Api Tak Kunjung Padam, Tempat Wisata Unik dan Langka di Pamekasan Madura

Selasa, 16 Juli 2019 : Juli 16, 2019

2 komentar

Api Tak Kunjung Padam, Pesona Indonesia -Bagi anda yang suka berpetualang tentu belum merasakan nikmatnya jika tidak berkunjung ke salah satu tempat unik yang ada di Kabupaten Pamekasan, Madura. Jika sebelumnya saya membahas tempat wisata unggulan Pamekasan yaitu berupa pantai, berbeda dengan tempat wisata yang satu ini. Saya membahas terpisah karena tempat wisata yang seperti ini belum banyak bahkan mungkin satu-satunya tempat wisata di dunia yang hanya ada di Pamekasan. Tempat wisata tersebut dikenal dengan nama Api Tak Kunjung Padam.

Api Tak Kunjung Padam, Tempat Wisata Unik dan Langka di Pamekasan Madura
Tempat wisata Api Tak Kunjung Padam ini berada di desa Larangan Tokol, Kecamatan Tlanakan Kabupatan Pamekasan, sekitar berjarak 4 KM dari pusat kota Pamekasan. Untuk anda yang ingin kesana, anda membutuhkan waktu sekitar 20 menit dari pusat kota dengan menggunakan motor atau mobil karena tempat wisata masih berada di lingkungan pusat perkotaan.

Kabar baiknya bagi anda yang berada diluar Pamekasan, seperti dari Sampang, Bangkalan bahkan dari luar Madura, akses menuju tempat wisata sangat mudah terutama jika anda dari Surabaya dan sekitarnya. Anda bisa melewati jalan tol suramadu dengan gratis dan perjalanan ke tempat wisata hanya membutuhkan waktu sekitar 3 jam. Tidak membutuhkan waktu yang lama dan tidak usah khawatir salah jalan karena akses yang mudah terutama bagi anda yang belum pernah ke Pamekasan, Madura.

Pesona Indonesia: Tempat Wisata Api Tak Kunjung Padam di Pamekasan Madura

Tempat Wisata Api Tak Kunjung Padam

Pesona Indonesia: Api Tak Kunjung Padam, Tempat Wisata Unik dan Langka di Pamekasan Madura

Api Tak Kunjung Padam menjadi tempat wisata yang sangat istimewa dan menjadi suatu kebanggan sendiri bagi warga Pamekasan, Madura. Api Tak Kunjung Padam merupakan tempat wisata yang masih berawal dari alam dan tentu dapat dikatakan sangat populer sebagai tempat wisata di Indonesia. Sebuah pemandangan api yang keluar dari dalam tanah yang tidak pernah padam meski di guyur hujan karena ini murni dari alam dan abadi sehingga warga Pamekasan menyebutnya dengan Api Alam.

Bagi para pengunjung yang ingin ke tempat wisata ini tidak perlu khawatir terkait keamanan karena Api Tak Kunjung Padam hanya menyala dari tanah yang sudah di kasih pagar sehingga api tidak akan menjalar dan ketika tanah di dalam pagar di gali, maka api akan semakin besar.

Berkunjung ke Tempat Wisata Api Tak Kunjung Padam

Pesona Indonesia: Api Tak Kunjung Padam, Tempat Wisata Unik dan Langka di Pamekasan Madura
Tempat wisata Api Tak Kunjung Padam merupakan salah satu tempat yang romantis terutama bagi anda yang mempunyai pasangan. Jangan lupa sebelum berangkat ke tempat ini, sangat disarankan untuk membawa jagung atau ikan. Karena selama menikmati keindahan Api yang terus menyala, anda bisa menggunakan semburan api untuk membakar jagung maupun ikan.

Jangan khawatir, api hanya menyala di dalam pagar, karena tanah yang diluar pagar walaupun di gali tidak akan mengeluarkan semburan api. Di tempat wisata  ini terdapat sekitar 60 titik api yang keluar dari dalam tanah. Selain itu anda juga bisa membeli berbagai cenderamata yang ada disekitar lokasi, mulai dari batik khas pamekasan, petis, sampai makanan tradisional khas madura. 

Harga Tiket dan Jam Buka

Setelah memasuki area tempat wisata, anda akan melihat pos penjagaansekaligus tempat untuk membayar uang tiket sebesar Rp. 10.000, dan anda masih harus menempuh perjalanan 1 KM untuk sampai di area parkir sekitar Api Tak Kunjung Padam.

