Minggu, 19 Mei 2019

Tips Laptop: 3 Penyebab Laptop Cepat Panas dan Cara Mengatasinya

Tips Laptop: 3 Penyebab Laptop Cepat Panas dan Cara Mengatasinya
Ketahui penyebab laptop cepat panas dan cara mengatasinya. Banyak orang yang tidak mengerti bagaimana merawat laptop yang baik. Penggunaan yang tidak wajar salah satunya menyebabkan laptop cepat panas.

Laptop yang cepat panas akan mengganggu performa dan aktivitas pekerjaan penggunanya. Maka perlu sebagai pengguna laptop untuk mengetahui penyebab panas tersebut agar tidak menimbulkan kerusakan laptop yang lebih parah.

Jika dibandingkan dengan sebuah PC atau komputer, laptop lebih mudah cepat panas karena memiliki desain yang tipis dan komponen yang padat. Berbeda dengan PC yang memiliki ruang didalam CPU yang dapat berguna sebagai sirkulasi udara yang membuat uap panas berkurang.

Saat ini harga laptop sudah murah, tetapi sangat perlu menjaga perawatan laptop agar komponen dan bagian penting dari laptop tetap awet jangka panjang.

Nah bagi anda yang mengalami laptop cepat panas, berikut beberapa penyebab sekaligus cara mengatasinya.

💊 Posisi atau tempat laptop saat digunakan
Banyak pengguna pada saat memakai laptop tidak memperhatikan alas laptop itu sendiri. Terkadang menggunakan laptop dengan alas yang menutupi sirkulasi udara dari bawah laptop.

Pengguna tidak menyadari betapa pentingnya masalah alas atau peletakan, padahal itu sangat berdampak pada sirkulasi udara laptop. Peletakan seperti pada bantal atau kasur yang tidak menyerap panas berakibat pada penghambatan sirkulasi udara dan efeknya pada laptop terjadi peningkatan suhu panas pada setiap komponen didalamnya.

Jika hal itu dilakukan terus menerus, akan mengakibatkan debu menumpuk di beberapa komponen seperti heatsink prosesor.

💊 Ventilasi udara laptop tersumbat
Ini terjadi akibat banyaknya debu atau kotoran yang menumbuk. Laptop tidak akan mudah panas ketika ventilasi udara tidak tersumbat.

Ventilasi udara ini juga digunakan sebagai pembuang udara panas dari kipas atau fan laptop tersebut. Sehingga jika tidak rutin di bersihkan akan sangat mengganggu performa laptop dan mudah cepat panas.

💊 Banyak debu di Kipas/ Fan laptop
Akibat dari penggunaan yang salah akan membuat debu menempel di fan laptop tersebut. Debu yang menempel akan menghambat perputaran fun tersebut sehingga membuat laptop cepat panas.

Ini terjadi akibat kurang perawatan atau tidak pernah dibersihkan. Jika dibiarkan terus-menerus akan membuat laptop cepat panas karena tidak bisa mengeluarkan udara panas secara maksimal.
Tips Laptop: 3 Penyebab Laptop Cepat Panas dan Cara Mengatasinya

Cara Mengatasi laptop cepat panas
Untuk menjaga laptop agar tetap awet dan tahan lama maka perlu perawatan yang rutin termasuk laptop yang sudah panas agar segera diatasi demi kenyamanan saat menggunakannya.

💉 Bersihkan ventilasi udara dan kipas laptop
Saat melihat ventilasi udara laptop sudah mulai kotor, segera bersihkan agar udara panas dari laptop keluar secara maksimal. Sehingga laptop tidak cepat panas akibat ventilasi udara yang tertutup karena debu atau kotoran.

Tips Laptop: 3 Penyebab Laptop Cepat Panas dan Cara Mengatasinya

Kemudian anda bisa membongkar laptop dan cek bagian kipas. Jika sudah banyak debu yang menempel, segera bersihkan agar perputaran kipas laptop bekerja secara maksimal. Untuk membersihkan debu bisa menggunakan tisu atau katenbat.

💉 Selalu gunakan laptop diatas permukaan datar
Kenapa ini penting, gunanya untuk menjaga agar pembuangan udara panas dari laptop menjadi lancar dan maksimal. Begitu juga dengan sangat membantu terhadap kinerja kipas laptop agar berputar diatas kapasitas wajar.

Jangan lupa pastikan kebersihan daerah penempatan laptop saat digunakan. Jangan sampai ada debu disekitarnya, karena akan terbawa dan masuk ke daerah ventilasi udara laptop. Apalagi laptop yang memiliki lubang ventilasi udara dibagian bawah.

Jika anda terpaksa harus bekerja diatas tempat tidur, usahakan cari alas yang tebal dan datar, bisa menggunakan buku atau alas lainnya agar pembuangan udara panas tetap maksimal.

💉 Cooling Pad
Terakhir, jika memiliki cooling pad atau kipas eksternal, anda bisa menggunakan ini sebagai pembantu pengeluaran suhu panas pada laptop. Usahakan jangan dicolokan ke usb laptop, gunakan charger hp dan colokan ke aliran listrik langsung agar tidak menguras daya laptop itu sendiri.

Terakhir, untuk anda yang ingin membeli laptop, usahakan beli yang baru. Jika harus beli second harus liat umur laptop karena sangat berpengaruh terhadap performa dan laptop second yang sudah lama biasanya thermal paste nya sudah kering seringnya membuat prosesor gampang panas.

Salam,
Sobat hailogue.





Show comments
Hide comments
2 komentar:
Tulis komentar
  1. Mksh infonya sgt bermanfaat min nomor yg laptop harus taro diubin bener bgt loh

    BalasHapus