LTM MPKT A Universitas Indonesia

Rabu, 07 Agustus 2019 : Agustus 07, 2019

0 komentar

LTM MPKT A Universitas Indonesia -Berikut contoh LTM untuk mata kuliah MPKT A pada semester 1 atau semester 2 di Universitas Indonesia. Pada contoh LTM di bawah ini kebetulan membahas tentang "Faktor Penghambat dalam Proses Pembentukan Masyarakat". 

Untuk LTM MPKT A sangat berbeda dengan LTM MPKT B. Pada LTM MPKT B biasanya disuruh untuk membuat peta konsep dengan disertai penjelasan singkat dari peta konsep tersebut. Untuk LTM MPKT A, lebih fokus terhadap ringkasan sebuah jurnal atau buku dengan format LTM yang berbeda.

LTM MPKT A Universitas Indonesia

Berikut contoh LTM MPKT A Universitas Indonesia



Faktor Penghambat dalam Proses Pembentukan Masyarakat
Oleh Nama, NPM
Judul: “Masyarakat Warga dan Problem Keberadaban”
Pengarang: Agus Sudibyo
Data Publikasi: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Volume 14, Nomor 1, Juli 2010 (23-46)

Apakah ada faktor penghambat dalam proses pembentukan masyarakat? Pertanyaan itu yang muncul pada saat diskusi, tapi belum ada jawaban dari pertanyaan itu. Agus Sudibyo, menulis dalam jurnalnya mengenai masyarakat dan keberadaannya.

Menurut (Locke dalam Agus, 1632-1704), Masyarakat warga pertama-tama adalah keluarga, lalu menjadi komunitas warga, meningkat menjadi masyarakat politik dan berujung pada terbentuknya institusi formal negara. Masyarakat warga atau political society dibentuk dengan tujuan yang spesifik: menjamin hak milik pribadi dan melakukan penertiban sosial dengan menjatuhkan sanksi bagi para pelanggar peraturan. Di satu sisi, (Hegel dalam Agus, 1770-1831), menjelaskan bahwa Negara yang terbentuk berdasarkan murni pertimbangan memenuhi kebutuhan-kebutuhan warganya. Masyarakat terbentuk karena adanya kesadaran bahwa pemuasan kebutuhan-kebutuhan individu tidak mungkin berlangsung begitu saja. Dan kita hanya dapat memenuhi kebutuhan kita melalui orang lain, yang juga hendak memenuhi kebutuhannya melalui kita. Keadaan inilah yang akhirnya menyadarkan setiap individu dari kita untuk memikirkan tindakan bersama. Mereka lalu mengadakan perjanjian di antara mereka sendiri untuk mendirikan lembaga yang berwenang mutlak untuk menata semua orang dan menuntut ketaatannya terhadap peraturan yang ada di masyarakat. Sehingga mereka menyerahkan semua hak alamiah mereka kepada masyarakat itu, kecuali hak untuk melindungi diri. Dari perjanjian itulah akhirnya lahir sebuah masyarakat. dan proses terbentuknya masyarakat biasanya berlangsung tanpa disadari yang diikuti hampir dari sebagian anggota masyarakat. Di dalam masyarakat terkadang dari masing-masing individu cenderung anarkis yang memang alamiah dari setiap karakter yang dimiliki masing-masing individunya sendiri. Dan hal itu yang menyebabkan baik buruknya suatu masyarakat.

Melihat pembahasan di atas, terlihat bahwa banyak pendapat mengenai terbentuknya masyarakat. Di satu pihak, masyarakat lahir secara alamiah yang hanya untuk memenuhi kebutuhan masing-masing individu yang masih membutuhkan orang lain; di pihak lain, dijelaskan bahwa setiap individu sangat mempengaruhi baik buruknya dalam proses pembentukan masyarakat.
Share this Article
< Previous Article
Next Article >
© 2019 Hailogue ID - All Rights Reserved