Tips Menulis Artikel Berkualitas untuk Penulis Pemula

Jumat, 17 April 2020 : April 17, 2020

0 komentar

Tips Menulis Artikel Berkualitas untuk Penulis Pemula

Apakah Anda ingin menjadi penulis artikel dan mampu menulis artikel berkualitas? Saat ini menjadi penulis artikel memang sangat menyenangkan, apalagi jika Anda mempunyai hobby menulis. Namun dalam menulis artikel tetap harus memperhatikan kualitas terutama bagi penulis pemula. Mengingat tujuan penulisan artikel tentu untuk umum dan menarik pembaca sebanyak mungkin.

Sebenarnya membuat artikel itu gampang dan mungkin hanya tinggal ketik maka artikel langsung jadi. Namun yang susah adalah membuat artikel tersebut menarik dengan tetap memperhatikan kualitas isinya. Hal inilah yang kerap kali dilupakan para penulis pemula dalam pembuatan artikel, sehingga artikel tersebut menjadi tidak berbobot.

Terlebih lagi jika Anda bergabung dengan perusahaan jasa penulis artikel SahabAtartikel dan menjadi penulis lepas disana. Maka harus mengutamakan kualitas terbaik agar klien merasa puas dan mendapatkan hasil artikel berkualitas. Untuk memudahkan Anda dalam membuat artikel berkualitas, maka ikuti beberapa tips mudah yang akan sangat membantu.

Tips untuk Penulis Pemula Jika Ingin Menulis Artikel yang Berkualitas

Tips Menulis Artikel Berkualitas untuk Penulis Pemula

1. Pelajari dulu karakter calon pembaca
Perlu Anda ketahui dalam menulis sebuah artikel harus dipelajari dulu siapa sasaran pembacanya. Jika sudah mengetahui siapa sasaran pembaca maka perlu dipelajari karakter dari calon pembaca itu sendiri. Hal ini terlihat sangat sederhana namun penting dalam menulis artikel berkualitas, karena setiap karakter pembaca gaya bahasa harus dibedakan.

2. Buatlah judul yang menarik dan boombastis
Menulis sebuah artikel memang harus berkualitas tidak hanya dari isinya namun juga dari judul. Pembaca selalu melihat judul terlebih dahulu baru isi dari artikel tersebut. Maka pembuatan judul harus dipikirkan secara matang dari awal dan harus menarik. Buatlah judul artikel boombastis, padat, tidak bertele-tele dan menggambarkan isi dari keseluruhan artikel.

3. Perhatikan isi artikel berbobot
Dalam menulis artikel berkualitas seorang penulis benar-benar harus memperhatikan isi artikel yang berbobot. Bagi Anda yang sudah terbiasa membaca artikel pasti bisa membedakan secara sekilas antara artikel berbobot dengan tidak. Anda sendiri pasti tidak suka membaca artikel yang tidak berkualitas, maka dari itu buatlah artikel dengan kualitas terbaik.

4. Periksa ulang tata bahasa dan ejaan
Sebagai penulis Anda harus memahami bagaimana ejaan yang benar dan bahasa baku dari Bahasa Indonesia. Selain agar artikel enak dibaca tentu penggunaan Bahasa Indonesia yang baku dan benar membuat artikel mudah untuk dipahami. Maka jika Anda sudah menyelesaikan penulisan sebaiknya periksa ulang tata bahasa dan ejaan demi membuat artikel berkualitas.

Hal-hal Lain yang Harus Dipelajari Penulis Pemula Jika Ingin Artikelnya Berkualitas

1. Paham tentang jenis-jenis artikel
Jenis-jenis artikel sangatlah beragam dan semua penulis harus memahami dengan detail termasuk bagaimana isinya, sebelum menulis artikel berkualitas. Jenis-jenis artikel antara lain:
- Artikel informatif
- Artikel review
- Artikel persuasif
- Artikel rewrite 
- Artikel deskripsi, dan lainnya

Tidak mungkin membuat artikel informatif dengan isi persuasif jelas membuat artikel tidak nyambung apalagi berkualitas.

2. Banyak membaca dari berbagai sumber
Sebagai seorang penulis Anda harus pandai dalam merangkai kata agar enak dibaca dan mudah untuk dipahami. Untuk menambah kosakata dan berbagai sumber dari penulisan maka sebagai penulis dituntut banyak membaca. Dengan membaca maka Anda akan lebih mudah memahami maksud dari sebuah artikel dan menulis juga tidak terlalu sulit.

Sebagai seorang pemula di dunia penulisan artikel Anda tidak perlu merasa malu atau minder untuk belajar. Semua penulis hebat dan profesional ini juga berawal dari para penulis pemula. Maka dari itu, jika Anda ingin menjadi penulis yang mampu menulis artikel berkualitas jangan pernah berhenti untuk belajar dan belajar.



Share this Article
< Previous Article
Next Article >

0 komentar :

© 2020 Hailogue ID - All Rights Reserved