7 Film Marvel Cinematic Universe Terbaik Wajib Tonton

Rabu, 10 Februari 2021 : Februari 10, 2021

0 komentar



Bagi penggemar komik komik Amerika, nama penerbit Marvel Comics tentu sudah menjadi hal yang tidak asing lagi. The Marvel Cinematic Universe (MCU) adalah kumpulan franchise film, TV, dan series yang mengangkat cerita superhero superhero buatan Marvel Comics. Proyek ini dimulai pada tahun 2008 dengan perilisan film Iron Man yang pertama dan hingga kini proyek ini telah berhasil menelurkan 22 film. 

Film film yang tergabung dalam MCU dibagi menjadi empat fase. Fase pertama dimulai dari Iron Man (2008) dan diakhiri The Avengers (2012), fase kedua dimulai dari Iron Man 3 dan di akhiri Ant Man (2015) dan fase ketiga dibuka oleh Captain America: Civil War (2015) dan ditutup Spider-Man : Far From Home (2019). 

Sedangkan fase keempat baru akan dibuka tahun ini dengan perilisan Black Widow (2021) dan rencananya akan diakhiri Guardian of the Galaxy Vol. 3 dua tahun mendatang (2023). Dari ke-22 film yang sudah tayang, berikut ini film Marvel Cinematic Universe terbaik menurut brolix:

Film Marvel Terbaik

Dari ke-22 film yang sudah tayang, menurut tim broflix hanya beberapa saja film Marvel yang terbaik dan wajib ditonton. 

1. Iron Man (2008) 

Seperti yang sudah disebutkan di awal, Marvel Cinematic Universe (MCU) diawali dengan perilisan film Iron Man pada tahun 2008. Film yang mengangkat nama Robert Downey Jr. (Ingat ya, nama aktornya Robert Downey bukan Tony Stark) kembali ke jajaran aktor kelas A Hollywood ini mampu menjadi sebuah film yang bagus sekaligus pembuka franchise MCU yang baik. 

Film ini menceritakan seorang Tony Stark, seorang CEO flamboyant dari Stark Industries yang berusaha kabur dari sergapan teroris di Afghanistan. Karakter Stark di sini digambarkan dengan mulus dan terus berkembang seiring dengan banyak kejadian yang menimpanya dalam film. Pun demikian hubungannya dengan karakter lainnya pun tergambar dengan cukup smooth dan meyakinkan. 

Karakterisasi tersebut di dukung dengan sinematografi, scoring danadegan aksi yang tak kalah memukau pula. Maka tidak heran jika film ini mendapatkan rating 7,9/10 di IMDb dan 94% di Rotten Tomatoes. 

2. Captain America: The First Avenger (2011)

Jika Anda adalah penggemar cerita from zero to hero, maka film Captain America: The First Avenger adalah film yang cocok untuk Anda. Film ini mengisahkan seorang Steve Rogers (Chris Evans) seorang pemuda bertubuh pendek dan kurus yang memiliki rasa simpati dan patriotic yang tinggi sehingga rela menjadi kelinci percobaan proyek super-soldier tentara Amerika ketika Perang Dunia ke-2. 

Action sequence dalam film ini tidak terlalu mengesankan, bahkan bisa jadi terlihat biasa biasa saja. Tetetapi kekurangan ini dapat ditutupi dengan aspek karakterisasi yang bagus, gaya penceritaan yang kuat dan tentu saja elemen sinematografi yang mendukung. Hal hal ini membuat film ke-5 MCU ini terasa solid dan mudah untuk dinikmati. 

3. The Avengers (2012)

The Avengers (2012) adalah film pertama yang menyatukan karakter karakter superhero Marvel ke dalam satu film bersama. Menyatukan banyak karakter yang kuat baik dari segi kekuatan maupun dari sisi kepribadian tentu merupakan kesulitan tersendiri. Namun untungnya film yang disutradarai oleh Joss Whedon ini mampu mengatasi hal tersebut. 

