Rabu, 10 Juli 2019

Tips Blogging: 3 Kelebihan Google Analytic, Website Statistik Blog yang Akurat

Tips Blogging: 3 Kelebihan Google Analytic, Website Statistik Blog yang Akurat
Halo sobat hailogue, saya akan menjelaskan Kelebihan Google Analytics (GA) pada sebuah blog. Cara memasang Google Analytics sangat mudah dan tentu ini gratis karena disediakan oleh Google.

Apa itu Google Analytics (GA)?

Google Analytic merupakan sebuah tools gratis yang disediakan google untuk membantu menganalisa traffik dari sebuah blog.

Artinya dengan tools ini, anda dapat mengetahui berbagai informasi dari blog. Termasuk mengetahui jumlah pengunjung baru per harinya, hanya dengan menggunakan Google Analytics.

Sebenarnya sebagai pengguna blogger, google sudah memberikan fitur seperti built-in statistics. Nah dengan fitur ini, beberapa informasi yang dapat diketahui dari sebuah blog, yaitu:

☀ Jumlah pageviews setiap hari, kemarin, bulan, dan histori sepanjang waktu (ada dibagian statistik blogger)
☀ Jumlah pageviews masing-masing artikel (ada dibagian postingan blogger)
☀ Traffic Sources, sumber traffic lengkap dengan jumlah pageview nya (dari sini ketahuan sumber trafic yang menuju blog anda)
☀ Demografi penayangan pemirsa/pengunjung dari negara asal, browser (Chrome, mozilla), dan sistem operasi (android, windows, iphone dan sebagainya).

Hal ini akan sangat membantu para blogger untuk mengetahui statistik dari blog mereka.


Tips Blogging: 3 Kelebihan Google Analytic, Website Statistik Blog yang Akurat
Built-in statistics blog blogger
Nah, dengan adanya fitur tersebut anda dapat mempelajari dan menganalisa sebuah blog. Tetapi fitur yang disediakan blogger tersebut sangat terbatas, tidak terlalu mendalam untuk dianalisa. Sehingga anda membutuhkan Google Analytics yang sangat akurat, sangat detail dan yang pasti mudah di mengerti termasuk bagi blogger pemula.

Cara memasang Google Analytics pun sangatlah mudah. Karena tools ini memang dimiliki oleh google, selain gratis juga dalam mengintegrasikan pada blog sangat cepat. Untuk yang belum memiliki akun, silahkan daftar di website Google Analytics.

Kelebihan Google Analytics bagi sebuah blog

#1. Mengamati Pengunjung Blog Secara Real Time

Menggunakan Google Analytics untuk mengamati pengunjung secara real time, artikel yang sedang dibaca, lokasi pengunjung, sumber lalu lintas termasuk perilaku pengunjung per waktu.

Silahkan klik Real-Time >> Ringkasan



Tips Blogging: 3 Kelebihan Google Analytic, Website Statistik Blog yang Akurat
Ringkasan real-time pengunjung blog 

Pada bagian ini, akan terlihat jumlah pengunjung blog, lokasi geografis, kata kunci termasuk situs yang merujuk ke blog, dan artikel yang sedang dilihat pengunjung.

Saat ini, banyaknya pengunjung yang sedang berada di blog anda (real-time).
Tayangan halaman, durasi waktu pengunjung saat berada di blog anda.
Halaman aktif teratas, merupakan artikel paling atas yang sedang pengunjung lihat (real-time).
Rujukan teratas, merupakan rujukan darimana pengunjung berasal (bisa melalui search engine atau lainnya)
Traffic sosial teratas, rujukan pengunjung yang berasal dari sosial media (facebook, twitter, dan sebagainya)
Kata kunci teratas, merupakan kata kunci paling banyak yang menuju blog anda.
Lokasi teratas, artinya lokasi terbanyak dari pengunjung blog.

#2. Mengamati Karakter Pengunjung Blog

Google Analytics juga dapat membaca karakter pengunjung sebuah blog.

