Kualitas Bahan Bakar Diesel untuk Genset

Jumat, 14 Agustus 2020 : Agustus 14, 2020

0 komentar

bahan bakar diesel

Perlu anda ketahui bahwa mesin penggerak pada genset memiliki berbagai tipe yang berdasarkan pada jenis bahan bakar yang digunakan. Nah, salah satu yang digunakan yaitu bahan bakar diesel. Supaya Anda bisa memahami tipe mesin genset beserta bahan bakarnya, berikut artikel tentang penjelasan mengenai kualitas bahan bakar pada diesel.

Cara mengukur kualitas bahan bakar diesel dapat menggunakan berbagai satuan. Salah satu yang sering digunakan adalah satuan cetane. 

Satuan cetane adalah indeks satuan yang menunjukkan seberapa mudah bahan bakar solar dapat terbakar. Nah, untuk bahan bakar diesel yang murni pasti memiliki indeks cetane 100 (sangat mudah terbakar). 

Sifat mudah atau tidaknya sebuah bahan bakar solar tersebut terbakar, memiliki pengaruh yang cukup signifikan terhadap kinerja sebuah mesin, termasuk pada genset. Jadi, apabila bahan bakar solar yang digunakan memiliki angka cetane tinggi, maka mesin akan melakukan proses pembakaran yang lebih efisien. Hal ini tentu dapat meningkatkan tenaga mesin diesel tersebut. 

Berbeda jika angka cetane yang rendah, bahan bakar solar akan sulit terbakar. Jika digunakan pada mesin, tentu akan memiliki emisi yang tinggi akibat pembakaran yang lama dan tidak efisien. 

Hadirnya Pertamina Dex

Umumnya, mesin diesel di dunia sangat direkomendasikan menggunakan bahan bakar solar dengan standar cetane antara 40-60. Hanya saja, banyak negara yang menetapkan angka minimum cetane antara 40-51. Hal ini ditetapkan karena alasan emisi. 

Di Indonesia, solar yang dikeluarkan oleh Pertamina memiliki nilai cetane minimum 48. Nah, ada juga jenis solar yang dikeluarkan oleh Pertamina dex, yang tentu lebih berkualitas dengan nilai cetane minimal 53. 

Berdasarkan penjelasan diatas, untuk membuat kinerja genset yang lebih efiesien, penting untuk memilih bahan bakar yang berkualitas. Hal ini dikarenakan di Indonesia, bahan bakar solar memiliki cetane yang mudah terbakar. Sehingga pembakaran sangat efisien dan tentunya dapat meningkatkan tenaga mesin genset juga. Semoga bermanfaat. 
Share this Article
< Previous Article
Next Article >

0 komentar :

© 2020 Hailogue ID - All Rights Reserved