Porsi yang diberikan Whedon kepada masing masing karakter terasa begitu pas sehingga tidak ada satu atau dua karakter yang lebih dominan dibandingkan karakter lain. Tidak hanya kuat dari segi karakterisasi, The Avengers juga solid dari berbagai sisi mulai dari aksi, sinematografi dan yang terpenting alur cerita. Sehingga jangan heran jika film ini menuai pujian dari kritik dan sukses besar secara komersial. 

4. Captain America the Winter Soldier (2014)

Apabila pada cerita tentang Captain America yang pertama (tahun 2012) tidak ada aksi laga yang benar benar mengesankan, pada pada cerita Captain America yang kedua in aspek aksi dikeluarkan secara maksimum oleh Russo bersaudara. Namun demikian aksi tersebut tidak njomplang dengan penceritaan dalam film ini. Bahkan aspek penceritaan film ini sama kuatnya dengan film Captain America yang sebelumnya. 

Film ini menceritakan tentang kegiatan Captain America dua tahun setelah Battle of New York di the Avengers. Rogers/ Captain America yang merupakan ‘orang dari masa lalu’ masih harus banyak beradaptasi dengan masyarakat modern sembari menangani kasus kasus yang diberikan kepadanya oleh agen S.H.I.E.L.D. 

5. Guardian of the Galaxy (2014)

Berbeda dengan film film sebelumnya, Guardian of the Galaxy tidak menghadirkan sosok Avengers seperti Thor, Iron Man atau Captain America. Film ini membawa tim Avengers yang baru yaitu tim Avengers dari luar angkasa!.

Meskipun demikian, film ini juga mendapat kesuksesan yang sama dengan kesuksesan yang diperoleh oleh Captain America dan film film MCU sebelumnya baik secara kritik maupun komersial. Sebab film ini terasa solid dari berbagai sisi mulai dari penceritaan, penokohan, sinematografi, aksi dan tentu saja musik. Guardian of the Galaxy memang benar benar cocok untuk dijadikan hiburan sambil beristirahat sejenak dengan keluarga tercinta. 

6. Black Panther (2018)

Black Panther adalah film superhero pertama yang menjadi nominasi Best Picture Oscar. Dengan prestasi sementereng itu, tentu harusnya Anda tidak perlu ragu mengenai kualitas film ini. Black Panther tidak hanya menjadi film yang merepresentasikan Afro-American di Hollywood saja tetetapi juga menjadi salah satu film MCU terbaik.

Meskipun sekuens aksi terakhirnya agak kurang memuaskan, tetapi hanya itu kekurangan film ini. Presentasi Black Panther solid nyaris di semua bidang, mulai dari sinematografi, akting, music hingga tata busan yang tampak megah. Produksi sekuel film ini akan dimulai pada Juli 2021 mendatang dengan membawa cast baru pengganti Chadwick Boseman yang meninggal karena kanker tahun lalu. 

7. Avengers: Infinity War (2018) dan Avengers: Endgame (2019)

Kedua film ini sama sama pernah hype di Indonesia. Bagaimana tidak, Avengers: Infinity War dan Avengers: Endgame adalah dua film yang ‘sejauh ini’ mengakhiri Marvel Cinematic Universe. Ekspektasi yang tinggi pun dibubuhkan oleh para penonton dan penikmat komik komik Marvel di seluruh dunia. 

Untungnya Russo bersaudara mampu menjawab ekspektasi tersebut dengan baik. Avengers: Infinity War dan Avengers: Endgame menghadirkan cerita bagus yang disusun dengan mulus dan dibungkus dengan sinematografi yang indah. Tak heran jika kedua film ini menjadi salah satu film superhero terbaik dan paling laris sepanjang masa dengan masing masing mendapatkan pendapatan kotor lebih dari 2 miliar USD di seluruh dunia. 

Itu tadi film film hasil produksi Marvel Cinematic Universe terbaik menurut admin. Manakah di antara tujuh (atau delapan) film tersebut yang sudah Anda tonton? Berikan tanggapan Anda di kolom komentar di bawah ya. 

Share this Article
< Previous Article
Next Article >

0 komentar :

© 2020 Hailogue ID - All Rights Reserved