Cara Membuat Sub Domain Pada Blogspot di Niagahoster dengan Mudah dan Cepat

Minggu, 21 Juli 2019 : Juli 21, 2019

0 komentar

Cara mudah membuat sub domain blogspot di Niagahoster -Suatu ketika saya mendapat saran dari salah satu blogger untuk membuat sub domain dari blog ini, tetapi waktu itu saya bingung dan akhirnya saya mencari bagaimana cara membuat Sub domain di Niagahoster di Google.

Ketika saya search di google, banyak tutorial yang membuat ribet bahkan membuat saya bingung dan akhirnya saya menemukan caranya sampai saya menulis artikel ini. Blog ini ada dua sub domain dengan niche bule, sekali kali ingin merasakan dan mengetahui bagaimana mengurus blog bule atau blog berbahasa inggris.

Nah tutorial ini tidak hanya berlaku bagi pengguna layanan Niagahoster, tetapi cara mudah membuat sub domain blogspot ini bisa dilakukan untuk layanan domain atau hosting lainnya, rumahweb, jagoanhosting, 000webhost, dan layanan yang lainnya.

Cara Membuat Sub Domain Pada Blogspot di Niagahoster dengan Mudah dan Cepat

Apa itu subdomain?

Nah sub domain merupakan domain yang tidak berdiri sendiri, artinya masih menjadi bagian dari domain induk atau domain utama. Sebagai contoh, domain saya adalah hailogue.com, nah sub domain tambahan dari domain tersebut yaitu math.hailogue.com atau campus.hailogue.com. 

Kelebihan sub domain?

#1. Sub domain untuk domain tersebut tidak perlu bayar lagi ataupun biaya tambahan, sub domain gratis.
#2. Jika domain utama sudah tayang adsense, maka di blog subdomain juga bisa menampilkan iklan tanpa add review ads/iklan. Jadi subdomain tinggal di tambahkan di bagian domain utama di Adsensenya. 
#3. Subdomain caranya sangat mudah dan bisa lebih dari subdomain dengan gratis dan seperti blog biasanya.

Nah itulah pengertian dan kelebihan dari sub domain. sekarang bagaimana cara membuat sub domain blogspot di Niagahoster, caranya sangat mudah dan cepat. 

Cara membuat sub domain blogspot

Nah karena saya mau membuat sub domain dari blog ini, kebetulan saya menggunakan layanan domain di niagahoster.co.id dan pada tutorial ini saya memberikan contoh bagaimana cara membuat sub domain dari domain blogspot.

#1. Silahkan login dan masuk ke dashboard niagahoster.

#2. Di bagian Layanan Anda, pilih Domain dan klik Kelola. Seperti gambar dibawah ini.

Cara Membuat Sub Domain Pada Blogspot di Niagahoster dengan Mudah dan Cepat


#3. Setelah masuk di Pengaturan Domain, Pilih DNS Management dan Klik Add New Record.


Cara Membuat Sub Domain Pada Blogspot di Niagahoster dengan Mudah dan Cepat


#4. Kemudian isi sebagai berikut;

Record Type: Pilih Cname
Subdomain: Isi nama sub domain, misalkan math. 
Hostname: ghs.google.com

Cara Membuat Sub Domain Pada Blogspot di Niagahoster dengan Mudah dan Cepat

#5. Selanjutnya simpan dengan klik save changes.

Sampai disini sub domain sudah selesai dibuat, kalau punya saya sub domain yang sudah di buat yaitu math.hailogue.com. Sekarang tinggal mengintegrasikan ke sebuah blog baru.

Cara memasang subdomain di blog blogspot blogger

Nah sekarang tinggal mengintegrasikan atau memasang sub domain ke blog baru atau blog lama di blogspot.

Silahkan masuk ke blogger dan di bagian Setelan >> Dasar. Di Publikasi bagian Alamat Blog klik Tulisan + Siapkan URL pihak ketiga untuk blog Anda.

Kemudian masukan sub domain (contoh: math.hailogue.com), kemudian klik simpan.

Sampai disini subdomain sudah terpasang ke blog anda, biasanya tidak langsung aktif, harus menunggu sekitar sehari atau paling cepat 5 jam sampai sub domain selesai di proses oleh pihak niagahoster.co.id.

Nah sudah selesai dan blog dengan sub domain siap digunakan. Jangan lupa untuk mengaktifkan status keamanan pada blog sub domain seperti domain utama, yaitu aktifkan HTTPS-nya, caranya juga terletak di bagian Setelan >> Dasar. 

Itulah langkah-langkah tentang cara membuat sub domain dari blog blogspot di Niagahoster.co.id, semoga bisa membantu buat para blogger yang ingin membuat sub domain dari domain utama.
Share this Article
< Previous Article
Next Article >

0 komentar :

© 2019 Hailogue ID - All Rights Reserved