Mau Sewa Rumah? Ketahui 4 Hal Ini Agar Tidak Rugi!

Selasa, 26 Mei 2020 : Mei 26, 2020

0 komentar

tips sewa rumah


Jika belum memiliki dana untuk membeli rumah. Anda tidak perlu khawatir, sewa rumah menjadi alternatif yang tepat sebelum memiliki hunian sendiri.

Dengan menyewa rumah, anda bisa memilih hunian yang nyaman selagi mempersiapkan dana untuk membeli / membangun rumah sendiri. 

Sewa rumah sangat cocok bagi anda yang baru saja menikah dan mulai membangun rumah tangga sendiri. Namun, ada hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum mengontrak rumah. Hal ini supaya anda menemukan rumah yang tepat, baik secara harga, tempat dan faktor lainnya.

Nah, makanya simak beberapa tips yang perlu anda ketahui sebelum menyewa rumah. 

Tips Sewa Rumah yang Tepat

Tips ini sangat penting dilakukan agar Anda benar-benar mendapatkan rumah yang nyaman. Selain itu, proses sewa juga akan berjalan lancar tanpa adanya gangguan. 

1. Pilih lokasi yang tepat

Selain harga, lokasi hunian sangat penting untuk diperhatikan. Anda harus tahu detail lokasi rumah yang hendak Anda sewa. 

Sesuaikan dengan rutinitas yang biasa Anda lakukan. Mulai dari jarak ke kantor, kampus, sekolah serta jarak akses ke transportasi publik. Pilihlah hunian yang strategis dan sesuai keperluan sehingga tidak repot dikemudian hari. Jika anda salah memilih lokasi rumah, pada akhirnya hanya akan menambah biaya transportasi sehari-hari. 

Misalkan ingin sewa rumah jakarta utara, perhatian secara detail lokasi hunian tersebut. Baik jarak ke bandara, ke kantor, halte busway dan jalan tol. Pastikan rumah tersebut mudah dijangkau dengan transportasi umum dan dekat dengan aktivitas anda sehari-hari. 

2. Pilih skema pembayaran yang sesuai

Secara umum, ada dua pilihan pembayaran sewa rumah. Anda bisa memilih dibayar bulanan atau tahunan. Hal ini penting untuk anda ketahui sehingga bisa disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan.

Jika anda ingin menyewa rumah dalam jangka panjang dan belum berniat memiliki hunian sendiri. Anda bisa memilih sistem pembayaran tahunan. Namun jika anda sudah berencana memiliki hunian tetap dalam waktu dekat, pilihlah sistem pembayaran bulanan. 

Intinya disesuaikan dengan kebutuhan dan keadaan finansial anda. 

3. Periksa kesehatan rumah

Jika bangunan masih baru dibuat, mungkin anda hanya fokus terhadap desain rumah atau style ruangan. Namun, jika bangunan sudah tidak baru lagi, penting untuk melihat dan memeriksa "kesehatan" hunian secara teliti. 

Perhatian secara detail kondisi bangunan, mulai dari kontruksi rumah, bagian atap, dinding, serta kondisi interior-nya. Anda juga bisa menanyakan sudah berapa lama hunian tersebut dibangun dan sudah berapa kali diperbaiki. Sehingga anda bisa menilai apakah rumah tersebut layak untuk anda sewa atau tidak. 

Saran saya, jika anda sudah menemukan dinding retak, jendela rusak ataupun atap bocor. Segera hubungi pemilik. Jangan sewa sebelum semuanya diperbaiki. Bahkan anda berhak untuk membatalkan atau mengurungkan untuk tidak menyewa rumah tersebut. 

4. Memahami surat perjanjian

Surat perjanjian dibuat supaya tidak merugikan pihak penyewa dan pemilik properti. Hal ini perlu diketahui secara cermat disaat proses serah terima dan perlu dilakukan secara profesional. 

Jika anda sewa rumah kelapa gading, pahami secara menyeluruh. Mulai dari tanggal akhir sewa rumah, biaya tambahkan dan apa saja larangannya. Apalagi untuk daerah jakarta terutama kelapa gading, pastikan anda mengetahui kenaikan biaya sewa sehingga sewaktu-waktu anda tidak kaget. 
Share this Article
< Previous Article
Next Article >

0 komentar :

© 2020 Hailogue ID - All Rights Reserved