4 Cara Memblokir Panggilan dan SMS yang Mengganggu (AMPUH)

Selasa, 25 Februari 2020 : Februari 25, 2020

0 komentar

4 Cara Memblokir Panggilan dan SMS yang Mengganggu (AMPUH)

Mempunyai ponsel adalah salah satu cara untuk mempermudah komunikasi tanpa harus terhalang jarak, waktu, dan biaya. Sayangnya, kemudahan ini tak selalu menguntungkan. Sebagai contoh; kamu tentu pernah merasa kesal karena di teror dengan sebuah SMS asing mulai dari iklan hingga penipuan? Atau bahkan mendapat panggilan tak dikenal dari pihak-pihak tak diinginkan seperti asuransi, kartu kredit, hingga mungkin, ehm, mantan kekasih?

Walaupun mungkin pesan maupun panggilan tersebut sama sekali tak dimaksudkan untuk mengganggu. Namun, kamu yang tak merasa berkepentingan tentu akan merasa terusik bila terjadi terus-menerus. Karena itu, sah-sah saja bila kemudian kamu berniat untuk melakukan pembatasan akses tersebut dengan cara memblokir.

Pemblokiran ini pun dapat dilakukan dengan berbagai cara, baik melalui pengaturan fitur maupun penggunaan aplikasi (pihak ketiga). Selengkapnya, berikut beberapa cara untuk memblokir SMS dan telepon.

4 Cara Blokir SMS dan Panggilan dengan Mudah

1. Melalui Kontak

Kalau pihak yang akan kamu blok ada di dalam daftar kontak, gunakan saja pengaturan bawaan kontak pada ponselmu. Jika nomor yang sering menghubungimu belum tersimpan, kamu bisa menambahkannya terlebih dahulu pada kontak ponsel.

Cara blokir sms dan telepon melalui kontak:
  • Bukalah kontak nomor tersebut (pastikan kamu menyimpan nomor tersebut)
  • Selanjutnya pilihan pengaturan dalam kontak tersebut, lalu pilih perintah blokir kontak atau sesuai dengan bahasa yang digunakan. 
  • Begitu kamu menyelesaikan langkah ini, nomor tersebut pun secara otomatis tak akan dapat lagi melakukan panggilan maupun pengiriman pesan (SMS) kepadamu.
Namun yang perlu diingat, pemblokiran melalui cara ini tidak terintegrasi dengan aplikasi lainnya seperti WhatsApp, Telegram, dan sebagainya. Sehingga pemilik nomor tersebut tetap dapat menghubungi kamu melalui aplikasi tersebut. Bila ingin benar-benar memutus kontak, kamu juga perlu memblokir nomor tersebut pada tiap-tiap aplikasi.

2. Melalui Riwayat Panggilan

Kalau nomor yang akan kamu blokir belum tersimpan tetapi ada dalam riwayat panggilan, lakukan saja melalui log tersebut. 

Pada menu Panggilan, klik nomor yang hendak diblokir, lalu pilih opsi blokir nomor. Sebelum sistem melakukan pemblokiran, kamu akan diminta untuk melakukan satu tahap konfirmasi saja.

Begitu mengklik perintah untuk memblokir, akan muncul notifikasi di layar yang berisi konfirmasi bahwa kamu akan melakukan pemblokiran terhadap nomor tersebut dan konsekuensi yang akan kamu dapatkan dari tindakan tersebut. 

Jika sudah yakin, klik saja tombol OK. Praktis, kamu pun terhindari dari panggilan maupun SMS dari nomor tersebut sampai kamu memutuskan untuk membuka pemblokiran tersebut di kemudian hari.

3. Melalui Pesan

Sering mendapat SMS yang berisi iklan atau bahkan penipuan? Tenang saja, kamu juga dapat mengatasinya agar tak lagi mendapatkan pesan dari nomor tersebut.

