Cara Kerja Mesin Google Penelusuran, Ini Rahasianya

Jumat, 03 April 2020 : April 03, 2020

0 komentar


Kalian pasti bertanya kepada diri sendiri bagaimana sih cara kerja mesin pencari itu? Nah mesin pencari tersebut juga bekerja dengan cara menyimpan informasi tentang banyak halaman web yang tersedia di google, yang diambil langsung dari halaman WWW. Halaman tersebut juga diambil dengan web crawler atau biasa disebut dengan browser web otomatis yang dapat untuk mengikuti setiap link yang dilihatnya.

Tiap halaman yang berisi kemudian dianalisis guna untuk menentukan cara indexnya. Data masalah halaman web tersebut langsung disimpan dalam sebuah database raksasa untuk dipakai dalam pencarian berikutnya.

Untuk mesin pencari semacam Google, menyimpan semua atau sebagian halaman sumber ataupun informasi masalah halaman web tersebut.

Cara Kerja Mesin Google Penelusuran, Ini Rahasianya

Foto diatas ialah tempat penyimpanan database google search, jadi setiap kamu mencari sesuatu nantinya data tersebut akan tersimpan kekomputer raksasa itu.

Bagaimana Mesin Pencari Google Bekerja?

Saat sekarang ini siapa sih yang tidak mengetahui apa itu yang dinamakan Google. Hampir seluruh dunia dan disegala situasi telah mengetahui jenis mesin pencari yang satu ini.

Dan yang paling unik ialah hampir seluruh pekerjaan bisa kamu lakukan dengan bantuan dari mbah Google.

Dan yang paling bikin kaget lagi ialah waktu kalian mengetik sesuatu untuk melakukan pencarian, Google akan langsung menemukan apa yang sedang kalian cari saat ini.

Untuk kamu yang merasa penasaran bagaimana sih mesin pencari Google tersebut bekerja, miliyaran orang yang memakainya setiap hari, Kok bisa gitu ya?

Baca juga: Review Spesifikasi Oppo Reno3 Dengan Harga Rp5.199.900 

dikutip dari Impiangadget.com, salah satu mesin pencari google tersebut dimiliki oleh seorang Google Inc. Pertama kali dibangun oleh seorang Larry Page dan juga Sergey Brin pada tahun 1997. Setiap hari ada lebih dari miliaran hit yang terjadi di dalam sebuah website google dari seluruh dunia. Hal tersebut telah sangat cukup untuk menggambarkan kepada kita bagaimana dominannya mbah Google sebagai mesin pencari paling terbaik didunia.

Baru-baru ini tuh mbah Google meluncurkan sebuah website terbaru yang dinamakan “How Search Works”. Melalui situs tersebut, kamu dapat mengetahui betapa susahnya proses kerja dari layanan pencarian Google Search itu.

Dalam situs itu juga, kamu juga dapat menemukan berbagai grafik dan juga animasi yang sangat menarik. Melalui animasi tersebut, Google juga langsung berhasil menjelaskan proses pencarian dengan cara yang sangat mudah untuk dimengerti.

Secara garis besar, ada tiga buah langkah yang dapat dilakukan oleh sistem pencarian Google itu. Ketiga langkah itu ialah Crawling dan Indexing, Algoritma, dan juga Fighting Spam.

Sistem Google tersebut akan memulai proses pencarian dengan mencari kata yang juga diinginkan oleh pemakainya ke lebih dari 60 triliun halaman situs yang ada dalam dunia maya. Hal tersebut yang diberikan nama Crawling.

Crawling ialah proses waktu Googlebot atau dengan istilah (Robot, Bot atau Spider) adalah program yang dimiliki oleh search engine guna untuk melacak dan juga menjumpai link yang terdapat dari setiap halaman yang dijumpainya. Ada miliaran halaman yang tersimpan pada ribuan mesin.

Spider tersebut mengekstrak data yang ada pada setiap halaman dari setiap website dan langsung menyimpan dalam repositori mereka. Kemudian data tersebut dikirim ke dalam modul indexing, kemudian dipilah isi dari halaman itu dan langsung mengekstrak elemen kunci seperti tag judul, tag deskripsi, data tentang gambar dan juga link internal.

Kalau dilihat sekilas, cara kerja Google tersebut mirip dengan kebanyakan pengguna biasa. Mengunjungi situs tersebut lalu melusuri link demi link.

Ada satu hal yang sangat menarik disini, setiap pemilik website tersebut ternyata dapat mengatur dan juga membatasi Googlebot dalam mendatangi dan menelusuri website. Misalnya dengan mengatur halaman-halaman tertentu saja yang dapat dikunjungi. Ownet juga untuk menolaknya sama sekali untuk tidak dikunjungi oleh Googlebot.

Google pun mempekerjakan algoritma berbasis tautan untuk menentukan peringkat dari hasil pencarian tersebut.

