Daftar Website Penyedia Stock Foto Gratis

Selasa, 21 Januari 2020 : Januari 21, 2020

0 komentar

Daftar Website Penyedia Stock Foto Gratis
Multimedia merupakan salah satu komponen terpenting dalam meningkatkan on-page SEO website. Baik itu dalam bentuk foto, illustrasi, atau bisa juga video. Namun kita sebagai owner blog terkadang kesulitan dalam mendapatkan stock foto gratis ataupun illustrasi. Karena mungkin beberapa dari kita ada yang tidak suka fotografi, tidak bisa membuat illustrasi, gear yang terbatas, dan lain-lain.

Di internet sendiri sebenarnya ada banyak sekali foto yang bisa kamu download dan upload lagi di website kamu. Namun jika foto tersebut punya hak cipta, bisa saja suatu saat nanti kamu di tuntun atas pelanggaran hak cipta. Apalagi jika kamu menggunakan foto tersebut untuk kepentingan komersil yang menghasil uang tanpa memberi tahu pemilik dari foto tersebut.

Jika kamu punya uang, kami sarankan jika kamu membeli di situs terkenal seperti shutterstock. Selain fotonya yang banyak dan kualitasnya yang bagus, juga punya lisensi yang jelas dan siap digunakan.

Namun masalah yang terjadi setiap ingin melakukan transaksi di shutterstock, kita membutuhkan kartu kredit ataupun paypal. Kartu kredit sendiri pengurusannya masih sulit di Indonesia. Namun kamu bisa menggunakan alternatif lain seperti menggunakan jasa shutterstock dimana kamu bisa membeli foto di shutterstock per foto menggunakan bank lokal Indonesia.

Dalam hak cipta, ada yang namanya lisensi creative commons. Dimana produk apapun yang menggunakan lisensi ini, artinya produk tersebut bisa digunakan kembali oleh siapapun baik untuk tujuan komersil ataupun non-komersil.

Karena itu jika kamu belum mampu membeli produk dengan lisensi berbayar, maka carilah foto dengan lisensi CCO atau creative commons. Dengan begitu kamu tidak perlu khawatir jika suatu saat nanti kamu di tuntut hak ciptanya.

Oke disini kami akan membagikan beberapa website yang menyediakan stock foto gratis dan bisa digunakan kembali.

Website Penyedia Stock Foto Gratis Dengan Lisensi Creative Commons

1. Kaboompics

Kaboompics menyediakan berbagai foto yang kualitasnya bagus tanpa ada biaya sedikit pun. Dan tentu kamu bisa menggunakan foto-foto yang ada disana untuk kebutuhan komersil. Namun yang perlu di ingat, kaboompics melarang keras penggunanya untuk mendistribusikan ulang atau menjual ulang seluruh konten yang ada di websitenya.

Selain itu Kaboompics juga menyarankan untuk para penggunanya agar memberikan backlink ke website Kaboompics jika memungkinkan. Karena dengan begitu kamu akan membantu perkembangan website Kaboompics dan Kaboompics akan semakin banyak menyediakan stock foto gratis.

2. Negative Space

Negatice space menawarkan berbagai foto baru setiap minggunya dari berbagai aliran atau kategori foto. Dan semua konten yang ada disana menggunakan lisensi creative commons hingga kamu bisa menggunakan konten tersebut untuk apapun.

Negative space juga memilik berbagai kategori mulai dari arsitektur, abstrak, hingga teknologi. Selain itu negative space juga menyediakan berbagai opsi pencarian seperti berdasarkan warna, copy space position, dan kategori.

Negative space menjadi opsi yang bagus jika kamu ingin mencari stock foto untuk website ataupun konten yang akan kamu buat.

3. New Old Stock

Jika kamu mencari foto black and white, new old stock merupakan situs pilihan yang tepat. Karena di situs ini kamu akan menemukan banyak sekali foto dengan aliran black and white. Kebanyakan foto-foto yang ada di new old stock adalah foto jaman dahulu dimana kamera hanya bisa memfoto warna hitam putih.

Di situs ini juga seluruh konten di dalamnya berlisensi creative commons yang artinya bisa digunakan kembali untuk kebutuhan komersil. Untuk detailnya kamu bisa membacanya di situsnya tentang aturan lisensi creative commons.

4. Stockpic

Situs ini merupakan situs buatan salah satu fotografer dunia yang bernama Ed Gregory. Dia mengupload foto baru setiap 2 minggu yang bisa kamu gunakan untuk kebutuhan komersil.

Untuk mencarinya kamu bisa melihat 100 foto terakhir berdasarkan kategori yang ada, setelah itu kamu bisa mendownloadnya. Lisensi yang digunakan pada situs ini juga creative commons hingga kamu bisa menggunakannya kembali.

5. Pixabay

Pixabay merupakan website yang menerima foto ataupun konten lainnya yang memiliki lisensi creative commons untuk selanjutnya diberikan ke publik. Seluruh konten yang ada di pixabay berasal dari berbagai kreator di seluruh dunia.

Di Pixabay sendiri ada berbagai jenis konten seperti fotom vektor, illustrasi, dan lain-lain. Kamu juga bisa memfilter pencarian kamu ke berbagai opsi seperti berdasarkan jenis media, orientasi, warna, dimensi, dan lain-lain.

Baca juga: Website Penyedia Template Premium Wordpress dan Blogger

Itu dia beberapa situs yang menyediakan berbagai stock foto secara gratis yang bisa kamu gunakan kembali untuk kepentingan komersil. Perlu di ingat juga untuk selalu membaca kebijakan lisensi dari masing-masing situs, karena terkadang ada beberapa situs yang memberi syarat tambahan secara khusus. Untuk itu jangan lupa untuk membaca kebijakan lisensinya.


Share this Article
< Previous Article
Next Article >

0 komentar :

© 2019 Hailogue ID - All Rights Reserved