Wisata Religi Sejarah Islam di Makkah dan Madinah, Tempat Destinasi Para Jamaah Umroh

Senin, 29 Juli 2019 : Juli 29, 2019

0 komentar

Wisata Religi Sejarah Islam di Makkah dan Madinah -Tempat Ibadah umroh tentu sudah tidak asing di dengar terutama bagi warga negara yang mayoritas islam seperti Indonesia yang pada tahun 2019 tercatat sebanyak 849.000 orang melakukan ibadah umroh. Ibadah umroh ini merupakan sebuah kegiatan ibadah ke tanah suci di Arab Saudi yang bisa dilakukan kapan saja, berbeda dengan ibadah haji yang hanya setahun sekali, tepatnya bulan Dzulhijjah.

Wisata Religi Sejarah Islam di Makkah dan Madinah, Tempat Destinasi Para Jamaah Umroh
Saat ini, Umroh menjadi sebuah alternatif yang dilakukan banyak orang untuk ke tanah suci dalam waktu dekat. Umroh pun kini lebih mudah dilakukan dengan berbagai pilihan paket umroh yang sudah dikemas sedemikian rupa oleh biro umroh jogja yang biasa mempromosikan seputar fasilitas yang semakin variatif dan memudahkan bagi calon jamaah.

Nah, paket umroh Jogja yang sangat variatif bisa menjadi pilihan bagi para calon jamaah umroh  untuk menggunakan jasa travel umroh jogja yang menawarkan fasilitas dan layanan yang sangat menarik.

Nah kini umroh pun bukan hanya sekadar ibadah melainkan juga dikemas dalam bentuk wisata sejarah peradaban Islam di kota-kota suci, seperti Makkah dan Madinah. Sehingga para jamaah umroh nantinya bisa mengunjungi tempat indah dan bersejarah di sela-sela waktu ibadah umroh.

Nah berikut ini beberapa tempat destinasi religi sejarah Islam yang perlu jamaah umroh ketahui dan kunjungi.

1. Wisata Sejarah Islam di Mekkah

Wisata Religi Sejarah Islam di Makkah dan Madinah, Tempat Destinasi Para Jamaah Umroh
Kota Mekkah merupakan tempat yang memiliki wisata sejarah seperti Jabal Nur. Para jamaah selepas menunaikan ibadah umroh dapat mengunjungi Jabal Nur, sebuah gunung dimana Rasulullah pertama kali mendapatkan wahyu dari Allah SWT dengan perantara malaikat Jibril. Di gunung ini, tepatnya di Gua Hira, Rasulullah mengasingkan diri (berkhalwat) dari ramainya urusan dunia.

Selain Jabal Nur, para jamaah umroh jogja juga bisa mengunjungi destinasi religi yaitu Gunung Tsur atau Jabal Tusr.

Gunung Tsur merupakan tempat Rasulullah bersembunyi dari kejaraan kaum Quraisy yang hendak hijrah dari Makkah ke Madinah. Ketika kaum Quraisy tiba, mereka mengira bahwa Gua Tsur itu tidak pernah dimasuki orang karena banyak sarang laba-laba yang menutupi mulut Gua.

Rasulullah berhasil selamat dari kejaraan kaum Quraisy karena Allah SWT menjadikan kamuflase jaring laba-laba disekitar mulut Gue Tsur.

Selain itu, para jamaah juga bisa melihat langsung tempat Rasulullah berperang, Bukit Uhud saat perang Uhud, Suquq Lail tempat Rasulullah lahir dan Jabal Rahmah tempat Nabi Adam dan Siti Hawa pertama kali bertemu di dunia.

2. Wisata Islam di Madinah

Wisata Religi Sejarah Islam di Makkah dan Madinah, Tempat Destinasi Para Jamaah Umroh

Kota Madinah (Tanah Haram) merupakan kota suci selain Makkah dan menjadi kota para Nabi yang memiliki berbagai keistimewaan. Madinah (dahulu bernama Yastrib) merupakan kota Hijrah Rasulullah dan di kota ini masjid terakhir yang dibangun oleh Rasulullah bersama para sahabat.

Ketika di Madinah, Para jamaah dapat mengunjungi dan berziarah ke makam Rasulullah dan para sahabat yang berada di Masjid Nabawi. Selain itu, para jamaah juga bisa berziarah ke beberapa tempat religi seperti Madain Saleh atau Al Hijr dan Masjid Quba.

Madain Saleh atau Al Hijr

Al Hijr merupakan sebuah kota yang ditempati oleh umat Nabi Saleh As yang memiliki desain aksitektur yang indah. Kota ini dibangun dengan memahat sebuah gunung sehingga menjadi sebuah bangunan dengan desain monumental pada masanya.

Masjid Quba 

Para jamaah bisa mampir ke Masjid Quba, sebuah masjid yang pertama kali dibangun oleh Rasulullah dan menjadi masjid paling tua yang ada di dunia. Masjid Quba berjarak 5 KM dari kota Madinah.

Selain itu, ada beberapa tempat destinasi yang bisa di kunjungi oleh para jamaah umroh, yaitu Bukit Magnet atau Jabal Magnet dan Percetakan Mushaf Al-Quran.

Bukit Magnet atau Jabal Magnet

Bukit ini disebut Jabal Magnet oleh warga asli Madinah, sebuah bukit yang memiliki tanah putih (Manthaqotul Baido). Jabal Magnet berjarak 60 KM dari kota Madinah, Para jamaah dapat melihat pemandangan bukit yang sangat indah ciptaan Allah.

Percetakan Mushaf Al-Quran

Para jamaah pria bisa mengunjungi Percetakan Mushaf Al-Quran dan hanya dapat melihat dari balkon. Tahun 1405 H atau 1984 Masehi, Percetakan Mushaf Al-Quran ini dibangun dengan luas 4500 meter persegi yang berada di komplek Malik Fahd Madinah. Setelah selesai berkunjung, para jamaah bisa membawa pulang Al-Quran tanpa harus membelinya (gratis).

Itulah tempat wisata religi sejarah Islam yang ada di Makkah dan Madinah, tempat destinasi para jamaah umroh.

Nah, bagaimana? sudah siap untuk melakukan ibadah umroh sekaligus mengunjungi tempat destinasi religi bersejarah?

Untuk melakukan ibadah umroh, para calon jamaah jogja tidak perlu memikirkan perencanaan ke tempat tersebut, yang utama adalah persiapkan mental, fisik dan finansial.

Biaya haji dan umroh tidak sedikit, tak heran jika ibadah ini hanya diwajibkan bagi mereka yang mampu terutama mampu secara finansial. Tetapi tidak perlu khawatir akan biaya umroh yang terus naik.

Mulai sekarang segera memilih biro travel umroh jogja yang menawarkan berbagai keuntungan dan harga yang bervariatif dan nikmati kenyamanan para jamaah untuk beribadah ke tanah suci, Arab Saudi bersama rombongan travel umroh terbaik.

Selamat menunaikan ibadah umroh!

Salam,
Owner Hailogue
Share this Article
< Previous Article
Next Article >

0 komentar :

© 2019 Hailogue ID - All Rights Reserved