13 Cara Menghemat Baterai iPhone Agar Lebih Awet dan Tahan Lama

Senin, 22 Juli 2019 : Juli 22, 2019

0 komentar

13 Cara Menghemat Baterai iPhone -Sebagai pengguna baru iphone, saya sangat menyarankan untuk menjaga kesehatan baterai agar tahan lebih lama. Terlebih harga iphone yang mahal dengan kapasitas baterai yang kecil. Berbeda dengan android, kita bisa memiliki hp baru dengan kapasitas baterai yang besar hanya dengan harga murah.

Kita tahu bahwa apple memiliki standar yang tinggi dan selalu menghasilkan produk iphone yang berkualitas. Setiap iphone versi terbaru yang dirilis oleh apple selalu membawa tampilan dan fitur yang berbeda. Sehingga banyak orang yang ingin membelinya bahkan banyak pengguna iphone lama yang ingin mengupgrade ke ios yang lebih tinggi demi merasakan fitur dan tampilan baru.

Walaupun begitu, banyak dari pengguna yang menyayangkan terhadap iphone yang selalu memiliki baterai yang kecil.

Banyak pengguna yang tidak mengetahui bagaimana cara merawat baterai iphone agar tahan lama. Caranya pun sangat mudah tanpa perlu tambahan aplikasi yang hanya membawa virus bagi iphone sendiri.

13 Cara Menghemat Baterai iPhone Agar Lebih Awet dan Tahan Lama

13 Cara Menghemat Baterai Iphone Agar Lebih Awet dan Tahan Lama

1. Matikan Wifi

Ketika iphone sedang terhubung ke paket data seluler, dan tidak menggunakan wifi, segera di nonaktifkan wifi agar menghemat baterai.

Silahkan masuk ke Pengaturan >> Wifi >> Matikan

2. Matikan Fitur 4G / LTE ditempat yang tidak mendukung

Untuk para pengguna yang tinggal di daerah yang belum mendukung fitur 4G, matikan saja untuk menghemat baterai iphone. Karena ketika diaktifkan, maka hp akan mengeluarkan energi yang sangat besar untuk mencari jaringan 4G dan itu akan sia-sia, akibatnya akan banyak menguras daya baterai iphone.

Memang fitur 4G memberikan kecepatan loading jaringan baik itu browsing, akses sosial media, dan sebagainya, akan tetapi jika daerah tidak mendukung fitur 4G, maka yang ada hanya daya baterai cepat habis. Maka di setting di ubah ke 3G maupun 2G.

Silahkan masuk ke Pengaturan >> Seluler >> Pilihan Data Seluler >> Pilih 3G atau 2G.

3. Matikan Fitur Airdrop 

Dalam kondisi airdrop aktif, maka iphone akan terus menerus mencari perangkat apple lain untuk saling terhubung dan saat tidak digunakan hanya akan membuang daya baterai saja.

Silahkan masuk ke Pengaturan >> Umum >> Airdrof >> Matikan

4. Matikan Fitur Handoff

Untuk pengguna iphone yang tidak memiliki mac atau perangkat apple selain hp iphone, maka matikan saja fitur Handoff untuk menghemat daya baterai. Karena fitur ini tidak berguna bagi pengguna iphone saja.

Silahkan masuk ke Pengaturan >> Umum >> Handoff  >> Matikan

5. Matikan Background App Refresh/ App di Latar

Nah jika pengguna iphone menginstal banyak aplikasi maka perlu untuk menonaktifkan fitur Background App Refresh, sehingga tidak menguras baterai iphone.

Pengaturan >> Umum >> Segarkan App di Latar/ Background App Refresh >> Matikan

6. Matikan Fitur SIRI

Banyak pengguna iphone di Indonesia yang tidak menggunakan SIRI, sehingga fitur SIRI yang aktif segera dimatikan saja untuk menghemat baterai.

Pengaturan >> Siri & Pencarian >> Matikan Siri

7. Mengatur Penggunaan Data Seluler

Nah salah satu fitur di iphone, pengguna bisa mengatur penggunaan data seluler pada setiap aplikasi. Bahkan pengguna bisa mematikan penggunaan data seluler pada setiap aplikasi yang jarang digunakan, selain menghemat paket data juga menghemat penggunaan baterai iphone. Termasuk fitur iTunes & App Stores silahkan dimatikan saja untuk penggunaan data selulernya.

Silahkan masuk ke bagian pengaturan, kemudian cari ke bawah di bagian aplikasi, pilih salah satu aplikasi yang mau di atur penggunaan data seluler maupun di nonaktifkan data selulernya

8. Mengatur fitur GPS / lokasi

Nah fitur gps atau layanan lokasi menjadi salah satu yang banyak menguras baterai iphone. Terlebih iphone memang memiliki kapasitas baterai yang kecil sehingga akan cepat habis. Maka dari itu untuk fitur layanan lokasi agar di nonaktifkan dan ketika ingin menggunakan aplikasi yang membutuhkan fitur layanan lokasi seperti (grab, gojek dan gmap), pengguna bisa mengaktifkannya kembali.

Pengaturan >> Privasi >> Layanan Lokasi >> Matikan

9. Matikan notifikasi dan Getar aplikasi yang tidak perlu/ jarang digunakan

Banyaknya notifikasi aplikasi akan membuat baterai iphone juga akan semakin berkurang, terlebih aplikasi yang sebenarnya tidak penting untuk dinyalakan fitur notifikasinya. Sehingga perlu untuk memilah mana notifikasi yang tidak perlu diaktifkan. 

Pengaturan >> Notifikasi >> Pilih aplikasi yang mau di nonatifkan notifikasinya

10. Matikan Personal Hotspot

Banyak pengguna iphone yang lupa mematikan Personal Hotspot setelah selesai digunakan. Berbeda dengan android, fitur personal hotspot di iphone tidak muncul pop up di layar sehingga sering kali lupa apakah personal hotspot aktif atau tidak.

Pengaturan >> Seluler >> Atur Hotspot pribadi >> Matikan 

11. Matikan Fitur Auto Brightness

Fitur ini sangat berguna karena bisa menyesuaikan dengan cahaya di tempat manapun, sehingga tidak perlu mengaturnya. Tetapi fitur ini sering memberikan kecerahan layar atau brightness yang terlalu terang sehingga sangat menguras baterai iphone.

Pengaturan >> Umum >> Aksesibilitas >> Akomodasi Tampilan >> Kecerahan Otomatis >> Matikan

12. Matikan Fitur Motion & Fitness

Jika jarang atau tidak pernah menggunakan fitur iphone untuk olahraga, maka matikan saja fitur motion & fitness

Pengaturan >> Privasi >> Motion & Fitness/Kebugaran >> Matikan Fitness Tracking/ Pelacakan Kebugaran

13. Aktifkan Fitur Mode Daya Rendah

Fitur ini sangat membantu untuk menghemat baterai iphone, terutama jika dalam perjalanan jauh atau tidak bisa mengecas hp dalam waktu yang lama. Nah fitur Mode Daya Rendah di iphone akan sangat berguna untuk menghemat baterai iphone.

 Pengaturan  >> Baterai >> Aktifkan Mode Daya Rendah.


Demikian 13 cara menghemat baterai iphone, semoga membantu para pengguna agar baterai iphone lebih tahan lama dan hp semakin awet. Silahkan di share ke saudara atau teman yang menggunakan iphone agar juga bisa menghemat baterai hpnya. 
Share this Article
< Previous Article
Next Article >

0 komentar :

© 2019 Hailogue ID - All Rights Reserved