LTM 1 MPKT A Universitas Indonesia

Minggu, 11 Agustus 2019 : Agustus 11, 2019

0 komentar

LTM MPKT 1 A Universitas Indonesia -Berikut contoh LTM 1 untuk mata kuliah MPKT A pada semester 1 atau semester 2 di Universitas Indonesia. Pada contoh LTM 1 di bawah ini kebetulan membahas tentang "Nilai-Nilai Pancasila dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara".

LTM 1 MPKT A Universitas Indonesia

Untuk LTM MPKT A sangat berbeda dengan LTM MPKT B. Pada LTM MPKT B biasanya disuruh untuk membuat peta konsep dengan disertai penjelasan singkat dari peta konsep tersebut. Untuk LTM MPKT A, lebih fokus terhadap ringkasan sebuah jurnal atau buku dengan format LTM yang berbeda.


Nilai-Nilai Pancasila dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara
Oleh nama, NPM

Judul: “Memperkokoh Nilai-Nilai Pancasila”

Pengarang: Tim Kajian Aktual LEMHANNAS RI

Data Publikasi: Jurnal Kajian LEMHANNAS RI, Edisi 14, Desember 2012 (110-121)

Apakah ada nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara? Pertanyaan itu yang muncul dan muncul lagi pada saat diskusi. Akan tetapi, belum ada jawaban. Tim Kajian LEMHANNAS RI menulis mengenai nilai-nilai Pancasila.

Kehidupan berbangsa pada dasarnya adalah cara kita hidup berbangsa. Dalam hal ini, melihat pada cara hidup yang menampilkan perilaku membina, memperbaiki dan membangun bangsa berdasarkan nilai-nilai Pancasila. Banyak tantangan dalam kehidupan berbangsa, yang datang dari bangsa Indonesia sendiri. (1) kecenderungan mementingkan kelompok sendiri; (2) lunturnya sikap cinta tanah air dan cinta bangsa sendiri; (3) menipisnya solidaritas dengan sesama warga sebangsa. Sedangkan ancaman hidup berbangsa yang datang dari luar Indonesia. (1) derasnya arus informasi dan budaya asing yang tidak sesuai dengan jati-diri budaya bangsa; (2) adanya upaya-upaya asing untuk memecah belah persatuan bangsa; (3) adanya kejahatan lintas negara yang dapat merusak kehidupan bangsa seperti terorisme, narkoba dan perdagangan manusia.

Tanpa identitas dan nilai-nilai bersama, bangsa Indonesia akan tercerai-berai akibat maraknya gejala kesukuan dan gempuran budaya asing. Identitas dan nilai-nilai bersama itulah yang disediakan oleh Pancasila. Dengan adanya pancasila, seluruh warga bangsa yang memiliki latar belakang beragam itu bisa menghayati kebersamaan.

Kehidupan bernegara pada dasarnya adalah cara hidup bernegara. Dalam kehidupan bernegara, banyak hal-hal yang harus kita lakukan sebagai warga negara Indonesia. (1) menjaga dan mempertahankan tegaknya Negara Kesatuan Rebuplik Indonesia; (2) menggunakan hak dan melaksanakan kewajiban sebagai warga negara; (3) berpartisipasi dalam berbagai proses dan tahapan penyelenggaraan negara secara bertanggung jawab. Ada beberapa tantangan hidup bernegara yang datang dari dalam negara Indonesia sendiri. (1) kecenderungan mementingkan daerah sendiri; (2) korupsi yang merajalela di berbagai sektor kehidupan negara; (3) masih rendahnya kesadaran hukum di kalangan penyelenggara negara maupun masyarakat.

Kondisi keanekaragaman negara Indonesia disatu sisi merupakan kekayaan; namun disisi lain, potensi menimbulkan konflik. Bahkan, potensi tersebut telah sering muncul menjadi kenyataan. Sehingga Pancasila berfungsi untuk mengatasi konflik tersebut. Dalam hal ini, Pancasila berisi nilai-nilai dasar sebagai landasan untuk mewujudkan kesatuan negara Indonesia. Berdasarkan fungsi itulah kita harus menyadari, menghayati dan melaksanakan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, sesuai perkembangan zaman. Hal itu membuktikan dalam kenyataan bahwa pelaksanaan kehidupan berbangsa dan bernegara, Pancasila telah membawa rasa aman dan mewujudkan kesatuan dan kesejahteraan bagi seluruh bangsa Indonesia.

Melihat pembahasan di atas, terlihat bahwa Pancasila merupakan pandangan hidup bangsa dan dasar negara Republik Indonesia. Kehidupan bernegara pada dasarnya adalah cara hidup bernegara. Dalam hal ini, merujuk pada cara hidup yang menampilkan perilaku membina, memperbaiki dan membangun bangsa berdasarkan nilai-nilai Pancasila.
Share this Article
< Previous Article
Next Article >

0 komentar :

© 2019 Hailogue ID - All Rights Reserved