Cara Membuat Sertifikat Tanah Terbaru 2020

Selasa, 23 Juni 2020 : Juni 23, 2020

0 komentar

Cara Membuat Sertifikat Tanah Terbaru 2020

Urusan legalitas tanah merupakan sesuatu hal penting dan tidak bisa diremehkan. Keberadaan legalitas tanah yang anda miliki sangatlah penting dan menjadi prioritas utama. Hal ini dikarenakan berkaitan dengan kepastian hukum pada rumah yang anda miliki. Termasuk juga akan menentukan nilai jual tanah anda di masa datang.

Jika tanah anda belum bersertifikat, berikut cara membuat sertifikat tanah yang wajib anda ketahui:

Cara Membuat Sertifikat Tanah

Ada beberapa perlengkapan yang harus anda siapkan ketika anda berniat untuk membuat sertifikat tanah, diantaranya adalah:
  • Foto copy KTP anda
  • Foto copy kartu keluarga anda
  • Bukti perolehan tanah anda
  • FC bukti pembayaran PBB tahun terakhir
  • Foto Copy NPWP anda
  • Pernyataan bahwa tanah anda tidak sengketa

Tahapan pembuatan sertifikat tanah anda

Adapun tahapan-tahapan yang harus anda lakukan dalam cara membuat sertifikat tanah anda diantaranya adalah:

1Anda harus datang ke kantor BPN Wilayah tempat anda tinggal.

Tahap pertama yang harus anda lakukan saat berencana membuat sertifikat tanah yaitu anda harus mendatangi badan pertanahan nasional di daerah tempat kamu tinggal, lalu anda temui loket pelayanan dengan menyerahkan berkas-berkas yang sudah anda siapkan, di sana anda akan di suruh untuk mengisi formulir yang sudah disiapkan oleh petugas. 

Setelah itu anda datangi loket pembayaran untuk biaya pengukuran dan pemeriksaan tanahnya. 

2. Proses Pengukuran Tanah

Setelah itu langkah selanjutnya adalah petugas dari BPN akan melaksanakan proses pengukuran tanah. Pada proses ini anda sebagai pemohon diwajibkan untuk mendampingi. Setelah itu proses berikutnya adalah penerbitan surat keputusan kantah, kemudian lanjut ke penerbitan surat keputusan kanwil dan penerbitan surat keputusan BPN RI. 

3. Pembayaran Pendaftaran SK Hak

Selanjutnya anda sebagai pemohon diwajibkan untuk membayar pendaftaran SK hak. Jika anda sudah melunasi pembayaran ini, maka sertifikat yang anda ajukan bisa anda dapatkan. Termasuk legalitas tanah pun sah di mata hukum. 

4. Waktu pembuatan Sertifikat Tanah Anda

Waktu pembuatan sertifikat tanah itu biasanya berdasarkan pada luas tanah yang anda miliki. Termasuk juga dari jenis peruntukan tanah tersebut.

Berikut contohnya;

Jika tanah anda merupakan tanah pertanian dengan luas kurang dari 2 hektar atau merupakan tanah non pertanian yang memiliki luas kurang dari 2000 meter persegi, maka waktu yang dibutuhkannya adalah 38 hari. 

Berbeda jika tanah anda berupa tanah pertanian dengan memiliki luas lebih dari 2 hektar atau berupa tanah non pertanian yang memiliki luas lebih dari 2000 meter hingga 5000 meter persegi, maka waktu yang dibutuhkannya adalah 57 hari. 

Untuk tanah yang memiliki luas melebihi 5000 meter persegi. Maka dibutuhkan waktu selama 97 hari. 

5. Biaya Untuk Mengurus Sertifikat Tanah

Adapun biaya yang di perlukan untuk mengurus pembuatan sertifikat tanah, biasanya tergantung pada lokasi, peruntukan dan juga luas tanah yang anda miliki. 

Misalkan, jika luas tanah anda sebanyak 100 meter dengan lokasi di jakarta. Maka biaya yang harus anda keluarkan sebagai berikut: 
  • Biaya pengukuran tanah sebesar Rp. 124.000,
  • Biaya panitia sebesar Rp. 354.000,
  • Biaya pendaftaran sebesar Rp. 50.000,
Sehingga total biayanya adalah Rp. 528.000.


Demikian langkah-langkah cara membuat sertifikat tanah yang bisa menjadi referensi bagi anda. Perlu anda ketahui bahwa sertifikat tanah itu merupakan surat yang sangat berharga bagi anda. Maka dari itu wajib bagi anda untuk segera melakukan pendaftaran untuk membuat sertifikat tanah. Hal ini supaya tanah milik anda sah di mata hukum. Nah ketika anda sudah memiliki sertifikat, maka tidak akan ada orang yang berani mengganggu gugat tanah milik anda.  

Selain itu sertifikat yang anda miliki akan sangat bermanfaat untuk persyaratan pengajuan pinjaman uang ke bank. Jika tanah milik anda tidak dibuatkan sertifikat, maka ada banyak kemungkinan terjadi yang akibatnya merugikan anda. 

Misalkan saja, tanah anda akan diakui oleh orang lain atau kerabat anda sendiri. Demi menghindari akibat buruk tersebut, maka spenting untuk segera melakukan pembuatan sertifikat tanah. 

Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda dan bisa dengan mudah anda ikuti semua langkah-langkahnya.




Share this Article
< Previous Article
Next Article >

0 komentar :

© 2020 Hailogue ID - All Rights Reserved