5 Manfaat yang Kamu Dapatkan Ketika Belajar Online

Senin, 04 Mei 2020 : Mei 04, 2020

0 komentar

manfaat belajar online

Setiap orang berhak untuk mengenyam pendidikan. Di Indonesia, pendidikan bisa diperoleh baik dari sekolah maupun dari lembaga selain sekolah. Cara belajar pun beraneka macam, jika dulu belajar harus datang ke sekolah, kini tidak lagi.

Dengan adanya kemajuan teknologi, belajar dapat dilakukan dimana pun dan kapan pun, yaitu secara online. Ada banyak sekali kegiatan belajar online yang dapat dilakukan, baik itu kelas online formal, atau kelas online yang diadakan oleh para pakar di bidangnya.

Manfaat Belajar Online

Dan berikut ini, beberapa manfaat yang kamu dapatkan dengan belajar online:

1. Fleksibilitas

Dengan belajar online, hal utama yang akan kamu dapatkan adalah fleksibilitas. Baik fleksibilitas dalam waktu, lokasi, serta materi yang akan kamu pelajari. Tentunya, kamu dapat mengakses materi tersebut kapan saja. Ketika kamu sedang mood dan semangatmu sedang naik, inilah waktu yang tepat untuk belajar online. Karena di waktu ini, tentu materi yang kamu pelajari akan cepat dipahami. Jika materinya belum kamu pahami juga bisa membacanya lagi kalimat demi kalimatnya atau jika belum mengerti kamu bisa mempelajari kalimat dasar terlebih dahulu seperti belajar kalimat SPOK.

Kamu pun dapat mengaksesnya dimana saja, asalkan ada jaringan internet dan gadget yang kamu gunakan untuk belajar. Bisa di rumah, kafe, kamar, atau tempat yang menurutmu nyaman. Sehingga, kegiatan belajar akan lebih menyenangkan.

Selain itu, kamu juga lebih fleksibel dalam memilih materi yang akan dipelajari. Kamu bisa memulai dari materi yang mudah, atau justru yang sulit terlebih dahulu. Yang terpenting, materi masih menyambung satu sama lain, sehingga tetap runtut.

2. Biaya yang Efektif

Belajar online dinilai lebih menghemat biaya, karena kamu tidak perlu datang ke tempat belajar. Bayangkan, jika tempat belajar berada puluhan kilometer dari tempat tinggalmu, tentu akan membutuhkan biaya transportasi yang tidak murah. Selain itu, tentu akan lebih aman karena kamu tidak perlu pergi kemana pun. 

3. Pendekatan Personal ke setiap Siswa

Salah satu tantangan pengajar adalah memenuhi kebutuhan unik setiap siswa. Jika dalam satu kelas, tentu waktu tidak akan cukup untuk memahami satu per satu siswa dan menyesuaikan model pembelajaran yang pas. Namun di kelas online, pengajar dapat melakukan tanya jawab dengan siswa secara personal, sehingga lebih memahami model pembelajaran yang tepat supaya siswa lebih mudah memahami.

Selain itu, bagi mereka yang malu bertanya di depan banyak orang, belajar online dapat menjadi solusinya. Karena siswa dapat bertanya secara leluasa dengan pengajar tanpa harus malu. Karena tidak akan disaksikan oleh banyak orang.

4. Database yang Terpusat

Dalam kegiatan belajar online, semua informasi detail mengenai siswa disimpan dalam satu sistem yang terpusat. Dari sini, sekolah atau pihak yang memberi kelas online dapat mengakses data siswa. Mulai dari biodata, kelas yang diikuti, tugas, ujian, aktivitas pembelajaran, hingga status pembayaran dapat dipantau menjadi satu.

Oleh karena itu, selain memudahkan dalam kegiatan belajar mengajar, memudahkan juga dalam pengumpulan data para siswa. Dari data ini juga dapat digunakan untuk mengambil keputusan atau pendekatan khusus bagi siswa tertentu.

5. Mengajarkan Kedisiplinan dan Tanggung Jawab

Karena belajar online lebih fleksibel, maka dibutuhkan kedisiplinan, konsistensi, serta tanggung jawab yang besar. Selain itu, motivasi diri untuk disiplin dalam belajar juga perlu dilakukan. Karena, keberhasilan seseorang yang belajar online juga ditentukan dari kedisiplinan diri sendiri. Utamanya adalah disiplin mengenai waktu, tugas, serta materi yang dipahami. 

Itulah manfaat yang didapatkan dalam belajar online. Yang terpenting, kebutuhan akan akses internet dan gadget terpenuhi supaya belajar online dapat terlaksana dengan baik. Kamu juga bisa mencoba belajar online dan juga pengembangan diri melalui tambahpinter.com.
Share this Article
< Previous Article
Next Article >

0 komentar :

© 2020 Hailogue ID - All Rights Reserved