LTM PBL MPKT B Universitas Indonesia

Selasa, 06 Agustus 2019 : Agustus 06, 2019

0 komentar

LTM MPKT B Universitas Indonesia -Berikut satu contoh LTM PBL untuk mata kuliah MPKT B pada semester 1 atau semester 2 di Universitas Indonesia. Pada contoh LTM di bawah ini kebetulan membahas tentang Pembangunan Deep Tunnel dari Cawang sampai Pluit. 

Contoh LTM di bawah ini hanya sebagai gambaran saja. Peta konsep usahakan sangat detail, semakin panjang ranting pohonnya berarti semakin bagus dan mudah dipahami secara alur, sedangkan untuk uraian singkat harus menjelaskan dari peta konsep yang dibuat.

LTM PBL MPKT B Universitas Indonesia

Berikut contoh LTM PBL MPKT B UI

Judul LTM : Pembangunan Deep Tunnel dari Cawang sampai Pluit 
Nama : -----
NPM : 140xxxxx

Referensi :
https://scele.ui.ac.id/berkas_kolaborasi/konten/mpktb_2014genap/115.pdf
http://jakartapedestrian.wordpress.com/category/kualitas-infrastruktur/page/9/
http://green.kompasiana.com/iklim/2013/01/21/realistiskah-megaproyek-deep-tunnelitu--521541.html
http://www.skyscrapercity.com/showthread.php?t=1598358

Peta Konsep 

LTM PBL MPKT B Universitas Indonesia


Uraian Singkat:

Pembangunan Deep Tunnel dari Cawang sampai Pluit hampir sama dengan Smart tunnel yang ada di Kuala Lumpur. Volume air yang dapat tertampung di terowongan yang membentang antara Cawang sampai Pluit itu adalah 10 juta meter kubik. Sedangkan menurut BMG luas wilayah yang tergenang adalah 41 kilometer persegi , jika dirata-rata ketinggiannya mencapai 1,5 meter, air yang menggenangi Jakarta, itu artinya hanya 40% nya saja. Deep Tunnel dengan daya tamping 10 juta meter kubik itu hanya akan mampu menampung air untuk 6,25 jam saja.

Beberapa kajian mengungkapkan deep tunnel banyak menemui kendala, di antaranya SDM masih kedodoran dan kontur tanah yang lembek. Dari segi pembiayaan, pengerjaan deep tunnel dilakukan tanpa menggunakan APBD. Swasta diberikan keleluasaan untuk berinvestasi di mega proyek tersebut, yaitu dengan persentase 20% APBD dan 80% swasta atau 30% APBD dan 70% swasta. Pembangunan Deep Tunnel ini memiliki dampak yang besar terhadap lingkungan diantaranya pada stabilitas tanah sehingga bisa menyebabkan gempa dan lingkungan yang tidak stabil yang bisa mendatangkan bencana baru.


Demikian contoh LTM PBL untuk mata kuliah MPKT B di Universitas Indonesia. Semoga bisa membantu mahasiswa dan semoga mendapatkan nilai yang terbaik. 
Share this Article
< Previous Article
Next Article >

0 komentar :

© 2019 Hailogue ID - All Rights Reserved