4 Pantai di Sumenep, Tempat Wisata Pulau Madura yang Ramai di Kunjungi Wisatawan

Rabu, 24 Juli 2019 : Juli 24, 2019

0 komentar

Pantai Tempat Wisata Sumenep Madura  -Pulau Madura menjadi salah satu pesona Indonesia dengan memiliki banyak tempat wisata yang berbasis kekayaan alam yang seringkali belum diketahui wisatawan, sehingga banyak orang yang belum menikmati keindahan alam di madura.

Pulau madura ini masih termasuk kawasan Provinsi Jawa Timur dengan 4 kabupaten, Bangkalan, Sampang, Pamekasan, dan Sumenep. Daerah Madura masih menjaga adat dan budaya mereka, termasuk beberapa tempat wisata yang dimilikinya, masih asri dan alami tanpa campur tangan manusia. Sehingga sangat cocok bagi pengunjung yang ingin liburan ke tempat wisata yang berbasis kekayaan alam berupa pantai, salah satunya pantai yang berada di daerah Sumenep, Madura.

Kecamatan Sumenep, Madura memiliki banyak tempat wisata, terutama wisata pantai yang memang menjadi kelebihan dari daerah ini. Terlebih Kecamatan Sumenep terletak di ujung Pulau Madura sehingga daerahnya dekat dengan pesisir pantai.

Maka dari itu, Kecamatan Sumenep sangat cocok untuk dijadikan tempat liburan untuk menikmati wisata pantai yang berbasis kekayaan alam. Nah berikut ini 4 pantai di Sumenep, Pulau Madura sebagai alternatif tempat wisata.

4 Pantai di Sumenep, Tempat Wisata Pulau Madura yang Ramai di Kunjungi Wisatawan

4 Pantai di Sumenep, Tempat Wisata di Pulau Madura yang Sering di Kunjungi Wisatawan

1. Gili Labak

Gili Labak merupakan pantai favorit banyak orang, tak heran jika keindahan pasir putih yang bersih dan halus menjadi tempat wisata yang trending di Pulau Madura. Terlebih pantai Madura termasuk pantai bagian selatan yang ombaknya tidak terlalu besar, sehingga Gili Labak menjadi tempat wisata yang aman di madura dan para pengunjung bisa menyelam untuk menikmati keindahan pesona terumbu karang. 

Gili labak termasuk tempat wisata yang baru muncul ke permukaan, mengingat tempatnya yang hanya seluas lapangan sepak bola sehingga tidak banyak orang mengetahui wisata ini. Sejak mulai dikunjungi banyak orang, tempat ini sudah mulai dilengkapi dengan infrastruktur yang lengkap.

Perjalanan menuju ke Gili Labak sekitar 4 jam dari arah tol suramadu, bisa menggunakan kendaraan pribadi atau menggunakan bus umum dengan tarif  sekitar Rp. 50.000, saja. Perjalanan tidak akan membosankan karena selama perjalanan bisa menikmati pemandangan pegunungan dan daerah pesisir pantai, karena pulau madura termasuk daerah pantai selatan.

2. Pantai Badur 

Pantai Badur merupakan tempat wisata di daerah pesisir Badur yang menawarkan keindahan alam pantai. Pantai badur di ambil dari nama desa setempat, yaitu Desa Badur, kecamatan Batuputih, Sumenep, Madura.

Wisata Pantai Badur berjarak sekitar 18 KM dari pusat kota Sumenep. Dari pusat kota, perjalanan bisa menggunakan kendaraan pribadi dengan waktu kurang lebih 30 menit ke tempat wisata.

Pantai Badur merupakan pantai yang sangat indah, dengan pasir yang berwarna putih menjadi sebuah pemandangan yang sangat cantik dibawah sinar matahari. Kepedulian masyarakat sekitar terhadap lingkungan sehingga membuat pantai sangat terawat dan selalu terjaga kebersihannya.

Di sisi barat Pantai Badur, terdapat air tawar yang mengalir dan membelah pasir putih. Air Tawar ini menyatu dengan air laut dan biasa dijadikan tempat anak-anak untuk bermain air. Air tawar yang mengalir masih cukup dangkal sehingga anak-anak bisa menikmati indahnya pantai tanpa bahaya.

Selain itu, Pantai Badur memiliki bebatuan yang tinggi layaknya di gua. Nah tempat ini biasanya dijadikan tempat berfoto dengan background gabungan keindahan pantai dan pegunungan. Pengunjung bisa menikmatinya sampai sore, dengan pemandangan senja yang begitu indah.

3. Pantai Slopeng

Pantai Slopeng merupakan pantai unik dan memiliki daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Sebuah pantai dengan pasir putih dan pasir hitam bercampur besi, sehingga di siang hari, pasir akan mengeluarkan cahaya yang menyilaukan mata akibat pantulan cahaya matahari.

Selain itu, pengunjung bisa menikmati pemandangan gunung pasir sebuah gundukan pasir yang tingginya mencapai 3 meter seperti sehingga warga setempat menyebutnya gunung pasir. Para pengunjung dapat duduk di gazebo yang terletak di gunung pasir sambil menikmati keindahan pantai. Dari atas gunung pasir, terlihat sampan-sampan nelayan yang sedang mencari ikan, pohon cemara udang dan juga pepohonan kelapa di sekitar tepi pantai.

Pantai Slopeng terletak di Jalan Ambunten, Kecampatan Dasuk, Sumenep. Perjalanan dari pusat kota Sumenep sekitar 21 KM. Selama perjalanan dari pusat kota, pengunjung dapat menikmati pemandangan indah pasir putih yang terbentang sepanjang 6 kilometer. Para pengunjung biasanya masih di dominasi oleh wisatawan lokal, tetapi ada juga wisatawan mancanegarav yang liburan di Pantai Slopeng.

4. Pantai Lombang

Wisata Pantai Lombang merupakan pantai yang wajib dikunjungi, dengan pesona pantai yang sangat indah. Pantai Lombang menjadi salah satu tempat wisata di Sumenep yang sering di kunjungi dan favorit bagi wisatawan lokal maupun asing.

Pantai Lombang terletak di Kecamatan Batang-Batang, Sumenep dengan jarak 26 KM dari pusat kota Sumenep. Pengunjung bisa membawa kendaraan pribadi dan jika bingung, bisa bertanya kepada penduduk lokal daerah pantai dan tidak perlu khawatir karena di Kecamatan Batang-Batang Sumenep ini, penduduknya sangat ramah terhadap para wisatawan.

Wisata pantai ini ternyata memiliki pasir putih yang tersebar seluar 12 km bahkan di sepanjang tepi pantai di kelilingi oleh pohon cemara udang dengan tinggi sekitar 4 meter. Disebut pohon cemara udang karena posisi pohon seperti membungkuk sehingga disebut pohon cemara udang.

Untuk pengunjung yang membawa anak kecil, tidak perlu cemas karena ombak yang berada di pantai tidak begitu besar dan tidak berbahaya jika mau berenang maupun snorkeling. Bahkan ditempat wisata ini tersedia tempat untuk menyewa perlengkapan renang, salah satunya ban pelampung.
Share this Article
< Previous Article
Next Article >

0 komentar :

© 2019 Hailogue ID - All Rights Reserved