Sabtu, 06 Juli 2019

#9 Langkah Daftar NPWP Online Terbaru 2019 dengan Sekali Daftar Diterima

#9 Langkah Daftar NPWP Online Terbaru 2019 dengan Sekali Daftar Diterima

Pengalaman diterima daftar NPWP dengan sekali daftar.  Cara membuatnya sangatlah mudah tetapi harus teliti dan detail supaya dengan satu kali pengajuan langsung diterima. Pendaftaran NPWP ini gratis tanpa biaya sedikitpun.

Pengalaman selama saya mendaftar NPWP online, saya baru ketiga kalinya bisa diterima. Kesalahan kecil seperti saat pengisian form yang harusnya itu terisi tetapi terlewatkan sehingga pengajuan NPWP tidak diterima.

Cara membuat NPWP dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu dengan daftar online atau langsung datang ke KPP (Kantor Pelayanan Pajak). Tetapi cara kedua mengharuskan datang ke KPP sesuai alamat KTP anda.

Sebenarnya anda bisa datang ke KPP di tempat tinggal sekarang, tetapi anda tetap mendaftar NPWP secara online dengan bantuan pegawai disana, karena pengajuan NPWP tetap harus disetujui oleh KPP yang beralamat di KTP anda.

Walaupun tidak semua KPP yang mau melayani, sehingga anda harus mengisi sendiri tanpa bantuan. Sebenarnya sangat mudah dan sekali mendaftar langsung diterima, asal mengisi formulir dengan tepat.

📌 Syarat Pembuatan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
👉 KTP (Wajib) dan jangan lupa di scan untuk di upload saat daftar online.
👉 Fotocopy KTP dan KK (Sebenarnya ini dibutuhkan ketika cetak kartu NPWP anda) jika ingin cetak di KPP tempat anda berada.
👉 Untuk yang belum mendapatkan pekerjaan atau baru melamar kerja, tetap bisa mengajukan NPWP secara online. Ikuti saja langkah yang ada.

#9 Langkah Daftar NPWP Online Terbaru 2019

👉 Pertama, anda harus membuat akun dengan mengunjungi website ereg pajak (https://ereg.pajak.go.id). Website tersebut merupakan tempat pendaftaran NPWP secara online yang dibuat oleh Ditjen Pajak. Untuk membuat akun ereg pajak, anda akan melalui 2 tahap pendaftaran agar bisa login ke dalam website tersebut.
#9 Langkah Daftar NPWP Online Terbaru 2019 dengan Sekali Daftar Diterima

👉 Jika masih baru dan belum pernah mendaftar sebelumnya, silahkan klik daftar. Maka akan tampil halaman seperti dibawah ini. Silahkan isi email dan captcha yang ada, kemudian klik daftar.

#9 Langkah Daftar NPWP Online Terbaru 2019 dengan Sekali Daftar Diterima
👉 Jika sudah, anda akan menerima email dari ereg pajak yang berisi link verifikasi pendaftaran untuk melanjutkan ke tahap 2. Silahkan cek email, termasuk di dalam spam, kemudian klik link verifikasi tersebut.

#9 Langkah Daftar NPWP Online Terbaru 2019 dengan Sekali Daftar Diterima

👉 Jika sudah, maka akan muncul formulir kedua. Silahkan isi semuanya, untuk jenis WP pilih pribadi (karena digunakan untuk pribadi). Jika sudah kemudian klik daftar.

Silahkan cek email dan klik link verifikasi tersebut. Maka pendaftaran akun ereg pajak sudah selesai.
#9 Langkah Daftar NPWP Online Terbaru 2019 dengan Sekali Daftar Diterima


👉 Silahkan login dengan email, password dan captcha. Biasanya jika login dengan laptop atau komputer, sering log out sendiri, anda bisa gunakan handphone saja. Jika sudah masuk dashboard, maka pilih menu permohonan dan klik bagian Pendaftaran NPWP.

#9 Langkah Daftar NPWP Online Terbaru 2019 dengan Sekali Daftar Diterima

👉 Anda akan mengisi Formulir Registrasi Data WP dengan sebanyak 9 nomor yaitu bagian Kategori, Identitas, Penghasilan, Alamat, Alamat Domisili (KTP), Alamat Usaha, Info Tambahan, Persyaratan, dan Pernyataan.

