Tips Blogging dan 3 Cara Merawat Blog (Update Artikel Lama, Cek Broken Link, dan Backup Artikel)

Jumat, 02 Agustus 2019 : Agustus 02, 2019

2 komentar

Tips Blogging dan Cara Merawat Blog -Hai Blogger! Saya punya pertanyaan, apa yang Anda lakukan setelah bertahun-tahun ngeblog? Sudah berapa banyak postingan di blog Anda? Bagaimana cara menjaga keamanan, kesehatan dan meningkatkan kualitas blog Anda? Sudahkah Anda memikirkan hal itu?

Faktanya para blogger hanya sibuk untuk update artikel baru tanpa memikirkan kualitas artikel lama atau sekadar melihat dan mengupdate artikel lama. Bahkan mereka tidak memikirkan berapa banyak broken link dari kolom komentar atau dalam postingan blog mereka. Begitu juga mereka enggan untuk membackup artikel sehingga menyesal di kemudian hari jika blog dihapus google dan semua tulisan atau artikel hilang tanpa memiliki salinannya.

Sebagai blogger yang sudah lama terjun dalam dunia blogging, hal semacam itu jangan di anggap hal kecil atau tidak penting. Menjaga keamanan, kesehatan dan meningkatkan kualitas blog itu sangat perlu terutama bagi blog yang sudah bertahun-tahun dengan jumlah artikel yang banyak.

Tips Blogging dan 3 Cara Merawat Blog (Update Artikel Lama, Cek Broken Link, dan Backup Artikel)
Sebelum menyesal kehilangan pengunjung dan blog anda terhapus dari google, anda perlu melakukan 3 hal berikut yaitu Backup Artikel Blog, Cek Broken Link dan Update Artikel Lama.

1. Backup Artikel Postingan Blog

Pertama yang perlu para blogger lakukan adalah Backup Artikel Postingan.

Hal ini perlu dilakukan secara rutin terutama bagi blog yang sudah berumur dan postingan sudah banyak, sehingga sangat disarankan untuk membackup artikel.

Backup artikel adalah membuat salinan dari postingan blog sehingga mempunyai salinan dari semua artikel yang sudah di posting sebagai backup untuk mencegah artikel hilang dari blog atau blog di hapus.

Untuk cara backup artikel postingan blog sangat mudah, anda bisa menjadikan postingan blog menjadi file format pdf.

3 cara backup artikel blog dengan mudah dan cepat

A. Backup langsung dari akun Blogspot

Cara ini tanpa menggunakan software atau tools apapun, ini bisa di lakukan langsung di akun blogspot anda. Caranya sangat mudah karena ini merupakan fasilitas dari google bagi pengguna blogger/blogspot.

Silahkan masuk ke akun blogger

Kemudian pilih Setelan >> Lainnya

Pada bagian Impor & Backup, tekan Backup Konten.

Tips Blogging dan 3 Cara Merawat Blog (Update Artikel Lama, Cek Broken Link, dan Backup Artikel)

Keuntungan dari cara ini adalah semua artikel akan tersimpan dalam satu file berbentuk XML Dokumen dan ketika suatu saat blog terhapus, anda tidak perlu khawatir kehilangan artikel. 

Nanti file tersebut bisa di impor kembali pada sebuah blog baru atau blog lama anda. 

B. Menggunakan CTRL + P (Print) di Google Chrome

Cara ini sangat mudah, silahkan pilih dan kunjungi salah satu artikel yang mau di backup dan tekan Ctrl+P di keyboard. Pada bagian Destination, silahkan ubah menjadi save as PDF. seperti di gambar di bawah ini.

Tips Blogging dan 3 Cara Merawat Blog (Update Artikel Lama, Cek Broken Link, dan Backup Artikel)
Kekurangan dari cara backup artikel menggunakan ctrl+p di google chrome yaitu anda harus membackup satu-satu pada setiap postingan dan bentuknya dalam bentuk pdf dan tidak bisa di copy paste.

C. Menggunakan pdfonly.com

Silahkan kunjungi pdfonly.com

Silahkan pilih convert to PDF dan masukan salah satu url postingan yang akan di backup ke pdf.

Kekurangan dari cara backup artikel dengan pdfonly.com yaitu anda harus membackup satu persatu artikel postingan blog.

Dari 3 cara tersebut, memang yang sangat mudah dan gampang yaitu dengan fitur Backup Konten dari akun Blogger. Selain memang fasilitas gratis, tentu semua artikel sudah tersimpan dalam satu file tanpa membackup satu persatu pada setiap postingan.

2. Cek Broken Link Blog

Kedua yang perlu para blogger lakukan adalah dengan mengecek Broken Link pada Blog.

