Kenali 8 Gejala Umum Terinfeksi Virus Corona Covid-19 Terbaru

Selasa, 28 April 2020 : April 28, 2020

0 komentar

gejala virus corona

Kita tahu bahwa virus corona menjadi berita utama di seluruh dunia. Tak terkecuali di Indonesia, hashtag #dirumahaja menjadi andalan dan penyelamat bagi kita semua. Namun, sebenarnya apa sih virus corona itu? Apa saja gejala yang harus dicurigai? Simak pembahasannya berikut ini.

Setiap hari, pemerintah Indonesia mengumumkan secara resmi terkait update virus corona. Per tanggal 27 April 2020, data update virus corona di Indonesia yaitu 9.096 Positif, 1.151 Sembuh, 765 Meninggal dunia.

Melihat data tersebut, virus corona tidak bisa diremehkan. Walaupun tidak lebih berbahaya dari penyakit kanker, namun virus ini memiliki keunikan tersendiri, yaitu memiliki kecepatan penularan yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Maka dari itu, sangat penting bagi kita untuk mengetahui informasi tentang virus corona, baik gejalanya dan cara mudah agar tidak terinfeksi. Informasi ini tentu sangat berguna agar kita lebih hati-hati dan terlindung dari wabah virus baru ini.

Apa itu Virus Corona? 

Lalu apa itu virus corona? 

Istilah virus corona merujuk pada virus yang sering ditemukan pada hewan. Bahkan virus ini bisa menyebar ke manusia dan itu terjadi pertama kali pada tahun 1960-an. 

Saat ini, jenis virus corona yang mewabah adalah Corona Virus Disease 2019 atau COVID-19. Sebuah jenis baru dari virus corona yang belum diidentifikasi sebelumnya pada manusia. 

Covid-19 termasuk penyakit menular dan pertama kali ditemukan di Wuhan, China pada Desember 2019. Virus ini menyebar dengan cepat di wilayah lain di China. 

Pada awal 2020, Covid-19 sudah menyebar di beberapa negara lain. Bahkan hampir setiap benua terdapat negara yang terjangkit virus corona, baik di Asia, Eropa, Australia, Afrika dan Amerika. 

Pada manusia, virus corona menyebabkan infeksi pernafasan mulai dari flu biasa hingga penyakit yang lebih para seperti Middle East Respiratory Syndrome (MERS), dan Severe Acute Respiratory Syndrme (SARS). 

Terlepas dari kepanikan global dalam berita virus corona ini. Kita tidak mungkin tertular kecuali telah melakukan kontak dengan seseorang yang memiliki infeksi virus corona. 

Maka dari itu, yuk ketahui apa saja gejala yang harus dicurigai!

Gejala Virus Corona (Covid-19)

gejala virus corona covid 19

Semakin hari, update positif corona di Indonesia semakin tinggi. Tak heran jika banyak masyarakat yang mulai curiga terhadap keluhan yang dirasakan pada tubuhnya. 

Lalu, apa saja keluhan tersebut sebagai pertanda terinfeksi virus corona?

Sebelumnya, perlu diketahui bahwa setiap orang yang terinfeksi tidak selalu menunjukkan gejala virus corona seperti demam, batuk dan sesak napas. Beberapa orang yang terinfeksi menunjukkan gejala ringan bahkan ada juga yang tidak menunjukkan gejala sama sekali. 

Berikut beberapa gejala yang harus dicurigai terinfeksi covide-19:

1. Demam tinggi
Sejak awal wabah virus corona melanda di Wuhan, gejala yang paling umum dan banyak dialami (98%) adalah demam tinggi. 

Meskipun virus tersebut sudah mengalami mutasi, namun demam tinggi tetap perlu diwaspadai terutama jika mencapai suhu tubuh 37,8 derajat Celsius. 

2. Batuk dan Pilek
Jangan disepelekan jika kita mengalami batuk yang terlampau sering dalam sejam. Karena kategori batuk ini kemungkinan terinfeksi virus corona. 

Umumnya mengalami batuk kering dan terjadi secara terus-menerus. Bahkan lebih dari tiga kali dalam 24 jam/hari. 

3. Sesak Napas
Sesak napas merupakan salah satu gejala yang serius. 

Umumnya orang yang terinfeksi virus corona akan mengalami pneumonia. Dimana kondisi paru-paru dipenuhi dengan nanah dan cairan. Hal ini yang menyebabkan seseorang terinfeksi covid-19 dengan gejala mengalami sesak napas yang intens dan batuk yang menyakitkan. 


3 gejala diatas merupakan gejala yang bersifat umum dan sering dialami. Selain itu, ada 5 gejala lain yang patut dicurigai sebagai gejala terinfeksi virus corona, seperti:
  • Kelelahan
  • Berkurangnya indera penciuman
  • Berkurangnya indera pengecap
  • Sakit tenggorokan
  • Mata merah
Gejala-gejala diatas bukan untuk ditakuti atau semacamnya. Namun sebagai informasi dan bentuk kewaspadaan terhadap virus corona ini. 

Jika anda mengalami salah satu gejala diatas. Anda dapat berkonsultasi secara gratis dan mengecek risiko terpapas covid-19 di lima aplikasi. Sehingga anda tidak perlu repot-repot ke rumah sakit. 

Salah satu aplikasi yang bisa Anda gunakan yaitu Hailodoc, sebuah startup dibidang kesehatan yang meluncurkan shuffle card di platform-nya. Ada lebih dari 22 ribu dokter yang tergabung di Hailodoc. Dimana sebanyak 1.000 dokter dialokasikan khusus untuk memberikan konsultasi (telemedik) terkait Covid-19 ini. 

Selain itu, layanan cek risiko dan konsultasi gratis Halodoc tersedia di aplikasi Gojek. Nah ketika kita buka aplikasi, di halaman utama akan tersedia shuffle card yang bertajuk "apakah aku sehat?". Ketika shuffle card itu ditekan, kita akan diarahkan ke fitur chat Halodoc. Setelah itu, akan muncul beberapa pertanyaan yang harus kita jawab. Terakhir, tim Halodoc akan memberikan hasil cek risiko covid-19 berdasarkan tiga kategori, yaitu rendah, sedang dan tinggi. 

Nah, jika anda mengalami gejala salah satu gejala walaupun ringan. Segera konsultasikan ke Halodoc secara gratis. Hal ini untuk menghindari penyakit semakin parah dan juga terhindar dari wabah virus corona ini. 

Share this Article
< Previous Article
Next Article >

0 komentar :

© 2020 Hailogue ID - All Rights Reserved