5 Olahraga Yang Aman Dilakukan Selama Kehamilan

Kamis, 20 Agustus 2020 : Agustus 20, 2020

0 komentar

olahraga kehamilan

Kehamilan seharusnya tidak menjadi alasan untuk menghindari olahraga sebagai pola hidup yang sehat, justru dengan rutin berolahraga selama masa kehamilan akan sangat bermanfaat bagi kesehatan ibu dan janin. Sebab dengan berolahraga secara teratur dapat membantu proses persalinan secara lancar nantinya. 

Lantas olahraga apa saja yang cocok bagi ibu hamil? Yuk, simak informasinya di bawah ini.

1. Jalan kaki

Dimulai dengan jenis olahraga yang paling mudah dilakukan, berjalan kaki sangat direkomendasikan guna membangun kekuatan tubuh bagian atas dengan cara mengayunkan lengan. Latihan ini pun sangat bermanfaat untuk melatih jantung janin agara lebih sehat. Tentu dengan menyisihkan 10 menit setiap harinya, maka kita sudah menetapkan rutinitas yang baik bagi ibu maupun sang janin.

2. Pilates

Melakukan Pilates selama masa kehamilan tentunya akan membantu kita agar tetap rileks selama melahirkan. Berfokus pada membangun kekuatan serta menjaga keseimbangan tubuh, olahraga ini membangkitkan otot inti melalui serangkaian peralatan dan latihan lantai. Pada sesi pertama latihan kita akan difokuskan untuk membangun kekuatan, lalu pada sesi selanjutnya kita akan menantang kekuatan tersebut untuk menjaga keseimbangan. Olahraga ini bisa dilakukan minimal sekali seminggu.

3. Yoga

Sebagai salah satu olahraga yang baik selama masa kehamilan, yoga bertujuan untuk membangun kekuatan dan keseimbangan, menjaga otot agar tetap lentur, mengurangi tekanan darah serta mengelola pernapasan guna membantu persalinan nantinya. Latihan yoga secara rutin selama masa kehamilan juga dapat mengurangi ketegangan serta meningkatkan mood.

Baca juga: Mengapa harus berolahraga ketika hamil?

4. Senam Hamil

Olahraga ini biasanya dianjurkan bagi mereka yang sudah memasuki usia kandungan 6-8 bulan. Selain aman untuk ibu hamil, senam ini juga dapat meningkatkan stamina, kekuatan, dan kelenturan tubuh, serta memperkuat otot dasar panggul. Bergabung dalam kelas senam hamil yang banyak tersedia di rumah sakit akan membuat kita dibimbing oleh orang yang professional sehingga lebih aman.

5. Sepeda Statis

Mengayuh sepeda statis termasuk jenis latihan kardio yang dapat membantu dalam meningkatkan kebugaran jantung. Bersepeda statis juga memiliki risiko jatuh yang lebih minim ketimbang bersepeda di jalanan, terutama ketika kita sedang hamil.

Share this Article
< Previous Article
Next Article >

0 komentar :

© 2020 Hailogue ID - All Rights Reserved