Perhatikan Spesifikasi Laptop Anda Jika Tujuannya untuk Menginstal Android Studio

Jumat, 30 Agustus 2019 : Agustus 30, 2019

0 komentar

Spesifikasi laptop dan Android Studio -Bagi Anda pekerja atau penghobi coding, tentu sudah tidak asing lagi dengan aplikasi android Studio. Aplikasi ini merupakan fasilitas produksi aplikasi android mandiri bagi pengguna, dikenal dengan istilah IDE (Integrated Development Environment). Selain coding, fitur lain yang dapat Anda gunakan adalah perangkat lunak emulasi untuk uji coba jalannya aplikasi.

Perhatikan Spesifikasi Laptop Anda Jika Tujuannya untuk Menginstal Android Studio

Selain mengenali seluk-beluk aplikasi ini, penting bagi Anda untuk mengetahui spesifikasi laptop untuk Android Studio. Berdasarkan pemaparan di atas, Anda membutuhkan laptop yang kuat untuk coding dan running aplikasi sekaligus. Berikut daftar kebutuhan minimum instalasi Android Studio.

Kebutuhan Sistem Minimum Android Studio

Untuk beberapa sistem operasi di bawah, Android Studio memerlukan beberapa elemen sistem agar dapat beroperasi dengan baik. Standarnya, laptop yang digunakan telah memiliki Java Develoment Kit 6 dan resolusi 1280x800.

1. Mac

  • Minimum RAM 2GB namun performa terbaik pada 8GB
  • Minimum space disk 2GB, 4GB lebih direkomendasikan
  • Minimum MAC OS X 10.8.5 


2. Windows

  • Minimum RAM 2GB namun performa terbaik pada 8GB
  • Minimum space disk 2GB, 4GB lebih direkomendasikan
  • Minimum Microsoft Windows 7 hingga 10 

3. Linux

  • Minimum RAM 2GB namun performa terbaik pada 8GB
  • Minimum space disk 2GB, 4GB lebih direkomendasikan
  • Minimum GNU C. Library 2.11
  • Desktop GNOME/ KDE 
  • 64-bit yang masih dapat menjalankan 32-bit

Spesifikasi Laptop  untuk Android Studio

Agar sistem operasi dan aplikasi dapat berjalan dengan baik, maka perhatikan lima  di bawah ini. Beberapa hal yang harus dipenuhi adalah RAM, penyimpanan, prosesor, graphic card dan perangkat keras pendukung.

Beberapa rekomendasi ini kemungkinan mengeluarkan dana lebih banyak, hanya saja untuk pemakaian yang tahan lama, “resiko kalah membeli, menang memakai” harus Anda hadapi.

1. Prosesor

Spesifikasi satu ini adalah yang paling utama. Banyak pengguna menyarankan untuk meninggalkan prosesor i3. Gunakan prosesor i5 generasi ke 7, atau prosesor i7 ke atas untuk performa terbaik.

2. RAM

RAM yang besar digunakan untuk menyokong prosesor yang tinggi. Ukuran RAM yang direkomendasikan adalah 8GB atau 16GB. Sebenarnya 4GB sudah cukup untuk mengoperasikan Android Studio, akan tetapi perangkat Anda beresiko tidak akan kuat untuk bekerja terlalu lama.

3. Perangkat Penyimpanan

Salah satu spesifikasi laptop untuk Android Studio yang wajib diperhatikan adalah perangkat penyimpanan. Dibandingkan HDD, SDD (Solid State Drive) adalah perangkat penyimpanan utama yang lebih direkomendasikan walaupun harganya lebih mahal. Penggunaan SDD dapat meningkatkan performa kerja laptop dan memungkinkan proses booting lebih cepat.

4. Graphic Card dan Layar Monitor

Kedua perangkat ini wajib diperhatikan jika Anda seorang pengembang aplikasi game atau seorang gamer merangkap pengembang aplikasi. Graphic card yang direkomendasikan yakni External Graphic Card minimal 2GB.

Layar monitor 22” merupakan ukuran layar yang direkomendasikan untuk meningkatkan produktivitas kerja hingga 30%. Akan tetapi, tidak ada laptop seperti itu bukan, maka pilih laptop dengan layar besar (15”) dan resolusi minimal 1920x1080.

5. Keyboard

Sebagi pelengkap info spesifikasi laptop untuk Android Studio Anda, pertimbangkan pemilihan keyboard yang nyaman untuk aktivitas coding.  Gunakan keyboard yang nyaman bagi Anda, apakah yang tombolnya tinggi atau rendah.

Keyboard yang lebih besar memungkinkan Anda untuk mengakses numpad/numlock, beberapa function keys yang tidak ada di keyboard kecil dan aspek ergonomis yang lebih ramah.

Demikian 5 spesifikasi laptop untuk Android Studio yang dapat Anda perhatikan. Tidak ada salahnya mengeluarkan budget lebih besar demi kualitas kerja yang lebih baik. Pilih dengan cermat agar Anda tidak rugi.

Penulis, Fajrin
Pendiri AnakDagang.com
Share this Article
< Previous Article
Next Article >

0 komentar :

© 2019 Hailogue ID - All Rights Reserved