Cara Menghitung Masa Subur Pria dan Faktor Kesuburan Sperma

Selasa, 18 Agustus 2020 : Agustus 18, 2020

0 komentar

cara menghitung masa subur pria
Kita tahu bahwa masa subur pria tidak sering dibahas layaknya masa subur pada wanita. Hal ini bukan berarti tidak penting. Karena masa subur pria sangat perlu diketahui untuk dapat meningkatkan keberhasilan proses pembuahan. Sehingga nantinya terjadi kehamilan yang diinginkan oleh semua pasangan. 

Lantas, bagaimana cara menghitung masa subur pria? Apa saja faktor yang mempengaruhi kesuburan sperma pada pria? Yuk simak!

Cara Menghitung Masa Subur Pria

Bisa dibilang, masa subur pria hampir sama dengan masa subur wanita. Hanya saja, wanita memiliki masa subur yang bisa terjadi 2 - 3 hari selama 1 bulan setelah berakhirnya menstruasi. 

Sedangkan pria memiliki masa subur hampir setiap hari. Dengan kata lain, masa subur pria merupakan kondisi saat sperma berada dalam jumlah yang sangat banyak serta dalam kondisi yang sangat baik. 

Faktanya, kesuburan pria dapat ditentukan selama masih tetap menghasilkan sperma dengan jumlah dan kondisi yang baik. Namun, ada beberapa waktu yang membuat sperma pria menjadi lebih baik. Bahkan dapat diproduksi dalam jumlah yang sangat banyak. 

Faktor Kesuburan Sperma Pria

Ternyata, tingkat kesuburan pria juga dipengaruhi oleh beberapa faktor. Hal ini penting untuk anda ketahui agar tetap menjaga jumlah dan kondisi sperma yang baik. 

Berikut beberapa faktor yang sangat berpengaruh terhadap tingkat kesuburan sperma pria:

1. Kuantitas Sperma

Saat melakukan ejakulasi, seorang pria akan mengeluarkan 15 juta lebih sel sperma setiap per mililiter. Dengan jumlah yang sangat banyak ini, dipastikan beberapa sel sperma yang masuk akan mampu membuahi sel telur dengan sempurna.

Hal diatas merupakan peluang ideal untuk membuahi sel telur. Namun, jika jumlah sel sperma kurang, maka proses pembuahan bisa saja menurun. Sehingga kuantitas sperma yang dikeluarkan sangat berpengaruh pada tingkat kesuburan sperma pria. 

2. Waktu Puncak Produksi Sperma

Selain itu, penting juga bagi anda dan pasangan untuk mengetahui kapan waktu puncak produksi sperma yang paling baik di setiap harinya. Puncak produksi sperma terjadi sekitar pukul 4 - 7 pagi. Dengan kata lain, pada waktu tersebut produksi sperma sangat melimpah ruang dengan kondisi yang sangat baik pula. 

3. Waktu Keluarnya Sperma

Perlu anda ketahui bahwa ada waktu dimana keluarnya sperma menjadi lebih baik dibandingkan hari-hari lainnya. Waktu tersebut menjadi masa paling subur pria, yaitu pada hari ke-3 hingga hari ke-7 setelah masa ejakulasi berakhir (keluarnya sperma dari organ reproduksi). 

Pada hari tersebut, sperma berada pada kondisi yang sangat baik serta tingkat kematangan yang lebih tinggi. Bahkan jumlah sperma sangat banyak sehingga proses pembuahan sel telur dapat dilakukan dengan maksimal. 

4. Pergerakan Sperma

Untuk mendapatkan proses pembuahan yang baik, pergerakan sperma juga berpengaruh. Bahkan hampir 40% terjadinya pembuahan sel telur juga dipengaruhi oleh faktor pergerakan sel sperma yang dikeluarkan. Dengan kata lain, setidaknya sperma yang dikeluarkan harus memiliki pergerakan yang cukup baik untuk melakukan proses pembuahan pada sel telur wanita. 

5. Struktur Sperma

Begitu juga struktur sperma memiliki pengaruh yang cukup besar dalam proses pembuahan sel telur wanita. Struktur sperma yang bagus merupakan sperma yang terdiri dari atas kepala dan memiliki ekor yang panjang. 

6. Kondisi Musim

Terakhir, ada penelitian yang mengatakan bahwa kondisi musim sangat berperan besar pada proses reproduksi sperma pria. Idealnya, pada musim dingin sperma akan lebih banyak diproduksi dibandingkan saat musim panas. 

Diketahui bahwa pria memiliki masa subur setiap hari. Namun, untuk memaksimalkan proses pembuahan, maka penting bagi pasangan untuk menggunakan patokan waktu kapan sperma terbaik diproduksi. 

Selain itu, penting juga anda sebagai lekaki untuk mengetahui masa subur wanita sebagai pasangan. Karena wanita memiliki waktu-waktu khusus yang menjadi masa subur bagi mereka. Saat wanita sedang masa subur, waktu tersebut sangat tepat untuk melakukan proses pembuahan secara maksimal.

Di jaman sekarang, anda tidak perlu khawatir. Apalagi sudah hadir aplikasi Halodoc yang bisa menjadi tempat untuk anda bertanya seputar masa subur pria dan masa subur wanita. Bahkan Halodoc memiliki dokter yang banyak dan kompeten dibidangnya. Selain itu, konsultasi kesehatan juga semakin mudah. Anda bisa menghubungi para dokter ahli dan profesional melalui video call atau via chat pada aplikasi Halodoc. 

Tunggu apalagi, segera download aplikasi Halodoc di Google Play store atau App Store. Setelah itu, nikmati kemudahan konsultasi kesehatan dengan mudah dan cepat. 


Share this Article
< Previous Article
Next Article >

0 komentar :

© 2020 Hailogue ID - All Rights Reserved