Kevin Systrom Sang Pendiri Instagram Resmi Hengkang, Ini Alasan Sebenarnya

Selasa, 10 September 2019 : September 10, 2019

0 komentar

Miliarder asal San Fransisco, Kevin Systrom dikabarkan resmi mengundurkan diri dari platform Instagram yang ia dirikan bersama Mike Krieger. Berita ini pertama kali ia sampaikan secara resmi pada pertengahan Agustus 2018 lalu. Alasan utama sang pendiri Instagram ini hengkang tidak lain untuk rehat sejenak sebelum mencoba berinovasi kembali dan menghasilkan mahakarya lainnya.

Kevin Systrom Sang Pendiri Instagram Resmi Hengkang, Ini Alasan Sebenarnya
Bersama Mike Krieger, Kevin mendirikan Instagram yang awalnya diberi nama Burbn. Aplikasi cikal bakal Instagram itu dinilai terlalu banyak memuat fitur sedangkan Kevin menginginkan aplikasi sederhana yang bisa berbagi foto, kolom komentar dan tombol likes. Penyederhanaan aplikasi dan pergantian nama menjadi Instagram sebetulnya masih berkaitan erat dengan peran lembaga Baseline Ventures dan Andreessen Howowitz yang memberikan modal sekitar 500.000 dolar AS di tahun 2010.

Selang sebulan peluncuran, aplikasi berbagi foto tersebut berhasil diunduh sebanyak 1 juta pengguna di seluruh dunia. Bahkan, setelah Instagram diakuisisi oleh Mark Zuckerberg di tahun 2012, angka pengguna aplikasi tersebut pun bertambah hingga 1 miliar lebih di seluruh dunia. Keputusan Zuckerberg agar Instagram tetap dikelola oleh Kevin tidak lain karena Zuckerberg ingin Instagram dikelola secara independent tanpa terikat dengan Facebook.

Alasan Pengunduran Diri 

Meskipun alasan utama sang pendiri Instagram itu hengkang karena ingin rehat, tapi beberapa sumber lain menyebutkan alasan Kevin dan Mike hengkang adalah masalah internal antara induk perusahaan yaitu Facebook dan Instagram. Apalagi para petinggi kedua jejaring sosial tersebut dikabarkan sering beradu argumen beberapa tahun belakang terkait kepemimpinan Facebook terhadap Instagram. 

Dikutip dari sumber NBC, baik Kevin maupun Mike sama-sama tidak terima akan beberapa keputusan sepihak Zuckerberg yang terlihat lebih menguntungkan Facebook dan membuat Instagram merugi. Padahal saat akuisisi di tahun 2012, Zuckerberg menyatakan Facebook dan Instagram akan selalu berdiri secara independent tanpa adanya campur tangan induk perusahaan. 

Ada pula sumber lainnya yang menyebutkan bahwa Kevin sudah merasa bahwa misinya untuk mempopulerkan Instagram sudah terpenuhi, terlebih lagi setelah bergabung dengan Facebook yang ia rasa adalah ide brilian agar Instagram bisa berkembang lebih pesat seperti harapannya sedari dulu. Entah apa yang sebenarnya terjadi, karena hanya Kevin dan Mike sajalah yang tahu alasan pengunduran diri mereka dari platform ternama tersebut. 

Tips Sukses Ala Kevin Systrom

Kepopuleran jejaring social Instagram tentunya juga berimbas pada kehidupan Kevin. Bagaimana tidak, dari hasil kerja kerasnya selama hampir 8 tahun itu, Kevin berhasil meraih kekayaan hingga USD 1,4 miliar atau setara Rp 20,8 triliun dilansir dari Majalah Forbes. Kesuksesannya ini lantaran ia menerapkan prinsip “aturan 5 menit” yang mana ia hanya mengerjakan sebuah tugas hanya dalam waktu 5 menit saja. 

Menurut Kevin, tips ini sangat cocok bagi para karyawan yang kerap menunda-nunda pekerjaan. Akibat dari menunda pekerjaan itulah justru yang akan membuat kamu semakin terbebani. Para ahli juga sepakat akan aturan 5 menit yang biasanya disebut dengan efek Zeigarnik, dimana manusia cenderung mengingat tugas yang belum selesai mereka kerjakan. Karena waktu jauh lebih berharga, rasanya menggunakan waktu 5 menit untuk mengerjakan pekerjaan jauh lebih baik dibandingkan kamu menggunakan 5 menit untuk hal yang sia-sia. 

Itulah tadi beberapa ulasan mengenai sang pendiri Instagram, Kevin Systrom. Ingatlah, kesuksesan seseorang tidak bergantung dari omongan orang lain, tetapi dari dirinya sendiri. Apakah ia berani mengambil risiko atau tidak. Sama halnya seperti Kevin yang berani mengambil risiko dengan hengkang dari jejaring sosial yang ia dirikan. Informasi lainnya mengenai kehidupan Kevin Systrom bisa kamu cek melalui https://www.cekaja.com/info/cek-6-fakta-kevin-systrom-sang-pendiri-instagram/
Share this Article
< Previous Article
Next Article >

0 komentar :

© 2019 Hailogue ID - All Rights Reserved