Minggu, 14 Juli 2019

3 Pantai di Pamekasan, Tempat Wisata Unggulan di Pulau Madura

3 Pantai di Pamekasan, Tempat Wisata Unggulan di Pulau Madura
3 Pantai di Pamekasan, Tempat Wisata Unggulan di Pulau Madura -Kabupaten Pamekasan merupakan salah satu daerah terpencil di kepulauan madura dan masih termasuk wilayah Provinsi Jawa Timur. Pulau madura sendiri memiliki 4 kabupaten yaitu Sumenep, Pamekasan, Sampang, dan Bangkalan.

Kabupaten Pamekasan menjadi daerah terkenal di pulau madura, bahkan warga Jawa Timur mengatakan bahwa Pamekasan merupakan tempat yang istimewa untuk dikunjungi. Kabupaten yang memiliki banyak keunggulan, sehingga tidak heran jika banyak orang yang menyebut Pamekasan sebagai kota religi, kota pendidikan, kota batik, termasuk daerah yang memiliki tempat wisata unggulan yaitu berupa pantai.

Suku madura memang sejak dulu dikenal dengan sifat religi, banyak pondok pesantren yang berdiri di daerah ini. Bukan hanya penduduk lokal yang menjadi santri, pemuda luar Jawa Timur banyak yang menimba ilmu dengan menjadi santri di salah satu pesantren yang ada di Pamekasan.

Selain memegang erat budaya santri, Pamekasan sangat menjunjung tinggi tentang Pendidikan. Sebagai kota pendidikan, Pamekasan memiliki standar tinggi terkait kurikulum mata pelajaran untuk warganya, baik disekolah maupun di tempat bimbingan belajar. Sehingga tidak heran daerah ini banyak pemuda pintar dan mendapatkan banyak beasiswa dan memenangkan perlombaan tingkat nasional dan internasional.

Pendidikan di Pamekasan seimbang dengan pengenalan budaya lokal, termasuk mengenal dan belajar membatik. Hal itu dibuktikan oleh Pemkab Pamekasan dengan mengadakan festival batik setiap tahun, selain itu berbagai sekolah di Pamekasan menjadikan batik sebagai mata pelajaran wajib bagi para pelajar.

Salah satunya, MAN Pamekasan yang menjadikan batik sebagai mata pelajaran bagi siswa sejak awal penerimaan siswa baru. Tidak heran jika sekolah ini mengadakan pameran batik setiap tahun dari hasil karya para siswa. Bahkan desain sekolah ini dikombinasikan dengan corak batik, termasuk tembok, pohon dan ruang kelas.

Betul yang orang katakan, Pamekasan memang sudah sejak dulu dikenal sebagai kota religi, pendidikan, dan budaya batik sehingga menjadikan daerah ini begitu istimewa. Bahkan Pamekasan merupakan kabupaten yang berbatasan dengan lautan, Sebelah utara berbatasan dengan laut jawa dan selatan berbatasan dengan selat madura, sehingga tidak heran jika terdapat beberapa tempat wisata unggulan yaitu berupa pantai.

#3 Objek Wisata Unggulan berupa Pantai di Pamekasan, Madura

Indonesia merupakan negara kepulauan dengan dua pertiga luas lautan lebih besar daripada daratan, sehingga menjadikan negara yang istimewa. Keistimewaan ini selain memajukan perekonomian, juga menjadi keindahan sendiri bagi Indonesia. Tidak heran jika Indonesia memiliki tempat wisata pantai yang tersebar di berbagai pulau.

Jika di selatan pulau Bali ada pantai Kuta yang menawarkan wisata hiburan yang tak pernah sepi, begitu juga dengan kota Bandung yang memiliki wisata Sari Ater, sebuah tempat wisata air panas yang ramai dikunjungi wisatawan lokal dan mancanegara.

Berbeda dengan Pamekasan, salah satu kabupaten di pulau madura yang memiliki 3 tempat wisata unggulan berupa pantai yang banyak orang tidak mengetahuinya. Sehingga cocok buat siapapun yang mau liburan ke daerah pantai di Pamekasan, Madura.

#1. Pantai Batu Kerbuy



3 Pantai di Pamekasan, Tempat Wisata Unggulan di Pulau Madura

Pantai Batu Kerbuy berada di Kecamatan Pasean, Kabupaten Pamekasan. Sebuah tempat wisata dengan pesona pantai yang cantik dan menarik, menjadikan pantai Batu Kerbuy ramai dikunjungi orang-orang.

Wisata ini dibuka 24 jam dan tidak perlu mengeluarkan uang untuk biaya tiket, sehingga bisa sepuasnya untuk menikmati keindahan pantai Batu Kerbuy.

Untuk menuju lokasi, sangat disarankan menggunakan mobil pribadi karena tempatnya sekitar 45 km dari pusat kota Pamekasan.

Di pantai batu Kerbuy, anda dapat menikmati pemandangan pantai, keindahan pohon cemara, termasuk naik perahu dan menikmati makanan khas Pasean, Madura.

#2. Pantai Talang Siring


3 Pantai di Pamekasan, Tempat Wisata Unggulan di Pulau Madura

Pantai Talang Siring berada di desa Montok, Kecamatan Larangan, Pamekasan. Salah satu tempat wisata yang sangat asri di Pamekasan dengan menyediakan berbagai fasilitas gratis bagi pengunjung pantai.

Jarak pantai Talang Siring sekitar 16 KM dari pusat kota pamekasan dan jam buka mulai pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB.

Untuk menikmati panorama pantai yang indah, sangatlah murah, pengunjung bisa menyewa perahu untuk menyaksikan pemandangan pantai yang ramai dengan perahu nelayan dan rimbunnya mangrove yang hijau.

#3. Pantai Jumiang


3 Pantai di Pamekasan, Tempat Wisata Unggulan di Pulau Madura

Pantai Jumiang berada di desa Tanjung, Kecamatan Pademan, Kabupatan Pamekasan. Pantai ini sangat cocok dijadikan salah satu tempat untuk menghilangkan penat akibat sekolah maupun kerjaan.

Seperti pantai yang lain, Pantai Jumiang tetap menjaga keindahan yang asri dari alam. Sehingga sangat cocok untuk mencari suasana tenang, nyaman dan ditemani bunyi ombak lautan. Pantai Jumiang juga cocok juga dijadikan tempat take shoot prewedding, dengan panorama biru yang terlihat dari atas bukit. 

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Tulis komentar