Manfaat dan Karakteristik Asuransi Jiwa Term Life

Jumat, 20 November 2020 : November 20, 2020

0 komentar

Manfaat dan Karakteristik Asuransi Jiwa Term Life


Jika sebelumnya telah dibahas mengenai asuransi jiwa murni yang penting untuk dimiliki tulang punggung keluarga. Sekarang kita akan membahas mengenai pengertian asuransi dana pensiun nomor satu jenis term life. Asuransi jiwa term life disebut sebagai bentuk dasar dari asuransi jiwa. Sebab polis yang ditawarkan menyediakan jaminan terhadap risiko meninggal dunia dalam periode tertentu dan singkat. Tidak salah bila premi yang dibayarkan pun sangat rendah dibanding dengan jenis asuransi jiwa yang lain.

Asuransi jiwa berjangka dianggap memiliki berbagai keuntungan dan keunggulan dibandingkan jenis asuransi jiwa lainnya. Apa saja keuntungan dan keunggulannya tersebut?

Pertama adalah premi asuransi jiwa berjangka umumnya lebih terjangkau dibandingkan jenis asuransi jiwa lainnya yang memberikan tingkat perlindungan yang sama. Walaupun bila dihitung, premi yang dibebankan ke Anda sebagai nasabah sebanding dengan perlindungan asuransi jiwa berjangka yang memberikan perlindungan dengan jangka waktu terbatas, yaitu mulai dari 1 tahun, 5 tahun, hingga 20 tahun.

Kedua, durasi perlindungan dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Kebutuhan perlindungan atas risiko kematian paling utama ada pada masa produktif dan peran sang pencari nafkah. Di sinilah kelebihan asuransi jiwa berjangka yang memberikan fleksibilitas bagi sebuah keluarga untuk menentukan durasi perlindungan sesuai kebutuhan.

Uniknya, ada yang namanya asuransi jiwa berjangka syariah. Di mana, katanya memiliki fitur bagi hasil di akhir masa asuransi jika tidak terjadi klaim dan tidak terjadi kematian.

Berikut adalah karakteristik produk asuransi jiwa berjangka

  • Produk asuransi jiwa berjangka memberikan pertanggungan selama satu jangka waktu tertentu, atau disebut policy term (jangka waktu polis).
  • Manfaat polis akan dibayarkan jika tertanggung meninggal dalam jangka waktu yang ditetapkan; dan Polis masih berlaku ketika tertanggung meninggal.
  • Bila tertanggung masih hidup sampai berakhirnya jangka waktu, maka polis tersebut dapat memberikan hak kepada pemengang polis untuk melanjutkan pertanggungan asuransi jiwa. Jika pemegang polis tidak melanjutkan, polis akan berakhir dan perusahaan asuransi tidak berkewajiban untuk memberikan pertanggungan selanjutnya.
  • Perlindungan asuransi terbaik biasanya tersedia dalam bentuk polis asuransi, namun dapat juga tersedia dalam bentuk sebuh rider (asuransi tambahan) yang ditambahkan pada polis dasarnya tersebut.


Share this Article
< Previous Article
Next Article >

0 komentar :

© 2020 Hailogue ID - All Rights Reserved