku" menjelaskan langkah praktis dalam menyusun proposal hidup versi Jamil Azzaini. Untuk kalian yang belum kenal siapa kang Jamil bisa mampir ke blognya Jamil Azzaini.

Buku ini memaparkan langkah-langkah secara detail bagaimana kita menyusun proposal hidup. 

💁 Berikut langkah-langkah menyusun proposal hidup:

🍁 Harus percaya dan sadar bahwa setiap dari kita adalah masterpiece, tidak ada mahluk di dunia ini yang seistimewa diri kita. Kita berbeda dengan yang lain, memiliki pengalaman hidup yang tidak dimiliki oleh siapapun didunia ini. Maka sangat perlu untuk menulis pengalaman unik dan prestasi yang akan kita asah, kembangkan dan evaluasi.

🍁 Memiliki dan menetapkan prestasi terbaik yang ingin kita raih selama hidup. Dalam buku ini, sudah disediakan untuk menulis prestasi yang ingin kita capai.

🍁 Jadilah seorang Expert. Untuk menjadi seorang yang Expert, harus tahu keahlian yang menyenangkan bagi kita, tujuannya agar mudah menikmati dan mencintai keahlian yang kita kerjakan.

Terus bagaimana caranya? Kang Jamil merangkum menjadi 4 langkah yang harus dilakukan:

👉 Mulailah dengan mendaftar semua kegiatan yang telah dijalani dan kegiatan tersebut telah banyak menghabiskan waktu.

👉 Kelompokkan kegiatan tersebut menjadi tiga bagian seperti berikut: kegiatan yang dikuasai, kegiatan yang dicintai, dan kegiatan yang menghasilkan.

👉 Setelah daftar kategori tiga bagian dibuat, pilih beberapa, dua atau tiga hal yang masuk kategori tiga bagian tersebut.

👉 Terakhir, setelah selesai membuatnya, jangan lupa untuk sering melihat daftar tersebut, siapkan rencana untuk mendelegasikan semua kegiatan lain kepada orang lain. Kegiatan kita yang sudah dikategorikan menjadi tiga bagian tersebut, sebaiknya ditekuni mulai sekarang. Sementara kegiatan lain diluar daftar, kita ihlaskan kepada orang lain.

Baca juga:
Review Buku "Sukses Cara Gue"
Review Buku "Menjadi Pemenang Kehidupan"


🍁 Membuat target 90 hari yang terukur, target tersebut berisi karya kita yang akan dicapai dalam 90 hari. Target tersebut bisa berupa target keuangan, kesehatan, target untuk keluarga, kegiatan sosial, dan target untuk kegiatan spiritual. Dari target yang dibuat, harus selalu didukung dengan sikap yang positif, prasangka positif, prilaku produktif dan kontributif.

Cara menentukan target tersebut:
  • Belajar dari pengalaman pribadi
  • Meminta saran dan nasehat dari orang terdekat kita
  • Konsultasikan pada orang yang expert
🍁 Kita harus menciptakan lingkungan yang mendukung. Caranya yaitu dengan mencari guru expert, spiritual dan guru kehidupan.

🍁 Carilah dan bersahabatlah dengan orang-orang yang positif, kemudian buat kelompok mastermind, yaitu sebagai jaringan untuk saling berbagi/sharing ide, memecahkan masalah, saling mendukung dan memotivasi.

Mungkin itu review yang dapat saya bagikan. Untuk kalian yang sudah memulai membuat proposal hidup, sampaikan proposal hidup kalian mulai dari keluarga kalian, orang terdekat dan kepada orang yang expert. Setelah itu lakukan evaluasi dan jangan lupa selalu berdoa. Ingat, Selalu syukuri keberhasilan di setiap tahapan, maka kita akan bahagia. 

Show comments
Hide comments
2 komentar:
Tulis komentar