4 Jenis Asuransi Jiwa (Asuransi Syariah) Terbaru 2020

Rabu, 05 Agustus 2020 : Agustus 05, 2020

0 komentar

4 Jenis Asuransi Jiwa (Asuransi Syariah) Terbaru 2020

Sudah tahu tentang asuransi jiwa? Bingung mau milih asuransi dan belum tahu apa saja manfaatnya? Jangan khawatir, simak berikut jenis jenis asuransi jiwa yang cocok bagi anda dan keluarga.

Asuransi jiwa merupakan suatu kontrak perjanjian antara anda sebagai pemegang polis dengan perusahaan asuransi. Anda sebagai tertanggung, wajib untuk membayar sejumlah premi yang nantinya bermanfaat untuk memberi penggantian atas resiko kematian anda. 

Artinya, asuransi jiwa adalah jenis asuransi yang memiliki tujuan untuk menanggung biaya finansial seseorang yang tidak terduga, yang disebabkan karena tertanggung meninggal dunia. 

Jenis Jenis Asuransi Jiwa

1. Asuransi Jiwa Berjangka

Asuransi jiwa berjangka (term life insurance) merupakan asuransi yang berfungsi memberi proteksi kepada tertanggung dalam jangka waktu tertentu saja. Dengan kata lain, asuransi jiwa jenis ini menawarkan kontak sekitar 5, 10, atau 20 tahun, dengan premi tetap dan juga terhitung lebih murah. 

Asuransi jiwa jenis ini sangat direkomendasikan. Terutama bagi anda yang mengutamakan masa depan keluarga khususnya pendidikan anak. Selain itu, asuransi ini sangat cocok bagi anda yang memiliki kebutuhan biaya asuransi yang besarm namun kondisi finansial yang terbatas. 

2. Asuransi Jiwa Seumur Hidup

Asuransi jiwa seumur hidup (whole life insurance) merupakan asuransi yang memberikan perlindungan seumur hidup. Walaupun biasanya perusahaan asuransi membatasi perlindungan hingga 100 tahun saja. 

Asuransi jenis ini sangat direkomendasikan kepada anda yang tidak punya tanggungan dan ingin mendapatkan manfaat lebih dari sekadar santunan kematian. Bisa juga bagi anda yang tertarik dengan ide tabungan jangka panjang. 

Misalkan anda ingin perlindungan jiwa sekaligus tabungan darurat (seperti biaya tagihan rumah sakit), maka anda dapat mempertimbangkan asuransi jiwa jenis ini. 

3. Asuransi Jiwa Dwiguna

Asuransi jiwa dwiguna (endowment insurance) merupakan asuransi yang memiliki dua manfaat, pertama sebagai asuransi jiwa berjangka dan kedua sebagai tabungan. Dengan kata lain, anda sebagai pemegang polis dapat memperoleh nilai tunai dari premi asuransi tersebut berupa uang pertanggungan jika tertanggung meninggal dunia. Hal ini pada periode tertentu sesuai dengan kebijakan polis asuransi yang digunakan. Selain itu, anda dapat menarik polis asuransi dalam waktu tertentu sebelum masa kontrak berakhir. 

Asuransi jenis ini sangat direkomendasikan jika anda;
  • Lebih ingin memastikan ketersediaan dana pendidikan anak. 
  • Ingin mempunyai dana untuk kebutuhan tak terduga di masa depan.
  • Ingin mempunyai dana pensiun yang lebih besar. 

4. Asuransi Jiwa Unit Link

Asuransi jiwa unit link merupakan gabungan manfaat asuransi dengan investasi. Asuransi ini paling sering ditawarkan oleh para agen asuransi. 

Bagi anda yang tertarik berinvestasi tetapi tidak paham tentang investasi, serta ingin tetap memastikan mendapatkan manfaat perlindungan dari kematian, sangat disarankan memilih asuransi jiwa jenis ini. 

Itulah 4 jenis asuransi jiwa yang perlu anda ketahui. Perlu anda bahwa sebelum membeli polis asuransi jiwa, penting bagi anda untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya. Pastikan juga memilih asuransi syariah dan membandingkan penawaran dari beberapa perusahaan asuransi.

Selain itu, anda harus sesuaikan dengan kemampuan finansial anda. Termasuk mempertimbangkan jumlah tanggungan anda dan kebutuhan dana yang akan muncul di masa depan dalam memilih jenis asuransi. Semoga bermanfaat.
Share this Article
< Previous Article
Next Article >

0 komentar :

© 2020 Hailogue ID - All Rights Reserved