Begini 3 Cara Mudah Mengisi Tinta Printer dengan Baik

Selasa, 26 November 2019 : November 26, 2019

0 komentar

Begini 3 Cara Mudah Mengisi Tinta Printer dengan Baik

Printer menjadi alat elektronik penting bagi Kamu yang suka mencetak dokumen. Hanya saja berulang-ulang menyebabkan tinta pada printer menjadi habis yang ditandai dengan tidak keluarnya cetakan atau hasil cetakan menjadi garis-garis.

Nah, ketika tanda tersebut terjadi pada inkjet printer, kamu perlu melakukan perbaikan pada aliran tinta infus printer. Bagaimana caranya? Yuk simak cara mengalirkan tinta infus pada printer yang benar!

Begini 3 Cara Mudah Mengisi Tinta Printer dengan Baik
sumber : phucanh.vn

Kelebihan dan Kekurangan Printer Inkjet

Sebelum mengetahui 3 cara mengalirkan tinta infus pada printer. Kamu perlu mengetahui kelebihan dan kekurangan printer inkjet.

Printer inkjet merupakan alat cetak kertas menggunakan tinta yang cara kerjanya dengan menyemprotkan tinta pada kertas melalui lubang pipa kecil. Teknologi pencetakan pada kertas ini menggunakan energi panas yang membuat gelembung tinta semakin panas jika menekan tinta hingga tercetak pada kertas. Hanya saja agar cetakan menjadi bagus dan tidak luntur, kamu harus menunggu tinta mengering setelah dicetak.

Begini 3 Cara Mudah Mengisi Tinta Printer dengan Baik
sumber : ilmupengetahuan.co.id
Dengan menggunakan printer inkjet, Kamu akan mendapatkan kualitas cetakan dengan resolusi yang lebih bagus. Selain itu harga untuk printer inkjet juga relatif lebih murah dibandingkan dengan jenis printer lainnya. Kamu bisa mencetak langsung menggunakan kamera atau media lain yang cocok dengan spesifikasi printer.

Hanya saja untuk mencetak dalam jumlah banyak, printer jenis ini tidak secepat mencetak menggunakan laser printer. Hasil cetakan juga harus menunggu kering terlebih dahulu agar tidak cepat luntur saat terkena cairan. Selain itu, karena ukuran catridge tinta yang relatif lebih kecil, Kamu harus sering mengganti agar kualitas cetakan semakin baik.

Cara Mengalirkan Tinta ke Printer Inkjet

Begini 3 Cara Mudah Mengisi Tinta Printer dengan Baik
sumber : pintarkomputer.org
Inkjet printer menjadi jenis printer yang cukup populer di Indonesia karena kemudahannya dalam mengisi ulang tinta. Meskipun banyak jasa pemasangan infus printer, Kamu bisa mengisi sendiri atau memasang selang infus untuk dialirkan ke head printer. Terlebih bagi pengguna printer yang sudah dimodif dengan meletakkan tinta printer di luar printer.

Tinta printer yang berada di luar printer akan lebih mudah diisi tinta tanpa adanya bantuan dari tenaga khusus. Hanya saja terkadang ada beberapa masalah, seperti adanya udara pada selang printer yang menyebabkan tinta printer tidak dapat mencetak di kertas. Hal ini dikarenakan rangkaian modifikasi yang tidak sempurna, sehingga menyebabkan adanya udara yang masuk ke dalam selang tinta.

Jika hal tersebut terjadi, Kamu bisa mengisi kembali tinta ke selang infus hingga udara dalam selang bisa keluar. Nah, agar masalah tersebut tidak terjadi pada printer inkjet kamu, berikut cara mengalirkan tinta ke printer yang sudah dimodifikasi sebelumnya:

1. Siapkan Tinta

Hal pertama yang harus Kamu lakukan adalah dengan menyiapkan tinta printer isi ulang yang sesuai dengan merek printer. Ada baiknya kamu mengecek tipe printer dan menyesuaikan dengan tinta yang Kamu beli agar tidak salah pilih.

2. Isi Ulang Tinta Printer

Sebelum kamu mengisi ulang tinta, ada baiknya kamu menjepit selang infus. Hal ini untuk mencegah tinta mengalir, sehingga kamu bisa membuka tutup tinta infus. Isi ulang tinta infus sebanyak 2/3 saja. Hal ini untuk memberi ruang udara pada tempat tinta. Jika sudah diisi, tutup tinta infus dan biarkan selama 5 menit.

3. Menyalakan Printer dan Komputer

Untuk mencoba hasil cetakan pada printer, kamu bisa mencoba dengan mencetaknya di kertas. Pertama, nyalakan printer dan buka dokumen pada komputer. Kamu bisa mencoba hasil cetakan pada kertas A4 atau HVS untuk melihat kualitas tinta yang sudah diisikan. Baca juga 3 penyebab laptop cepat panas dan cara mengatasinya

Dengan mengalirkan tinta ke inkjet printer secara benar akan menghindarkan masalah akibat terisinya udara pada selang infus tinta. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi kamu yang sudah memodifikasi tinta printernya.

Share this Article
< Previous Article
Next Article >

0 komentar :

© 2019 Hailogue ID - All Rights Reserved