Tips Blogging: 6 Cara Membangkitkan dan Menjaga Semangat Ngeblog

Minggu, 19 Mei 2019 : Mei 19, 2019

5 komentar

Tips Blogging: 6 Cara Membangkitkan dan Menjaga Semangat Ngeblog

6 Cara membangkitkan semangat ngeblog -Jenuh dan bosan menjadi tantangan bagi anda ketika sedang ngeblog. Terasa hilang semangat untuk konsisten dalam menulis atau posting artikel. Mungkin tidak seperti di awal memulai, semangat lagi naik sehingga menjadi rajin membuat tulisan.

Dalam dunia blogging, semangat ngeblog yang naik turun mengakibatkan blog anda kurang terawat dengan baik.

Jangan biarkan blog anda seperti tanaman yang jarang disiram, tanaman itu akan mati seiring waktu. Sama hal nya dengan blog, lama tidak terawat dan tidak pernah posting artikel, akan membuat blog menjadi mati dan pengunjung akan pergi.

Hal itu jangan dibiarkan, meskipun semangat lagi turun, anda tidak bisa membiarkan semangat itu hilang begitu saja. Semangat ngeblog pada diri seorang blogger harus dijaga supaya tujuan anda tercapai sesuai rencana.

Seperti blog ini, sudah lama juga tidak posting artikel. Tetapi saya tidak membiarkan blog ini mati dan pengunjung pergi begitu saja. Salah satu untuk menjaga pengunjung betah di blog yaitu dengan posting artikel secara konsisten.

Cara dan tips menjaga semangat ngeblog setiap orang pasti berbeda-beda. Setiap dari anda memiliki cara tersendiri untuk meningkatkan semangat ngeblog yang mungkin belum tentu sama dengan orang lain.

Nah saya akan coba memberikan secara umum beberapa cara bagaimana semangat ngeblog agar tetap terjaga dan konsisten dalam posting artikel blog.

6 Cara Membangkitkan Semangat Ngeblog

1. Mengingat Kembali Niat Awal Memulai Ngeblog

Niat menjadi yang utama kenapa semangat itu hilang. Anda perlu mengingat kembali niat di awal posting artikel.

Apakah memulai ngeblog hanya tugas kuliah, ikut teman komunitas atau sekadar hobi saja. Kembali ke niat awal kenapa akhirnya anda memulai untuk menjadi blogger.

Semangat itu hilang karena salah satu penyebabnya adalah niat ngeblog yang salah. Jangan ngeblog hanya karena melihat keuntungan dalam bentuk materi saja, tapi juga harus ingat bagaimana orang lain mendapatkan manfaat dari setiap artikel di blog. Jangan sampai membuat pengunjung kecewa karena berkunjung ke blog anda.

Mungkin perlu juga di ingat bagaimana rasanya pertama kali postingan anda di baca orang lain? banyak komentar bagus dan saran penyemangat yang itu perlu di jaga. Sangat menyenangkan dan pasti anda ingin selalu seperti itu.

Maka dari itu, jangan sampai semangat itu hilang karena kurang memahami niat awal membuat blog.

2. Buat Tujuan dan Harapan dari Blog Anda

Hal ini perlu juga dilakukan untuk menjaga semangat ngeblog. Perlu dibuat apa tujuan dan harapan dari blog yang anda buat. Mimpi apa yang anda buat dari blog tersebut.

Untuk mencapai tujuan dan harapan itu, Anda harus punya rencana dan strategi yang tepat dalam mengelola blog. Jangan biarkan blog anda mengalir tanpa arah, buatkan mimpi besar untuk blog anda agar menjadi blog yang banyak diminati pengunjung.

Nah, ketika blog sudah memiliki tujuan, semangat anda untuk terus konsisten dalam mengelola blog akan selalu terjaga. Visi dan Misi bagi anda seorang blogger adalah sebuah hal yang penting.

Anda akan memiliki harapan jangka pendek maupun jangka panjang dari blog yang dibuat. Dengan begitu semangat ngeblog akan selalu terjaga walaupun di titik jenuh sekalipun.

