Jenis Permainan Anak Tradisional yang Mendidik

Senin, 13 April 2020 : April 13, 2020

0 komentar

Jenis Permainan Anak Tradisional yang Mendidik

Indonesia sejak dulu terkenal akan permainan tradisional yang mendidik. Tak hanya mampu membuat anak gembiara saat memainkannya, permainan tersebut juga sarat unsur pendidikan.
Nah apakah ragam permainan ala tradisional yang penuh unsur pendidikan tersebut? Berikut ini daftarnya.

Jenis Permainan Anak Tradisional

1. Petak Umpet

Permainan ini sudah populer sejak dulu. Permainannya pun mudah dilakukan. Ada satu orang yang bertugas menjadi pencari, sedangkan pemain lainnya bertugas ngumpet. Anak yang bertugas mencari harus menemukan anak yang ngumpet. 

Biasanya permainan ini dilakukan pada sore hari. Sebelum Maghrib, biasanya permainan ini pun usai dan anak pun akan pulang ke rumahnya masing-masing. 

Permainan ini memiliki pesan mendidik, yaitu kejelian dalam memilih tempat untuk ngumpet atau sebaliknya menemukan orang yang  ngumpet. 

2. Kelereng

Permainan ini juga terkenal sejak dulu. Anak-anak suka memainkannya. Bahkan anak yang pintar bermain kelereng bisa mengumpulkan banyak kelereng karena sering menang. 

Permainan ini seru dimainkan. Oleh karena itu anak-anak pun suka memainkannya. Permainan ini memiliki unsur pendidikan yaitu kejelian dalam fokus dan mengarahkan pada sasaran. 

Saat anak membidik kelereng sasarannya, dia harus melakukannya sampai kena. Jika kelereng itu kena, maka kelereng itu akan menjadi miliknya. 

3. Lompat Tali 

Permainan ini juga seru untuk dimainkan. Minimal ada tiga orang yang harus memainkannya. Dua orang masing-masing akan memegang tali di salah satu sisi, sedangkan satu orang akan melompati tali yang diayun berputar-putar itu. 

Permainan ini selain seru juga berunsur olahraga. Karena kita dilatih untuk terus melompat tanpa terkena tali yang diayunkan. 

4. Egrang

Permainan ini juga menarik dimainkan. Memang tidak semua orang biasa memainkannya. Tapi kalau sudah bisa bakalan ketagihan. 

Kunci agar bisa memainkan egrang adalah keseimbangan. Anak akan berdiri di atas pijakan dua tongkat dan berusaha berjalan dengan menggunakan tongkat tersebut. 

Permainan ini sering dimainkan ketika perayaan Agustusan. Sering juga permainan ini dilombakan dan yang menang akan mendapatkan hadiah. 

Sesungguhnya Indonesia memang kaya akan banyak permainan. Kita bisa mencoba untuk melestarikannya lagi dengan mencoba sering-sering memainkan permainan tersebut. 

Kenali banyak permainan Indonesia lainnya dengan mencari di internet. Gunakan layanan internet cepat dari Smartfren agar browsing lebih lancar. Informasi lengkapnya bisa simak disini.


Share this Article
< Previous Article
Next Article >

0 komentar :

© 2020 Hailogue ID - All Rights Reserved