Kawasan Industri Sebagai Alternatif Ladang Mata Pencaharian

Jumat, 05 Februari 2021 : Februari 05, 2021

0 komentar

 Kawasan Industri Sebagai Alternatif Ladang Mata Pencaharian

Kawasan industri adalah sebuah wilayah atau kawasan yang dengan sengaja di rencanakan untuk pengembangan industri. Di beberapa kawasan Anda harus mengakses kawasan tersebut menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil Toyota murah, atau kendaraan bermotor. Perindustrian yang ada di kawasan tersebut biasanya tergolong industri berat, sedangkan industri ringan biasanya ada di kawasan bisnis atau perkantoran pada umumnya. Di Indonesia sendiri terbilang cukup banyak area yang sengaja dijadikan kawasan industri hal tersebut ditujukan untuk pengembangan ekonomi. Kawasan yang di pilih pun tersebar di banyak wilayah. Kawasan ini biasanya memiliki lapangan pekerjaan yang cukup banyak karena mereka membutuhkan tenaga manusia yang cukup banyak pula.

Ada beberapa kawasan industri yang dapat anda kunjungi sebagai alternative mencari rezeki. Selain itu kawasan yang digunakan sebagai daerah industri juga bisa digunakan untuk menyewa atau membangun pabrik bagi para pelaku wirausaha skala besar. Beberapa daerah yang di jadikan sebagai kawasan industri diantaranya adalah: Bekasi, Jawa Barat, Pasuruan, Karawang, Kalimantan dan masih banyak lagi. Lalu apa yang menjadikan kawasan industri pilihan yang baik untuk mencari mata pencaharian:

1. Tersedia Berbagai Macam Lapangan Pekerjaan

Seperti yang sudah disebutkan di atas, kawasan industri dipenuhi oleh pabrik-pabrik besar, seperti pabrik besi, pabrik pembuatan masker yang kemudian di distribusikan kepada para supplier masker dan lain sebagainya. Oleh karena itu mereka membutuhkan sumber daya manusia yang cukup banyak, mulai dari buruh pabrik hingga pegawai kantoran. Hal ini dikarenakan banyak juga perusahaan yang menjadikan pabrik mereka sebagai kantor tempat mereka bekerja.

2. Upah Minimum Yang Cukup Tinggi

Membuat kawasan tertentu menjadi kawasan industri memiliki resiko tersendiri bagi perusahaan, salah satunya adalah perusahaan harus membayar sebesar upah minimum kepada karyawan mereka. Tiap kawasan Industri memiliki upah minimum yang berbeda-beda tergantung daerah kawasan tersebut.

Sebagai contoh, Untuk kawasan Industri di Pasuruan memiliki Upah minimum sekitar 3jutaan, sedangkan untuk kota besar seperti Karawang dan Bekasi memiliki UMK yang sedikit lebih tinggi yaitu 3,3 jutaan. Maka dari itu mencari informasi terkait kawasan yang ingin anda jajaki merupakan langkah yang tepat.

3. Baya Hidup Terjangkau

Bersamaan dengan upah minimum daerah yang berbeda, biaya hidup pun cukup juga berbeda-beda. Akan tetapi dengan biaya hidup di daerah tersebut sudah di sesuaikan dengan pendapatan rata-rata daerah tersebut. Biasanya di kawasan industri tersedia berbagai macam fasilitas tempat tinggal dan tempat makan yang beragam, di situ Anda dapat memilih fasilitas yang ingin anda pakai dengan menyesuaikan budget. Pada beberapa perusahaan tertentu yang yang menyediakan tempat tinggal khusus (mess) bagi para pegawai mereka.

Baca juga: 4 Syarat Investasi Asing di Indonesia

Itu adalah beberapa alasan kenapa kawasan Industri dapat anda coba sebagai ladang mata pencaharian. Tentu banyak hal yang perlu dipertimbangkan seperti lingkungan, keamanan, dan prospek jangka panjang. Apabila Anda tinggal di daerah perumahan Cibubur mungkin bisa menjadi salah satu alternatif tempat tinggal mengingat lokasi Cibubur yang cukup strategis 


Share this Article
< Previous Article
Next Article >

0 komentar :

© 2020 Hailogue ID - All Rights Reserved