Mahasiswa Baru? 5 Tips Agar Sukses Kuliah, Yuk Ketahui!

Senin, 19 Agustus 2019 : Agustus 19, 2019

0 komentar

5 Tips Sukses Kuliah -Halo mahasiswa baru! Selamat sudah diterima dikampus favoritmu. Nah, pasti ada perasaan senang dan minder ya ketika menjadi mahasiswa baru. Tenang saja, untuk kamu mahasiswa baru, berikut 5 tips menghadapi perkuliahan, yuk disimak!

Mahasiswa Baru? 5 Tips untuk Kamu Agar Sukses Kuliah, Yuk Ketahui!

5 Tips untuk Mahasiswa Baru agar Kuliah Lancar dan Sukses

1. Cintai Jurusanmu

Nah untuk yang pertama, kamu harus fokus dan mencintai jurusanmu. Kuliah tidak seperti di sekolah, mata kuliah sudah mulai fokus pada satu bidang. Sehingga kamu perlu fokus dan mencintai jurusanmu.

Nah apasih maksud cintai jurusanmu?

Maksudnya adalah kamu harus nerima dan mulai menyukai jurusan yang kamu pilih. Karena selama kurang lebih 4 tahun, kamu akan mempelajari satu bidang yang fokus dan detail sekali. Sehingga kamu perlu mencintai dengan giat dan rutin mempelajari bidang jurusan tersebut. 

Nah, jadi tidak ada alasan kamu salah jurusan. Mulailah kuliah dan belajar dengan serius, penuh semangat dan yang pasti dengan perasaan senang.

2. Tentukan Target

Menjadi mahasiswa, IP atau IPK adalah target utama dalam bidang akademik. Jadi ketika menjadi mahasiswa baru, mulailah membuat target setiap semester dan target dalam 4 tahun (lulus). 

Gunanya untuk apa?

Jika kamu ingin meneruskan S2 dengan beasiswa atau melamar kerja, maka kamu harus menargetkan IP standar dari kampus S2 atau perusahaan yang kamu incar. Jadi target ini berlaku jangka panjang.

Nah ketika sudah mulai menargetkan IPK (Indeks Prestasi Kumulatif), maka kamu sekarang uraian bagaimana cara agar target kamu tercapai.

Buatlah target jangka pendek dalam 1 semester dengan poin-poin berikut ini.
  1. Jangan bolos kelas mata kuliah 
  2. Kerjakan semua tugas mata kuliah (targetkan nilai setiap tugas, misalkan diatas 95)
  3. Targetkan nilai UTS dan UAS setiap mata kuliah (misalkan diatas 90)
  4. Target IP tiap semester 3,8
Nah ketika sudah menargetkan hal itu, pasti akan mempengaruhi nilai IP kamu di setiap semesternya. Sehingga kamu harus konsisten dan bersungguh-sungguh untuk belajar agar target tercapai.

3. Say 'No' To Kupu-Kupu

Hal ini penting bagi kamu ketika menjadi mahasiswa baru. Menjadi mahasiswa bukan hanya tentang belajar akademik, bukan hanya tentang masuk kelas dan duduk manis menerima penjelasan dosen. 

Jika kamu begitu, sangat sayang kamu berada di kampus dan hanya jadi kupu-kupu.

Mulai sejak asal, kamu harus siap mengatakan 'NO' kepada KUPU-KUPU (Kuliah-Pulang-Kuliah-Pulang). 

Jadilah mahasiswa yang aktif. Ikutilah kegiatan yang disediakan oleh kampus, baik tingkat jurusan, fakultas maupun universitas. Nah kegiatan atau organisasi yang kamu pilih, sesuaikan dengan minat dan bakat kamu. Bahkan kamu bisa menanyakan kepada senior di jurusan maupun di kampus dan sharing terkait pengalaman mereka di organisasi kampus.

Nah apa manfaatnya aktif organisasi?

Manfaatnya banyak, selain menambah pengalaman baru. Kamu akan banyak mendapatkan teman baru (networking) bahkan bisa berkenalan dan berinteraksi langsung dengan orang eksternal kampus (perusahaan, masyarakat, pihak sponsor dan sebagainya).

Mulai sekarang, bahkan sejak mahasiswa baru. Ikutilah organisasi atau kepanitiaan dan katakan tidak pada kupu-kupu.

4. Mandiri 

Dunia kampus tidak sama seperti di sekolah. Sejak menjadi mahasiswa baru, kamu harus belajar dan wajib mandiri. Semua aktivitas di kampus dan organisasi, kamu harus mandiri. Bahkan ketika ada pr, kamu harus mandiri dan jangan sampai malas-malas. Dosen bahkan temenpun tidak akan perduli jika kamu tidak mengerjakan tugas. 

Apa dampaknya jika tidak mandiri?

Maka impian terkait IPK bagus dan sebagainya tidak akan terwujud. 

Sejak menjadi mahasiswa, kamu sudah harus lebih dewasa dan bertanggungjawab atas diri kamu sendiri.

5. Perbanyaklah Teman

Terakhir adalah perbanyaklah teman. Kamu tidak bisa mandiri sendiri di kampus. Butuh teman untuk berbagi pengalaman, bertanya tugas kuliah dan yang pasti untuk belajar bareng. 

Itulah 5 Tips Kuliah untuk Mahasiswa Baru. Semoga bermanfaat dan bisa menambah semangat terutama kamu mahasiswa baru.

Share this Article
< Previous Article
Next Article >

0 komentar :

© 2019 Hailogue ID - All Rights Reserved