Caranya tak jauh berbeda dengan dua cara sebelumnya. 
  • Pada pesan atau percakapanmu dengan pengirim pesan, pilih menu pengaturan yang tersedia (biasanya disimbolkan dengan tiga buah titik yang berjajar secara vertikal, tetapi dapat berbeda sesuai jenis ponsel masing-masing). 
  • Setelah itu, pilih perintah blokir kontak
  • Kamu akan kembali mendapat notifikasi untuk konfirmasi sebelum menyelesaikan proses pemblokiran.
Pemblokiran dengan cara ini juga menutup akses pengguna nomor tersebut menghubungimu via telepon. Kamu baru akan kembali mendapatkan SMS atau panggilan kembali dari nomor tersebut jika melakukan unblock contact.

4. Melalui Aplikasi Lain

Selain tiga cara tadi, kamu juga dapat melakukan pemblokiran menggunakan aplikasi tambahan. Biasanya, metode memblokir dengan bantuan pihak ketiga ini memberi beberapa fitur tambahan lain seperti berikut.

Call Control

Aplikasi dari Call Control LLC ini memiliki ukuran sekitar 11 MB, sehingga pastikan bahwa kapasitas memorimu cukup untuk menampung sebelum mengunduhnya. Kamu bisa mendapatkan aplikasi ini secara cuma-cuma melalui PlayStore maupun AppStore.

Prosedur untuk melakukan pemblokiran melalui aplikasi ini sangat mudah, kok. Setelah terpasang, bukalah aplikasi tersebut. Kamu akan dipandu untuk menggunakannya.

Salah satu kelebihan lain yang dimiliki oleh Call Control adalah memungkinkanmu mengetahui identitas orang yang menghubungimu. Dengan demikian kamu pun tak memerlukan lagi aplikasi tambahan.

Seperti contoh, kamu sering mendapat panggilan dari sebuah nomor pascabayar Telkomsel yang terkenal bonafide dan profesional. Kamu dapat mengetahui nomor tersebut terdaftar atas nama siapa; apakah benar atas nama penelepon atau instansi yang diwakilinya; tanpa harus melakukan cek nomor Telkomsel lanjutan.

Mr. Number

Kalau mau yang lebih canggih dengan fitur lebih lengkap, cobalah gunakan Mr. Number. Aplikasi ini dapat digunakan untuk platform ponsel Android maupun iOS.

Mr. Number menawarkan fitur auto-blocking, memblokir, dan mengelompokkan nomor telepon ke dalam beberapa kategori, yakni suspected spam, hidden number, scam/fraud, international number, dan not in my contacts. Kamu akan menentukan sendiri apakah nomor yang diblokir masuk dalam kelompok hang up (pemblokiran dilakukan otomatis), voicemail (penelepon akan diarahkan ke kotak pesan suara), atau exceptions (nomor yang tidak dialihkan atau diblokir).

Bagaimanapun, siapa saja berhak untuk mendapat ketenangan pikiran dan batin. Salah satunya adalah dengan meminimalkan masuknya gangguan dari beberapa hal seperti telepon maupun SMS.

Keberadaan komunikasi seluler semestinya memudahkan seseorang untuk berkomunikasi dengan baik, bukan justru menjadi beban. Pun inovasi komunikasi seluler juga mempermudah seseorang untuk memenuhi kebutuhan lainnya.

Sebagai contoh untuk pembayaran tagihan air, listrik, internet, atau bahkan pembelian paket data dan pulsa, kini kamu tak perlu repot-repot pergi ke PPOB secara konvensional. Melalui berbagai e-commerce, kamu bisa menyelesaikan tanggungan tersebut dalam hitungan kurang dari lima menit saja.


Kamu dapat langsung membayarnya di e-commerce tersebut atau melalui portal e-commerce yang lebih besar seperti Shopback. Aplikasi semacam ini mewadahi berbagai e-commerce sehingga kamu dapat memilih mana yang lebih cocok dengan kebutuhan dan kenyamananmu.

Selain itu, aplikasi semacam Shopback juga biasanya memberi banyak kesempatan mendapat voucher dan cashback dari setiap transaksi yang dilakukan. Nantinya, saldo yang telah terkumpul dapat kamu gunakan untuk berbelanja, ditukarkan dengan uang, atau bahkan ditukarkan dalam bentuk pulsa. 
Share this Article
< Previous Article
Next Article >

0 komentar :

© 2020 Hailogue ID - All Rights Reserved