Yuk Cari Tahu Perbedaan ROM Dan RAM HP

Minggu, 22 November 2020 : November 22, 2020

0 komentar

Perbedaan ROM Dan RAM HP

Istilah ROM dan RAM pada handphone, kerap kali muncul saat anda melihat spesifikasi sebuah ponsel pintar. Namun tak jarang orang tidak mengetahui perbedaan ROM dan RAM HP sebagian orang berpikiran keduanya adalah hal yang sama yaitu spesifikasi mengenai memori smartphone.

Faktanya kedua komponen ini memiliki perbedaan terkait fungsinya. Untuk mengetahui apa perbedaannya, yuk simak ulasan berikut.

Perbedaan Random Access Memory Dan Read Only Memory Pada Smartphone

1. Pengertian

Kedua komponen ini merupakan sistem perangkat yang digunakan pada semua sistem elektronik yang memiliki penyimpanan. RAM merupakan memori yang dapat menyimpan data tanpa perlu mengetahui dimana tata letak penyimpanannya. Sehingga dapat dengan mudah diakses dibandingkan ROM. Dalam hal ini ROM merupakan komponen yang dapat menyimpan data serta membaca data-data tersebut yang memiliki sifat penyimpanan paten atau permanen.

Karena bersifat menyimpan data secara permanen, ROM akan tetap membaca data meski HP tidak dialiri listrik atau dalam keadaan mati. Cukup berbeda dari ROM, RAM merupakan tempat penyimpanan data, dimana data tersebut akan hilang saat HP tidak dialiri listrik atau dalam keadaan mati. Sehingga perbedaan ROM dan RAM HP akan sangat kentara saat mengetahui pengertian dari kedua komponen ini.

2. Fungsi

RAM adalah komponen memori yang dapat digunakan secara acak untuk mengakses sistem operasi maupun aplikasi. Fungsi utama RAM adalah menyimpan seluruh data aplikasi dan juga sistem operasi yang akan terus diperbarui sepanjang waktu. Namun disisi lain, ROM juga memiliki fungsi sebagai penyimpanan data.Namun lebih secara permanen dibandingkan RAM, sehingga data yang disimpan oleh ROM tidak akan berubah-ubah setiap waktu.

Akan tetapi, karena fungsi tersebut RAM memiliki keunggulan.Dimana komponen satu ini bisa membaca data lebih cepat dibandingkan dengan ROM. Kecepatan yang digunakan RAM saat membaca data menggunakan satuan waktu nanodetik, tentunya data akan sangat cepat ditemukan. Dengan mengetahui fungsi keduanya, akan lebih mudah untuk tahu apa saja perbedaan dari ROM dan RAM HP. 

3. Kapasitas
Cara mudah mengetahui perbedaan keduanya adalah dengan melihat jumlah kapasitasnya. Pasalnya kapasitas RAM selalu lebih kecil bila dibandingkan dengan kapasitas ROM. Hal ini dikarenakan kebutuhan data yang dibaca serta disimpan pada RAM akan lebih sedikit. Seperti pada HP Android RAM 4 GB dan ROM 100GB, hal ini membuktikan semua HP memiliki kapasitas RAM lebih kecil dibandingkan dengan ROM.

4. Cara Kerja

Saat dialiri listrik, RAM akan bekerja sebagai tempat penyimpanan sementara data operasional dari sistem operasi dan juga aplikasi akan berjalan. Sehingga, apabila semakin banyak aplikasi yang dijalankan maka akan semakin banyak pula data yang tersimpan pada RAM. Cara kerja ROM kebalikan dari RAM, pasalnya saat aplikasi dimatikan atau beberapa data dihapus maka data yang telah disimpan pada ROM tidak akan berubah ataupun hilang.

Hal ini dikarenakan perbedaan ROM dan RAM HP terdapat pada sifat penyimpanan ROM yang sangat permanen, sehingga tidak dapat berubah-ubah atau dihilangkan dengan mudah. ROM juga biasa disebut memori internal, sehingga jika menggunakan ROM maka apabila data yang tersimpanmelebihi kapasitas, anda juga dapat menambahkan tambahan sistem penyimpanan menggunakan memori tambahan yaitu biasa dikenal memory eksternal.

5. Jenis

Perbedaan keduanya juga dapat dilihat berdasarkan jenisnya, RAM memiliki dua jenis yaitu Dynamic Random Access Memory (DRAM) dan Static Random Acces Memory (SRAM). DRAM merupakan memori yang dapat menyimpan bit data secara terpisah.Berbeda dengan SRAM yaitu memori yang memanfaatkan transistor tanpa butuh bantuan kapasitor seperti DRAM, memory SRAM biasanya digunakan sebagai memory cache.

Sedangkan ROM memiliki 3 jenis yaitu Programmable Read Only Memory (PROM), Erasable Programmable Read Only Memory (EPROM) dan Electrically Erasable Programmable Read Only Memory (EEPROM). Jenis memori yang digunakan pada HPAndroid adalah EEPROM. Dimana memori satu ini dapat menghapus serta menulis data berulang kali, bahkan dapat melebihi seratus ribu kali. Tentunya dengan mengetahui jenisnya akan mempermudah anda menemukan perbedaan ROM dan RAM HP.

Setelah membaca ulasan tersebut, tentunya anda tidak bingung untuk membedakan ROM dan RAM pada HP. Usahakan jika anda ingin membeli sebuah HP, anda telah mengetahui kebutuhan memori yang akan anda gunakan agar tidak perlu memikirkan cara menambah RAM HP

Sesuaikan spesifikasi memori dengan kebutuhan anda. Agar nantinya saat anda memiliki kebutuhan memori lebih banyak,anda bisa memilih HP yang memiliki kapasitas ROM dan RAM yang lebih besar.

Share this Article
< Previous Article
Next Article >

0 komentar :

© 2020 Hailogue ID - All Rights Reserved