📍 Kategori
👉 Untuk kategori wajib pajak silahkan centang Orang Pribadi.
👉 Untuk bagian Status Pusat- Cabang, silahkan pilih Pusat.

📍 Identitas
Silahkan yang ada tanda merahnya di isi semua.

📍 Penghasilan
👉 Sumber Penghasilan utama dibagi tiga, yaitu:

  1. Pekerjaan dalam hubungan kerja 
  2. Kegiatan Usaha
  3. Pekerjaan Bebas

Silahkan centang pekerjaan yang anda pilih. Untuk anda yang belum memiliki pekerjaan, atau fresh graduate. Silahkan pilih nomor 1 saja lebih mudah (pilih bagian pegawai BUMN/BUMD atau PNS).

📍 Alamat (Bagian ini wajib di isi sesuai alamat KTP)
Pada bagian ini penting, isi sesuai dengan KTP. Perlu di ingat, untuk bagian RT/RW wajib diisi karena jika tidak maka permohonan NPWP anda ditolak. Sehingga wajib untuk mengisi bagian RT/RWsesuai KTP.

Untuk bagian kode wilayah, silahkan klik dan isi kelurahan dan kecamatan sesuai KTP dan klik search. Maka akan muncul alamat tersebut, silahkan klik pilih.

📍 Alamat Domisili (KTP)
Pada bagian ini, anda tinggal centang bagian (Sama dengan alamat tempat tinggal), dan isi nomor telepon tersebut (no hp anda).

📍 Alamat Usaha
Bagian ini tidak perlu di isi jika tab penghasilan tidak memilih kegiatan usaha, silahkan klik lanjut saja.
Nah jika sudah terisi, maka anda harus hapus karena form bagian ini hanya untuk yang memiliki penghasilan kegiatan usaha.

📍 Info Tambahan 
👉 Jumlah tanggungan, silahkan di isi dan jika tidak memiliki tanggungan, maka di isi 0.
👉 Kisaran penghasilan perbulan, silahkan isi dan harus realistis ya.

📍 Persyaratan
Nah pada bagian ini penting, karena anda harus mengupload scan ktp anda.

Pada bagian ini, ada pilihan unggah atau kirim manual. Jangan sampai anda mencentang bagian kirim manual, karena anda harus mengantarkan langsung fotocopy ktp anda ke alamat KPP didaerah anda.

Sehingga, anda centang bagian Unggah kemudian upload ktp anda dibagian bawah pada tulisan (Upload KTP disini). Jangan lupa, scan ktp harus jelas untuk memudahkan pihak KPP.

📍 Pernyataan 
Pada bagian ini, anda centang semuanya dan klik simpan.

#9 Langkah Daftar NPWP Online Terbaru 2019 dengan Sekali Daftar Diterima

Sampai disini belum selesai, langkah selanjutnya yaitu Minta Token dan Kirim Permohonan.

📌 Minta Token
Silahkan klik minta token, isi Capcha dan klik Submit. Token anda sudah dikirim ke email.

#9 Langkah Daftar NPWP Online Terbaru 2019 dengan Sekali Daftar Diterima
📌 Kirim Permohonan
silahkan klik kirim permohonan, centang semua pernyataan dan isi token yang sudah dikirim ke email anda. Kemudian klik kirim.

#9 Langkah Daftar NPWP Online Terbaru 2019 dengan Sekali Daftar Diterima


Status "kirim", artinya permohonan NPWP Online sudah terkirim. Anda hanya tinggal menunggu balasan via email terkait diterima atau tidak.

Untuk mempercepat proses permohonan, silahkan anda telpon kantor KPP agar segera di proses terkait permohonan NPWP anda.

Jika ditolak, anda bisa melihat alasan kenapa permohonan anda di tolak. Sehingga anda bisa melakukan permohonan ulang menggunakan akun yang sama dengan memperbaiki kesalahan yang ada.


Nah, jika sudah Diterima. Anda bisa mencetaknya di KPP tempat anda berada dengan membawa Fotocopy KTP. 

Semoga bermanfaat.

Salam, 
Owner Hailogue

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Tulis komentar