Kenali Mengapa Terjadi Penolakan Klaim Asuransi

Kamis, 09 Januari 2020 : Januari 09, 2020

0 komentar


Sulitnya melakukan pengurusan klaim asuransi sudah menjadi sebuah momok tersendiri, bagi pemegang polis. Bahkan tak sedikit yang menjadikan hal ini sebagai keengganan untuk melakukan pembelian polis, entah itu mobil, kesehatan hingga perjalanan. Sebenarnya, sulitnya melakukan pengajuan klaim baik klaim asuransi online atau pun offline bisa disebabkan karena beberapa alasan.

3 Penyebab Ditolaknya Klaim Asuransi

Berikut 3 alasan ditolaknya klaim asuransi. 

1. Polis tidak aktif

Polis bisa berada dalam keadaan tak aktif karena berbagai macam keadaan. Polis yang tidak aktif ini juga sering disebut dengan lapse. Ini berarti pihak asuransi tak bersedia melakukan pembayaran klaim karena polis dalam keadaan tidak aktif.

Penyebab hal ini bisa disebabkan karena pembayaran premi jatuh tempo karena telah melewati masa tenggang. Tiap asuransi bisa memiliki waktu tenggang yang berbeda. Maksimal 45 hari. Jika kejadian terjadi sesudah masa tersebut, asuransi tak akan bertanggung jawab.

2. Klaim tidak mencakup dalam klausul

Polis dapat berisi kesepakatan seperti kriteria yang masuk dan tidak masuk ke tanggungan asuransi. Contohnya untuk asuransi kesehatan, ada beberapa penyakit yang tidak termasuk dalam polis. Contoh lainnya, di dalam polis tertera jika stroke adalah serangan serebratal vaskular yang memiliki sifat neurologis permanen bila dalam waktu lebih dari 24 jam. Namun bila dokter mendiagnosis si pemegang polis memiliki penyakit stroke tetapi dalam waktu kurang dari 24 jam, klaim tidak bisa dilakukan.

3. Pengajuan dilakukan lebih dari waktu yang telah ditentukan

Klaim bisa ditunda atau malah ditolak jika pengurusan klaim melebihi waktu yang sudah ditentukan. Asuransi pada dasarnya selalu memberi batas waktu untuk pengurusan. Jika lewat dari waktu tersebut, klaim akan ditolak. Contohnya klaim asuransi jiwa, memiliki batas waktu 30 hingga 60 hari. 

Melakukan pengajuan klaim, bahkan klaim asuransi secara online atau pun offline memang membutuhkan ketelitian sendiri. Sebenarnya selain asuransi, investasi juga menjadi hal yang penting untuk disiapkan. Anda bisa memilih investasi SBR di Tanamduit. Jadi, tak perlu kebingungan memilih asuransi dan investasi. 
Share this Article
< Previous Article
Next Article >

0 komentar :

© 2019 Hailogue ID - All Rights Reserved