Group Mondragon, sebuah Koperasi bidang General Motor

Kamis, 08 Agustus 2019 : Agustus 08, 2019

0 komentar

Review Film Dokumenter Group Mondragon bidang General Motor -Group Mondragon adalah perusahaan besar yang beralih menjadi sebuah koperasi dan fokus dalam bidang general motor. Group Mondragon terdiri dari banyak koperasi dengan jumlah yaitu 120 koperasi. Hal ini yang sangat menarik, dimana koperasi ini terdiri dari koperasi industri, koperasi kredit, bahkan universitas dan juga sekolah dijadikan sebuah koperasi dan di dalamnya mempelajari tentang bagaimana sejarah koperasi. Hal itu yang sangat menarik dalam sebuah koperasi apalagi bagi karyawannya, bagi mereka koperasi ini sudah seperti rumah sendiri.

Group Mondragon, sebuah Koperasi bidang General Motor

Mereka yang bekerja di koperasi Mondragon berasal dari orang sosio, anggota koperasi sendiri dan mereka bisa menjadi co-founder pabrik. Semua di pabrik ini menganggap sama, sebagai mitra sejajar, karena mereka semua menginvestasikan modal menggunakan uang pribadinya.

Hal ini berbeda dengan sistem kapitalis, dimana pemilik mengendalikan segalanya, dan pergi di saat keadaan buruk. Group Mondragon memiliki populasi 24.000 orang, dimana mereka saling mengenal, hal ini terjadi karena adanya koperasi dan sebagian besar dari mereka bisa saling mengenal.

Koperasi menjadi fondasi dalam pertumbuhan ekonomi dan koperasi Mondragon tetap berdiri karena adanya universitas yang bertindak sebagai departemen litbang gabungan dari semua koperasi yang ada. Di universitas ini mereka belajar dan memulai bisnis, sehingga menghasilkan banyak ide baru yang kreatif dan tentu menghasilkan sebuah koperasi baru.

Koperasi Mondragon memiliki prinsip sejajar dan solidaritas dan nilai itu ada dalam diri para karyawan. Mondragon juga memiliki Bank, yang bertindak sebagai pendukung dalam membangun koperasi baru dan memperbaiki yang sudah ada.

Group Mondragon ini tidak seperti perusahaan kapitalis, dimana saat mengalami masalah, mereka berdiri tegak dan menghadapi masalah secara bersama-sama, karena mereka menganggap perusahaan ini adalah miliki bersama. Walaupun di satu sisi mereka harus mengurangi upah yang mereka terima, tetapi memang itu yang menjadi salah satu pengorbanan mereka.

Hal yang unik dari koperasi Mondragon adalah tidak memecat karyawannya, tetapi memindahkannya ke koperasi lain. Karyawan sudah dianggap pegawai tetap dalam sebuah perusahaan besar dan ketika mereka tidak optimal bekerja di salah satu koperasi tersebu, mereka akan dipindahkan ke koperasi yang lain.

“ Bila bisnis itu bagus, anda bisa menuai keuntungan dan bagikan keuntungannya. Tetapi bila itu buruk, setiap orang harus berkontribusi. Itu adalah cara kerja koperasi”

1. Apakah menurut Anda model korporasi Mondragon lebih baik daripada model korporasi multinasional kapitalis pada umumnya? Jelaskan mengapa?

Menurut saya lebih baik model korporasi Mondragon, karena mengoposisi kepemilikan pribadi dan praktek kapitalisme di dalam operasi model seperti ini. Sehingga di dalamnya muncul roh kebersamaan dan beroperasi pada prinsip-prinsip sosialis dalam satu lingkungan yang non sosialis.

2. Jika anda jawab Ya, mengapa model korporasi koperasi belum menjadi model entitas bisnis yg utama di dunia maupun Indonesia?

Menurut saya tidak akan terjadi jika nilai kapitalisme seperti pengutamaan keuntungan pribadi, persaingan dan pengerukan keuntungan masih ada dalam sebuah koperasi. Hal ini tidak akan menjadi model bisnis yang besar dengan beragam budaya di Indonesia yang berbeda-beda prinsip. Kecuali semua orang yang ada di dalamnya memiliki semangat gotong royong layaknya masyarakat pedesaan yang masih kental dengan prinsip kebersamaannya.
Share this Article
< Previous Article
Next Article >

0 komentar :

© 2019 Hailogue ID - All Rights Reserved