Untuk hal itu, Google sendiri akan melakukan pengecekan popularitas link (berapa banyak link yang dimiliki halaman itu, dalam arti ada berapa banyak link dari situs lain yang mengarah ke halaman web itu), reputasi link yang mengarah pun juga diperhitungkan, apakah link yang mengarah ke halaman situs itu datang dari website yang memiliki popularitas yang tinggi atau tidak.

Jika datang dari website yang sangat populer, maka link itu juga akan memberikan efek yang sangat baik bagi halaman website tujuan, karena dapat untuk menjadi bahan pertimbangan google untuk meningkatkan peringkat halaman web itu.

Algoritma Google tersebut yang melakukan perhitungan skor berdasarkan link itu ialah algoritma PageRank. Algoritma itu juga sudah dipaparkan dengan sangat jelas oleh kedua co-founder di dalam jurnal ilmiah yang mereka resmikan pada tahun 1998. Penelitian dan juga jurnal inilah yang mendasari berdirinya perusahaan raksasa Google.

Oleh karena hal tersebut juga banyak orang berlomba-lomba memperbanyak backlink dari website yang sangat berkualitas menuju website mereka. Dari namanya, algoritma ataupun algoritmik ialah istilah dari matematika yang juga artinya sebuah proses perhitungan.

Namun, berbeda lagi dengan istilah dalam mesin pencari, algoritma tersebut juga mempunyai arti sebuah prosedur ataupun langkah demi langkah untuk diperhitungkan, pemrosesan data, dan juga penalaran otomatis.

Sesudah Googlebot menyelesaikan pekerjaannya dari mulai indexing dan juga crawling lalu menghitung berapa banyak situs yang mesti didatangi, seberapa sering spider itu merayap maka langkah selanjutnya ialah fighting Spam.

Google juga memiliki fitur buatan sendiri untuk menghapus dan juga bertarung dengan spam atau pesan sampah. Dengan kecanggihan mesin tersebut Google mampu memilih dan memilah-milah konten mana yang bermanfaat dan juga konten mana yang hanya berisi spam. Bahkan mesin itu juga dapat sekaligus menghapus konten yang sudah dianggap spam tadi.

Pada website resmi perusahaan Google, pihak Google juga menyebutkan kalau mendukung situs yang aman dan juga berguna. Berikut ialah sedikit pengumuman dari Google yang juga tertulis secara resmi di dalam situsnya:

Google juga akan memberikan peninjauan manual dan juga algoritme yang berkualitas untuk memastikan kalau website tersebut tidak muncul dalam hasil penelusuran melalui perilaku yang juga menipu atau manipulatif. Hal tersebut juga sangat penting terutama karena banyaknya website spam yang dapat membahayakan ataupun menyesatkan bagi pemakainya.

Website spam tersebut juga mencoba untuk menduduki peringkat teratas di dalam hasil penelusuran melalui teknik seperti terus mengulangi kata kunci, membeli backlink yang dapat melewati PageRank, ataupun menyertakan teks yang tidak terlihat di halaman. Spam juga sering kali memengaruhi keamanan dari situs tersebut.

Akhir-akhir ini, kami melihat sejumlah besar dari situs resmi yang sudah diretas, dengan banyak website menampilkan iklan Display yang juga menipu, yang juga mengarahkan pengguna ke dalam situs yang tidak ada hubungannya tanpa sepengetahuan mereka.

“Kami memiliki Pedoman Webmaster yang sangat mudah dipahami untuk menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan tindakan spam, dan memberikan proses yang sangat jelas untuk mengajukan banding atas penghapusan sesudah pelanggaran tersebut ditangani.”

Ada sedikit saran dari kami buat kamu yang mempunyai website dan juga masih galau apakah website milik kamu tersebut akan dijaring oleh software spider nya perusahaan google. Kamu jangan takut, tentunya kamu juga bisa mencoba untuk memasukan halaman situs kamu dalam mesin pencari google melalui google webmaster dan juga permudah google dengan membuat sitemap yang berisi link, judul juga tanggal pembuatan halaman tersebut, lalu kamu tinggal masukin ke dalam repositori google melalui google webmaster.

Kalau ke-3 langkah tadi telah kamu lakukan dalam mesin pencari, maka hasil pencarian yang dituliskan oleh kamu dengan kata kunci atau keyword tadi akan tersaji di urutan-urutan pertama sampai sesuai dan relevan dengan kebutuhan kamu sendiri sebagai pemakai Google sejati.

Seluruh proses penelusuran database dan juga pemilahan informasi di atas terjadi dengan super cepat, kamu cuma membutuhkan waktu sekitar 1/8 detik saja dari kamu menekan tombol “ENTER” sampai penyajian hasil pencarian tersebut ditampilkan.
Share this Article
< Previous Article
Next Article >

0 komentar :

© 2020 Hailogue ID - All Rights Reserved