Tempat wisata ini dibuka 24 jam dan sangat disarankan untuk datang di malam hari, karena siang hari api yang menyembur tidak begitu keliatan. 

Misteri Ki Moko

Menurut warga, adanya api tak kunjung padam ini berhubungan dengan cerita Ki Moko. Dimana alasan kenapa daerah tersebut memancarkan api yang tak pernah padam adalah berawal dari seorang pemuda bernama Hadagi yang sedang belajar agama islam di pulau madura, tepatnya di Pamekasan. Karena keteguhan dan kepandaiannya, Hadagi menyebarkan agama islam di berbagai desa termasuk di daerah Larangan tempat api yang tak kunjung padam tersebut dan orang sekitar memberikan julukan kepadanya yaitu Ki Moko.

Suatu ketika Ki Moko ingin meminang seorang wanita Palembang dengan sebuah mas kawin berupa mata ikan yang ia peroleh dari sungai timur, sejenis ikan lele atau disebut juko' Ketteng (bahasa madura).

Saat Ki Moko mau menikahi wanita Palembang tersebut, mas kawin yang berupa mata ikan itu berubah menjadi mutiara. Sehingga pernikahan segera dilaksanakan di daerah tersebut, karena saat pernikahan hari mulai gelap, Ki Moko mengambil tongkat dan ditancapkan ke tanah kemudian keluar api yang terus menyala sehingga sampai sekarang disebut Api Tak Kunjung Padam.

Kandungan Tanah Api Tak Kunjung Padam

Pesona Indonesia: Api Tak Kunjung Padam, Tempat Wisata Unik dan Langka di Pamekasan Madura
Selain berdasarkan cerita Ki Moko, terjadinya semburan api yang tidak pernah padam disebabkan karena adanya belerang yang bergesekan dengan O2 sehingga menyebabkan api menyala.

Begitu juga sudah pernah dilakukan penelitian untuk mengetahui kandungan gas dari tanah di tempat wisata tersebut, namun hasilnya nihil dan tidak ditemukan kandungan gas apapun yang membuat api terus menyala. 

Kawasan ini juga memiliki sumber air yang mengandung belerang, menurut warga air tersebut bisa menyembuhkan berbagai jenis penyakit. 

Sebenarnya api tak kunjung padam ini berada di 2 tempat dan masih dalam satu kawasan yang berdekatan. 2 tempat ini diberi nama dengan Apoy Lake' (Api laki-laki) dan Apoy Bini' (Api wanita).

Apoy Lake' berada di tempat yang sering dikunjungi oleh para wisatawan, sedangkan Apoy Bini' berada di dekat pintu masuk (letaknya di tengah sawah). 

Status Kepemilikan Tanah

Saat ini Api Tak Kunjung Padam semakin berkurang statusnya sebagai tempat wisata yang alami dan unik dengan semburan api yang terus menyala. Daerah sekitar wisata sudah menjadi tempat kumuh dengan ramainya rumah warga, termasuk peralatan rumah tangga mereka yang sangat berantakan dan semakin banyak penghuni di sekitar tempat wisata.

Pesona Indonesia: Api Tak Kunjung Padam, Tempat Wisata Unik dan Langka di Pamekasan Madura

Sampai saat ini Pemerintah Pamekasan tidak bisa berbuat lebih bahkan untuk mengembangkan wisata tersebut terhenti akibat status kepemilikan tanah yang masih atas nama perorangan yaitu milik warga setempat. Sehingga sulit untuk dikembangkan dan dijadikan icon wisata unggulan bagi kabupaten Pamekasan, Madura. Padahal tidak ada lagi tempat wisata yang seperti Api Tak Kunjung Padam, berbeda dengan tempat wisata pantai yang hampir di seluruh provinsi memiliki tempat wisata yang serupa.

Jika pemerintah Pamekasan mengetahui potensi besar dari tempat wisata tersebut, terlebih warga sekitar mendukung untuk mengelolanya, maka Pamekasan akan memiliki aset besar untuk mempromosikan Madura dan daerahnya kepada Indonesia bahkan dunia dengan perancangan kawasan pariwisata berbasis kekayaan alam yaitu Api Tak Kunjung Padam.
Share this Article
< Previous Article
Next Article >

2 komentar:

© 2019 Hailogue ID - All Rights Reserved