Mulai sekarang buatkan tujuan dan harapan dari blog anda, jangan biarkan pengunjung kecewa dan pergi begitu saja.

3. Jangan Terlalu Memikirkan Statistik Blog

Banyak para blogger menyerah dan membiarkan blognya tidak update karena terlalu memikirkan statistik blog. Merasa pesimis dan hilang semangat melihat statistik blog yang jelek dibandingkan teman blogger lainnya.

Menjadi blogger itu bukan tentang statistik blog anda seperti apa. Menjadi blogger harus having fun, anda harus bersenang-senang dengan ngeblog. Jadikan ngeblog menjadi hobi baru anda dan selalu ingat bahwa anda memiliki tujuan di awal memulai blog.

4. Cari tempat dan Lingkungan yang Nyaman untuk Ngeblog

Tempat yang nyaman juga menjadi salah satu penyemangat untuk ngeblog. Bahkan untuk bekerja, menulis dan sebagainya akan terasa nyaman jika tempat itu sangat mendukung bagi anda.

Tempat yang nyaman akan menjaga semangat ngeblog. Bahkan anda akan banyak menemukan ide baru yang mungkin sebelumnya tidak terfikirkan. Mungkin terlihat sederhana, tetapi tempat dan lingkungan yang tidak cocok akan membuat anda bosan sehingga semangat ngeblog pun hilang.

Jika suatu ketika anda bosan dengan tempat ngeblog dalam ruangan, coba pindah ke tempat yang terbuka dan sangat asri. Bahkan belakang rumah dengan pemandangan yang indah menjadi opsi tempat anda ngeblog.

Bisa juga anda pergi ke perpustakaan sehingga mendapatkan banyak pilihan referensi untuk materi blog, atau juga kumpul teman komunitas untuk ngeblog bareng sehingga bisa sharing materi dan pengalaman.

Tempat dan lingkungan sangat berpengaruh terhadap semangat ngeblog anda. Cari tempat yang membuat anda tidak bosan dan ketika jenuh segera cari tempat lain agar semangat ngeblog tidak hilang.

5. Blogwalking

Ini sangat penting bagi anda untuk menjaga semangat ngeblog. Dengan blogwalking, anda akan mendapatkan banyak networking sesama blogger. Diskusi dengan sesama blogger akan membuat wawasan anda bertambah, begitu juga traffic blog akan naik.

Dengan melakukan blogwalking, anda akan membaca tulisan orang lain yang bisa menambah ide artikel baru bagi blog anda. Sehingga semangat ngeblog akan terjaga dengan ide yang didapatkan dari membaca tulisan orang lain.

6. Have Fan and Get the Money

Untuk menjaga semangat, jangan terlalu memikirkan uang. Anda fokus saja untuk selalu konsisten update artikel untuk menjaga pengunjung blog anda.

Intinya menjadi blogger harus having fun, jangan terlalu memikirkan bagaimana anda mendapatkan uang. Hal itu akan membuat semangat anda hilang dan terlalu sibuk mencari cara instan bagaimana blog menghasilkan uang.

Semua akan ada waktunya. Hal yang utama adalah bagaimana anda membuat tulisan berkualitas, mendapatkan uang dari blog itu hanya bonus dari tulisan anda.

Untuk menjadi blogger, semua perlu usaha, uang akan anda dapatkan kalau semangat ngeblog anda bisa dipertahankan.

Salam,
Sobat Hailogue. 
Share this Article
< Previous Article
Next Article >

5 komentar:

  1. saya juga smangat nya naik turun gan, jika sulit dapat visitor agak malas ngeblog, jika denger temen gajian, pengen ngeblog lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mbak, blog ini aja kemarin lama gak di update. Semangat memang ujian bagi para blogger.

      Hapus
  2. Ia saya juga gitu min mksh ya

    BalasHapus
  3. Pertama pasti senang..nyampe pertengahan pasti agak bosan...tpi kalo dah inget niat awal pertama ngblog jdi semngat lgi

    BalasHapus

© 2019 Hailogue ID - All Rights Reserved