Silahkan klik Audiens >> Ringkasan

Tips Blogging: 3 Kelebihan Google Analytic, Website Statistik Blog yang Akurat
Grafik karakter pengunjung blog

☀ Sesi, periode waktu pengunjung yang secara aktif terlibat dalam blog anda.
☀ Pengguna, Jumlah total pengunjung blog dalam rentang waktu tertentu (ini dapat anda atur rentang waktu, termasuk untuk melihat pengunjung hari ini dan kemarin).
☀ Pengguna Baru, Jumlah pengunjung baru dalam rentang waktu tertentu.
Durasi sesi rata-rata, artinya durasi rata-rata dari pengunjung blog
Rasio Pentalan, Angka persentase lama pengunjung yang berinteraksi dengan blog anda. Artinya semakin kecil angka tersebut, maka semakin baik (pengunjung betah dan nyaman berada di blog anda). Ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, termasuk kualitas artikel, tampilan blog dan kecepatan loading blog. Silahkan baca cara meningkatkan kecepatan blog.
New Visitor / Returning Visitor, ini merupakan perbandingan antara pengunjung baru dengan pengunjung lama yang kembali ke blog anda. Artinya persentase tersebut menunjukan berapa besar angka pengguna baru yang muncul di blog anda, jika kurang dari 20% pengguna baru, artinya anda harus meningkatkan kualitas blog anda, baik kualitas artikel, tampilan demi kenyaman pengunjung dan sebagainya.

Anda juga dapat melihat demografi pengunjung, baik itu jenis kelamin, umur dan minat baca dari para pengunjung.

Silahkan klik Audiens >> Demografi  >> Ringkasan


Tips Blogging: 3 Kelebihan Google Analytic, Website Statistik Blog yang Akurat
Rata-rata usia pengunjung blog
Tips Blogging: 3 Kelebihan Google Analytic, Website Statistik Blog yang Akurat
Jenis kelamin pengunjung blog

Data ini sangat berguna bagi anda untuk menganalisa blog. Termasuk menganalisa pasar artikel anda. Sebagai contoh, dari grafik tersebut terlihat usia 18-24 sebesar 60% dan 25-34 sebesar 40%, termasuk jenis kelamin blog anda.

Data tersebut berguna untuk memasarkan blog anda, jika dari data tersebut lebih banyak pengunjung berumur 18-24, silahkan cari topik atau ide yang menarik di kalangan umur tersebut.

Begitu juga jika blog anda kebanyakan pengunjung perempuan dan memang ditargetkan untuk kaum perempuan, silahkan menulis artikel selanjutnya yang membahas tentang artikel perempuan.

Jika memang blog anda termasuk niche yang dikhususkan untuk perempuan tetapi dari data tersebut kebanyakan pengunjung laki-laki, maka segera perbaiki pasar anda. Termasuk tempat share artikel dari blog anda.

#3. Mengamati Sumber Lalu Lintas Blog

Ini juga sangat penting bagi para blogger, dengan menggunakan Google Analytics, anda dapat mengamati dan menganalisa sumber pengunjung sampai ke blog. 

Tips Blogging: 3 Kelebihan Google Analytic, Website Statistik Blog yang Akurat
Sumber lalu lintas pengunjung blog

☀ Direct, sumber pengunjung berasal dengan cara mengetikkan langsung alamat atau url blog anda pada browser
☀ Organic Search, merupakan pengunjung yang berasal langsung dari pencarian google (search engine).
☀ Social, pengunjung berasal dari media sosial seperti facebook, twitter, instagram dan sebagainya. Silahkan baca Cara meningkatkan traffic dari Twitter
☀ Referal, merupakan kunjungan yang berasal dari blog orang lain (atau backlink)

Artinya data ini sangat berguna untuk meningkatkan kualitas blog anda termasuk penghasilan blog anda.

Data ini dapat digunakan untuk mengetahui apakah pengunjung blog anda murni dari hasil pencarian google (search engine) langsung atau memang karena promosi dari media sosial yang anda gunakan.

Perlu anda ingat, bahwa dengan data ini dapat digunakan untuk mengetahui dan meningkatkan pengunjung dari search engine langsung.

Artinya jika pengunjung organic search anda tinggi, maka angka tersebut menunjukkan kualitas blog anda di mata google, sehingga anda tidak perlu mempromosikan blog kepada orang lain.


Itulah 3 Manfaat utama dari Google Analytics yang dapat anda gunakan untuk menganalisa blog demi meningkatkan kualitas artikel dan penghasilan. Sebenarnya masih banyak fungsi dari Google Analytics, tetapi 3 manfaat tersebut yang utama dan perlu anda ketahui terlebih dahulu.

Salam.
Owner Hailogue

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Tulis komentar