Kenapa anda perlu mengecek broken link? 

Fungsinya adalah untuk menjaga kesehatan blog dari spam maupun link yang sudah tidak berfungsi lagi, jika broken link dibiarkan dalam waktu yang lama, maka akan menurunkan kualitas blog di mata google.

3 hal yang menyebabkan broken link sebuah blog

a. URL Artikel Berubah
Jika anda mengubah url artikel atau alamat postingan blog, maka url yang lama akan menjadi broken link.

b. Domain Expired
Ketika mengganti ke domain tld, domain lama akan menjadi broken link. Atau domain blog lain yang ada di blog anda, sehingga itu perlu di hapus untuk menghindari broken link. Biasanya ini juga berada di kolom komentar artikel.

c. Profil Blogger 
Para blogger sering kali tanpa sadar menghapus profil blogger atau menggantinya, sehingga link tersebut menjadi broken link dan perlu di hapus.

Nah broken link kebanyakan terjadi di bagian postingan artikel maupun di kolom komentar, sehingga sangat perlu dilakukan cek broken link secara rutin untuk menghindari broken link yang menumpuk dan tentu sangat melelahkan.

Untuk mengatasi broken link, silahkan kunjungi cara mudah menghapus broken link blog

3. Update Artikel lama

Ketiga yang perlu para blogger lakukan adalah Update Artikel Lama.

Sebagai blogger terutama yang sudah lama menulis di blog, pasti sudah banyak pengetahuan dan wawasan dalam dunia blogging.

Mungkin sudah banyak para blogger yang memiliki postingan artikel ratusan bahkan ribuan, tetapi masih memiliki trafik blog yang tidak meningkat dan tidak sebanding dengan penambahan artikel.

Hal itu perlu diketahui bahwa anda harus mengupdate artikel lama yang banyak kekurangan atau perlu dilakukan update informasi yang relevan pada saat ini.

Semakin sering dan rajin menulis postingan baru, maka blog akan semakin banyak postingan dan postingan lama tidak tersentuh dengan optimasi dan update terbaru, sehingga artikel lama tersebut akan terkubur tanpa mendatangkan pengunjung karena dinilai sudah tidak relevan lagi.

Untuk mengatasi itu, sangat disarankan untuk melakukan update artikel lama dengan melakukan perubahan-perubahan yang sesuai dengan saat ini.

4 hal yang perlu dilakukan untuk postingan lama

1. Memperbaiki tulisan yang typo atau salah ketik

Hal ini perlu dilakukan walaupun terlihat simpel, mungkin tidak begitu keliatan tetapi untuk meningkatkan kualitas artikel blog usahakan untuk tidak ada kesalahan tata bahasa, susunan kalimat, kata/kalimat yang typo atau salah ketik pada setiap kata di postingan blog.

2. Mengganti judul postingan artikel jika diperlukan

Mengganti judul posting sangat direkomendasikan terutama judul posting yang tidak menarik, tidak SEO Friendly bahkan judul yang sudah tidak sesuai di masa sekarang.

Dengan mengganti judul baru pada postingan blog, maka artikel akan naik di pencarian google dan pengunjung juga tertarik dan mau klik artikel gara-gara hanya dengan mengubah judul postingan terbaru.

3. Menambah gambar atau link yang relevan 

Semakin banyak menulis artikel, bisa jadi artikel yang baru ditulis sangat berhubungan dengan artikel lama anda sehingga sangat perlu untuk di berikan link internal pada artikel lama dengan artikel relevan yang baru dibuat. Hal ini sangat berguna untuk optimasi SEO On Page sebuah blog.

Menambah gambar yang relevan juga sangat diperlukan, terutama artikel yang sama sekali tidak memiliki gambar didalam postingan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas artikel di pencarian google dengan bantuan search gambar.

4. Menambah update atau informasi lebih detail 

Silahkan berikan informasi lebih dalam dan detail pada artikel lama yang pembahasannya kurang mendalam, sehingga walaupun artikel lama, pengunjung bisa mendapatkan informasi terkini dan update dengan masa sekarang.

Anda bisa menambahkan quotes atau note di dalam postingan sebagai informasi bahwa postingan tersebut sudah dilakukan update. Informasi tanggal update anda bisa letakkan di awal postingan maupun di akhir postingan.


Demikian cara backup artikel blog, Cek Broken Link dan Update Artikel Lama. Jika ini di lakukan secara rutin, maka keamanan, kesehatan dan kualitas blog akan terjamin dan terjaga.

Salam,
Owner Hailogue
Share this Article
< Previous Article
Next Article >

2 komentar:

© 2019 Hailogue ID - All Rights Reserved