5 Ide Usaha Kuliner Modal Kecil yang Menguntungkan

Kamis, 18 Juni 2020 : Juni 18, 2020

0 komentar

5 Ide Usaha Kuliner Modal Kecil yang Menguntungkan

Pengen bisnis kuliner dengan modal kecil? Apakah ada? Pastinya ada bahkan banyak tanpa harus ribet. Simak artikel berikut untuk mengetahui apa saja usaha kuliner dengan modal kecil!

Berapapun modalnya, yang namanya bisnis tetap saja tidak bisa dibilang gampang untuk dijalankan. Berbagai tantangan yang harus anda lalui, itupun tidak mudah. Hal yang paling sering terjadi yaitu ketika pelangan sepi sehingga membuat persediaan bahan baku tersisa banyak.

Jika anda masih baru memulai di dunia bisnis kuliner, sebaiknya memulai dengan bisnis kecil saja dulu. Bisnis atau usaha kuliner yang memerlukan modal sebesar Rp1 Juta sampai dengan Rp5 juta.

Jenis-Jenis Usaha Kuliner Modal Kecil

Jika anda sudah yakin, berikut beberapa jenis-jenis bisnis kuliner yang menguntungkan!

1. Minuman

Jika anda ingin bisnis dengan modal Rp2 jutaan, waralaba minuman menjadi pilihan tepat. Selain modal yang tidak terlalu besar, bahan baku dan peralatan lain bakal mereka sediakan. Bahkan jika persediaan bahan baku sudah habis, cukup lapor ke manajemennya. Anda cukup menunggu dan bahan baku akan dikirimkan. 

Uniknya, bisnis waralaba minuman ini sangat mendukung bagi pemula. Anda akan mendapatkan pelatihan jika memang sangat diperlukan. Walaupun bisnis ini berbasis di Jakarta, namun mereka tetap melayani pengiriman ke luar kota. Jadi anda tidak perlu khawatir jika berada diluar kota. 

2. Makanan

Jika anda tidak minat di minuman, anda bisa memilih waralaba makanan. Jangan salah, waralaba makanan juga menjadi usaha kuliner yang sangat menjanjikan, asalkan anda memilih lokasi yang strategis. 

Ketika anda jual makanan seharga Rp5 ribu, maka carilah wilayah seperti sekolah atau dekat dengan pemukiman warga. Biasanya anak-anak sekolah sangat suka jajanan ringan di saat jam istirahat atau jam pulang sekolah. 

Selain itu, anda bisa memilih berjualan di daerah sekitar kampus. Karena banyak juga mahasiswa yang gemar beli cemilan murah, sehingga dipastikan lebih ramai ketimbang di sekolahan. 

3. Gorengan

Gorengan merupakan salah satu jenis bisnis kuliner yang paling laku dijual. Tanpa perlu keahlian khusus dan modal besar, anda sudah bisa menjual makanan ringan dan dijamin laku keras.

Namun perlu anda ingat bahwa jika memilih jualan gorengan, anda butuh sebuah variasi baru. Baik dari segi rasa, kemasan hingga cara penyajian. Hal ini tidak lain untuk menambah nilai jual. Termasuk melakukan strategi promosi makanan yang baik sehingga usaha ini bisa berkembang dengan sempurna.

Lantas, berapa modal buat berbisnis gorengan? Berikut rinciannya:
  • Dengan modal awal: Rp. 4,6 juta
  • Gerobak etalase dorong: Rp. 2,5 juta
  • Kompor dan gas Rp. 500 ribu
  • Wajan, spatula, dan serokan Rp. 300 ribu
  • Bahan baku: Rp. 1,3 juta

4. Keripik

Selain gorengan, keripik juga menjadi pilihan untuk bisnis kuliner. Selain banyak disukai orang, makanan ringan ini memiliki banyak pilihan bahan baku. Mulai dari singkong, pisang, hingga buah-buahan. 

Selain itu, cara mengolah keripik tidak sulit dan cenderung bisa bertahan lebih lama. Bahkan anda bisa menambahkan aneka rasa seperti pedas, asin dan lain sebagainya. 

Bagaimana? Cobain dulu deh. Dijamin laris manis. 

5. Roti Bakar

Terakhir, usaha kuliner yang juga sangat laku adalah roti bakar. 

Jualan roti bakar ternyata menjadi bisnis kuliner yang sangat menjanjikan. Tidak berbeda jauh dari gorengan, roti bakar juga memiliki target pasar yang luas. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa pun menyukai roti bakar. 

Untuk menarik peminat, penting untuk melakukan ragam inovasi untuk menarik minat para pembeli. Walaupun tidak membutuhkan keahlian khusus. Penting untuk melakukan inovasi, mulai dari segi rasa, tempat, dan pelayanan yang maksimal. 

Demikian 5 ide usaha kuliner modal kecil yang bisa anda coba. Silahkan pilih dan fokus pada satu jenis usaha dulu, lalu maksimalkan dengan inovasi dan pelayanan terbaik. Semoga bermanfaat. 
Share this Article
< Previous Article
Next Article >

0 komentar :

© 2020 Hailogue ID - All Rights Reserved